Penyebab dan Cara Mengatasi Transmisi Matic Menghentak

Penyebab dan Cara Mengatasi Transmisi Matic Menghentak

Transmisi matic menghentak menjadi salah satu masalah yang sampai dengan saat ini masih sering terjadi. Beberapa mobil matic, seperti Toyota Agya, Honda Brio, hingga Hyundai Santa Fe, seringkali mengalami permasalahan transmisi matic menghentak. Masalah transmisi yang menghentak ini diakibatkan karena beberapa hal.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan dibahas sampai dengan tuntas perihal penyebab dan cara mengatasi transmisi matic menghentak. Sedangkan untuk Anda yang penasaran dengan perihal transmisi mobil matic, bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Penyebab Transmisi Matic Menghentak

Penyebab Transmisi Matic Menghentak (2)

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa untuk permasalahan transmisi matic menghentak ini disebabkan oleh beberapa hal. Untuk beberapa penyebab yang harus Anda ketahui adalah:

  1. AT Solenoid Bermasalah

Penyebab pertama dari transmisi matic menghentak adalah AT solenoid sedang bermasalah. AT solenoid merupakan salah satu komponen mobil matic yang sangat amat penting untuk diperhatikan.

Sebab, untuk komponen yang satu ini menjadi salah satu penentu kendaraan atau mobil tersebut bisa berjalan sesuai dengan fungsinya. Cara kerja dari AT solenoid yaitu dengan mengaktifkan komponen clutch dan brake.

Kedua komponen tersebut mempunyai fungsi untuk mengatur aliran oli ke bagian mesin. Maka dari itu, sangat wajar sekali di saat AT Selenoid yang bermasalah memberikan pengaruh terhadap performa kendaraan.

  1. Oli Transmisi Kotor

Penyebab kedua transmisi matic menghentak adalah oli mengalami kotor. Hal ini pula yang kerap kali menyebabkan transmisi matic menghentak pada beberapa kasus  mobil Hyundai Santa Fe. Ketika oli transmisi sudah kotor dan di diamkan terlalu lama ini bisa membuat kendaraan tersebut menjadi semakin rusak.

Bahkan, untuk komponen transmisi pada mobil bisa saja mengalami rusak dan mogok. Seperti yang diketahui, untuk sistem kerja dari mobil dengan transmisi matic ini mempunyai cara kerja secara hidrolik.

Dimana di dalam sistem tersebut selalu mengandalkan oli supaya bisa mengatur perpindahan transmisi. Jadi, ketika oli transmisi sudah mengalami kotor akan lebih baiknya untuk dilakukan pergantian sesegera mungkin.

Baca Juga: Tanda-tanda Oli Transmisi Kotor

  1. Menyetel Kabel Accelerator Kickdown yang Salah

Menyetel kabel accelerator kickdown yang salah ini juga menjadi penyebab transmisi matic menghentak. Biasanya, untuk penyebab yang satu ini biasa terjadi pada tipe kendaraan atau mobil lama.

Untuk tipe atau jenis mobil yang sudah lama mempunyai komponen transmisi berdekatan dengan throttle valve. Bahkan, komponen tersebut juga bergabung atau menjadi satu tempat dengan accelerator pedal gas.

Jadi, sangat dipastikan untuk pemasangan kabel yang tidak pas ini menjadi salah satu penyebab transmisi matic menghentak.

  1. Komponen Brake & Clutch Aus

Penyebab lain dari transmisi matic menghentak adalah komponen brake & clutch sudah mengalami aus. Pada kedua komponen tersebut sudah mulai aus atau menipis, maka akan terjadi gesekan dan membuat para penggunanya merasa terganggu.

Apabila sudah mengalami permasalahan tersebut, bisa menjadi salah satu penyebab transmisi mobil matic menghentak. Untuk permasalahan ini akan menjadi satu masalah penting, ketika kendaraan tersebut sering dipergunakan dengan akselerasi tinggi atau cepat.

  1. Rasio Gigi Mundur Mengalami Permasalahan

Sangat berbeda dengan jenis transmisi triptonic, pada transmisi matic atau otomatis ini mempunyai posisi untuk gigi mundur. Fungsi dari gigi mundur ini supaya kendaraan bisa berjalan dengan lancar.

Tidak hanya itu saja, untuk komponen yang satu ini juga mempunyai peran penting di dalam transmisi matic. Dengan adanya gigi mundur ini bisa membuat rasio pada mobil menjadi tepat. Pada saat kendaraan atau mobil dengan posisi gigi mundur yang tidak tepat, secara otomatis langsung menghentak.

  1. Komponen Electric Bermasalah

Penyebab transmisi matic menghentak adalah adanya komponen electric yang bermasalah. Pada jenis atau tipe mobil yang lama, untuk transmisi mobil matic menghentak ini terjadi apabila terjadi kerusakan pada komponen accelerator kickdown.

Berbeda dengan tipe atau jenis mobil yang baru. Dengan adanya komponen Transmission Control Module (TCM) menjadi serangan utama, kenapa transmisi mobil tersebut mengalami hentakan.

Di dalam komponen yang satu ini mempunyai banyak bagian dengan sistem komputerisasi. Apabila sudah ada yang rusak, maka secara otomatis membuat kendaraan tersebut mengalami hentakan.

  1. Oli Transmisi Bocor

Oli transmisi bocor menjadi penyebab kenapa transmisi matic mengalami hentakan. Untuk penyebab yang satu ini harus benar-benar diperhatikan dan butuh penanganan secara serius.

Untuk kebocoran pada komponen oli ini bisa saja disebabkan, karena seal sudah mulai rusak atau aus. Maka dari itu, dengan hal tersebut membuat transmisi menjadi sering menghentak.

Paling tidak, untuk Anda yang mempunyai kendaraan mobil sering-sering melakukan perawatan. Jangan pernah mengabaikan beberapa penyebab yang sudah disebutkan diatas, karena bisa memberikan dampak buruk di kemudian hari.

Baca Juga: Hati-hati! Ini Penyebab Oli Transmisi Mobil Bocor Besar

Cara Mengatasi Transmisi Matic Menghentak

Cara Mengatasi Transmisi Matic Menghentak

Setelah paham apa saja penyebabnya, makan untuk sekarang Anda harus paham juga dengan cara mengatasinya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu:

  1. Apabila mobil sudah mengalami transmisi yang menghentak akibat oli transmisi sudah mulai kotor. Maka, untuk sesegera mungkin melakukan pergantian dengan yang baru. Paling tidak untuk oli transmisi yang dipilih harus mempunyai kualitas terbaik. Paling pentingnya lagi adalah lakukan penggantian oli secara rutin atau berkala.
  2. Ketika permasalahan transmisi yang menghentak karena gigi mundur, maka sesegera mungkin untuk melakukan pengaturan ulang gigi rasio. Paling tidak, untuk ukuran ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau kenyamanan pengemudi.
  3. Untuk transmisi mobil yang menghentak akibat clutch mengalami aus atau habis. Sesegera mungkin, untuk Anda bisa langsung saja melakukan pergantian dengan yang baru. Jangan mendiamkan kondisi tersebut terlalu lama, karena bisa membuat beberapa komponen lainnya ikutan rusak.
  4. Berbeda lagi, ketika hentakan pada mobil ini disebabkan oleh TCM. Tidak perlu berpikir panjang lagi dan sesegera mungkin, untuk Anda harus melakukan ganti komponen dengan yang baru.
  5. Lakukan penyetelan ulang pada kabel accelerator kickdown. Pada saat proses penyetelan ulang ini, Anda harus menyesuaikan lagi dengan jenis atau tipe kendaraan. Jangan sampai Anda salah melakukan penyetelan, karena bisa membuat permasalahan di komponen mobil lainnya.
  6. Melakukan pergantian pada AT Solenoid dengan yang baru. Untuk pergantian AT Solenoid ini akan lebih baiknya untuk Anda memilih yang original atau tidak KW.
  7. Cara mengatasi transmisi matic menghentak yang paling akhir adalah melakukan pergantian gear pack atau sering disebut dengan packing set. Untuk cara yang satu ini bisa saja dilakukan, ketika ada komponen mobil mulai terjadi kebocoran.

Ketika mobil atau kendaraan sudah mengalami transmisi matic menghentak sesegera mungkin untuk mengambil tindakan. Selain itu, ketika mengharuskan untuk pergantian spare part bisa mencari bengkel yang benar-benar resmi.

Hindari melakukan pergantian sparepart dengan kondisi kw, karena tidak bisa memberikan ketahanan yang lama. Pilih juga bengkel yang sudah mempunyai banyak pengalaman.

Sehingga, dengan banyaknya pengalaman ini bisa memberikan rasa aman disaat melakukan perbaikan. Perlu diingat lagi, untuk masalah transmisi matic menghentak ini bukan menjadi satu hal yang biasa saja dan segera mungkin mengambil tindakan.

Untuk pilihan bengkel spesialis transmisi terpercaya, Anda bisa percayakan layanan DOMO Transmisi. Layanan terbaru dari Dokter Mobil ini menggunakan peralatan berteknologi tinggi dan ditangani langsung teknisi yang ahli. Selain itu, telah teruji riset dan pengembangannya, sehingga kualitas layanan DOMO Transmisi memang sangat terjamin.

Reservasi layanan DOMO Transmisi sekarang melalui WhatsApp pada nomor 088212440591 atau klik disini. untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan DOMO Transmisi. Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari lokasi kediaman Anda untuk mencoba langsung layanan dari DOMO Transmisi.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi transmisi matic menghentak. Semoga dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu Anda yang mempunyai permasalahan dengan transmisi mobil matic menghentak.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.