Tanda Water Pump Mobil Matic Rusak, Penting Ketahui Gejalanya!

Tanda Water Pump Mobil Matic Rusak

Water Pump atau pompa air berfungsi untuk memompa air dari radiator ke seluruh bagian mesin yang terujuan untuk mendinginkannya.

Jika pompa air mobil matic mengalami kerusakan maka mobil anda akan mengalami overheat dan tentunya menyebabkan kerusakan, apa saja Tanda Water Pump Mobil Matic Rusak?

Mengapa pompa air ini penting? Pasalnya, mesin yang terlalu panas dapat menimbulkan banyak masalah, mulai dari berkurangnya efisiensi mesin  hingga kerusakan permanen.

Oleh karena itu, pompa air ini menjadi salah satu komponen terpenting dalam sistem pendingin mesin.

Tanda Water Pump Mobil Matic Rusak

Penting untuk diperhatikan, Tanda Water Pump Mobil Matic Rusak, apa saja yang dialami?

  1. Suara Berisik dari Mesin

Suara bising yang berasal dari mesin seringkali menjadi tanda awal adanya masalah pada pompa air.

Kebisingan ini dapat bervariasi dari dengungan hingga suara gerinda.

Hal ini biasanya disebabkan oleh bearing pompa air yang  aus atau rusak.

Bearing yang rusak dapat menyebabkan pompa air tidak berfungsi maksimal sehingga berdampak pada  sistem pendingin mesin.

Jika dibiarkan,  kerusakan mesin yang lebih serius bisa terjadi.

Baca Juga: 5 Penyebab Transmisi Bunyi Krek & Cara Mengatasinya

  1. Kebocoran Air

Kebocoran air adalah tanda umum lain dari pompa air yang rusak.

Anda mungkin  melihat genangan air atau cairan pendingin di bawah mobil, terutama di sekitar pompa air.

Penyebabnya biasanya adalah segel yang  aus atau kerusakan pada rumah pompa air.

Kebocoran ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kurangnya cairan pendingin mesin.

Tanpa cairan pendingin yang cukup, mesin  mudah panas dan  bisa berakibat fatal seperti panas berlebih atau bahkan kerusakan mesin permanen.

  1. Overheat pada Mobil Matic

Salah satu tanda yang paling jelas adalah suhu mesin yang meningkat secara drastis. Anda bisa melihat ini dari indikator suhu di dashboard.

Temperatur mesin yang tinggi merupakan tanda bahaya dan dapat menyebabkan panas berlebih.

Overheat sendiri dapat merusak bagian mesin lainnya dan memperpendek umur mesin. Jadi jangan pernah melewatkan tanda ini.

Baca Juga: 5 Ciri Ciri Transmisi Matic Overheat yang Sering disepelekan

Dampak Water Pump Mobil Matic Rusak Bagi Transmisi

Jika anda mengalami kerusakan pada water pump, inilah kerusakan bagi transmisi.

  • Overheating pada mesin, menyebabkan mesin kendaraan mengalami overheat atau panas berlebih. Mesin yang panas  tidak hanya berdampak pada mesin itu sendiri, tapi juga bisa berdampak pada bagian lain, termasuk transmisi. Mesin yang terlalu panas dapat menyebabkan cairan transmisi mengental atau bahkan terbakar, yang pada akhirnya  mempengaruhi kinerja transmisi.
  • Gangguan pada Sistem Elektronik, Water pump yang rusak dan menyebabkan overheating juga bisa mempengaruhi sistem elektronik pada mobil, termasuk sensor-sensor pada transmisi. Ini karena banyak sensor transmisi yang bekerja dalam rentang suhu tertentu. Sensor yang terkena dampak suhu mesin yang tinggi bisa memberikan pembacaan yang salah atau bahkan rusak.
  • Efisiensi Bahan Bakar, transmisi yang tidak berfungsi akibat kerusakan pompa air yang rusak dapat mengurangi efisiensi bahan bakar. Pasalnya, transmisi yang kurang optimal membutuhkan tenaga lebih besar untuk menggerakkan mobil.

Jika anda mengalami kerusakan pada mobil matic, kami sarankan kepada anda untuk datang ke bengkel spesialis matic yaitu Domo Transmisi.

Datanglah ke bengkel kami yang berada di Jalan Pegangsaan Dua No.88D, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kecamatan Kelapa. Gading.

Domo Transmisi memiliki teknisi yang berpengalaman tentunya kami akan mengambil langkah perbaikan dengan tepat sesuai dengan prosedur bengkel kami.

Reservasi kedatangan anda melalui WA di nomor 0882:1244:0591 agar tidak terkena antre.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
Scroll to Top