Pentingnya Test Drive Saat Beli Mobil Matic Bekas

Test Drive Saat Beli Mobil Matic Bekas

Jika anda dalam waktu dekat ingin membeli mobil matic bekas, Apa yang harus saya lakukan jika ingin melakukan pengecekan?

Salah satu solusinya adalah dengan melakukan test drive mobil saat membeli mobil matic bekas untuk mengetahui kondisi mobil.

Mengapa ini penting? Sehingga Anda tahu apakah mobil yang Anda beli dalam kondisi baik atau tidak.

Alasan Penting Test Drive Saat Beli Mobil Matic Bekas

Inilah kenapa penting melakukan Test Drive Saat Beli Mobil Matic Bekas.

1. Lebih Paham Dengan Mobil yang akan Dibeli

Kenyamanan merupakan salah satu faktor terpenting dalam memilih mobil. Saat melakukan test drive, Anda akan langsung merasakan sensasi duduk di kursi mobil.

Selain itu sebaiknya anda juga mengecek fitur keamanannya, jangan abaikan fitur ini.

Saat test drive, Anda bisa mengecek keamanan kendaraan ini. Cobalah melakukan pengereman mendadak untuk merasakan betapa responsifnya sistem pengereman.

Baca Juga: Jangan Beli Mobil Bekas Sebelum Cek Ini!

2. Cek Kondisi Mesin

Jika Anda melakukan test drive saat membeli mobil matic bekas pasti akan mengetahui suara mesin saat digunakan.

Mesin yang sehat akan mengeluarkan suara yang halus dan tidak akan mengeluarkan suara-suara aneh seperti mendengung atau mengetuk.

Jika Anda mendengar suara serupa saat test drive, sebaiknya berpikir dua kali sebelum membeli.

Selain itu, performa mesin juga dapat diketahui dengan menekan pedal akselerator dan merasakan respon kecepatan kendaraan.

Apabila mobil bereaksi cepat dan tidak menyentak, tandanya mesin masih dalam kondisi baik.

3. Ketahui Masalah saat mobil digunakan

Saat berbelok atau mengubah arah, kendaraan harus bereaksi cepat.

Jika Anda merasa harus memutar setir lebih dari yang diperlukan, ini bisa jadi pertanda adanya masalah pada kemudi atau suspensi.

Selain itu, Anda juga mengetahui kestabilan mobil yang merupakan salah satu indikator kondisi pengoperasian sistem kemudi.

Jika kendaraan terasa goyah atau tidak stabil saat berbelok, itu pertanda jelas ada yang tidak beres.

4. Mengetahui Performa Transmisi

Jika Anda melakukan test drive saat membeli mobil matic bekas, Anda akan mendapat gambaran seberapa baik cara kerja transmisi mobil tersebut.

Transmisi yang baik akan membuat Anda dapat berpindah gigi dengan lancar dan cepat. Jika Anda merasakan sentakan atau sentakan saat perpindahan gigi, bisa jadi ini pertanda ada masalah pada transmisi.

Selain itu, Anda juga dapat melihat bahwa responsivitas gearbox juga penting. Saat Anda mengubah mode dari D (Drive) ke R (Reverse) atau sebaliknya, transmisi merespons dengan cepat.

Setelah Anda mengetahui alasan penting melakukan test drive saat membeli mobil matic bekas, kami juga akan memberikan Anda tips tambahan saat membeli mobil matic bekas.Hal yang harus diperhatikan Saat Beli Mobil Matic Bekas

  • Riwayat Service, Salah satu hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah riwayat perawatan kendaraan. Pastikan Anda mendapatkan semua dokumen yang berkaitan dengan perawatan dan pemeliharaan kendaraan. Ini termasuk faktur, catatan mekanis, dll. Dokumen ini akan memberi tahu Anda seberapa baik kendaraan tersebut dirawat.

 

  • Kondisi Interior, Periksa kondisi jok dan interior lainnya. Apakah ada robekan, noda, atau tanda-tanda keausan lainnya? Hal ini bisa menjadi indikasi seberapa baik mobil tersebut dirawat. Periksa juga kondisi karpet, plafon, dan panel pintu. Pastikan semua tombol, sakelar, dan panel kontrol berfungsi dengan baik. Ini termasuk sistem hiburan, AC, dan kontrol lainnya. Jika ada yang tidak berfungsi, bisa jadi itu pertanda masalah listrik atau masalah lainnya.

 

  • Cek Kondisi Luar Mobil, periksa kondisi cat dan finishing kendaraan. Apakah ada goresan, penyok atau tanda-tanda kerusakan lainnya? Hal ini tidak hanya berdampak pada estetika, namun juga bisa menjadi tanda perbaikan yang mungkin dilakukan pasca kecelakaan. Periksa juga kondisi seluruh kaca spion dan kaca spion. Retak atau goresan mungkin menimbulkan masalah dan memerlukan penggantian. Selain itu, pastikan kaca spion berfungsi dengan baik.

Saat ini kalian sudah mengetahui alasan penting melakukan Test Drive Saat Beli Mobil Matic Bekas dan apa saja yang harus dicek ketika membeli kendaraan bekas.

Apakah anda mengalami permasalahan pada mobil matic bekas anda? atau ingin melakukan pengecekan lebih dalam?

Kami sarankan kepada anda untuk datang ke Bengkel kami yang berada di Jalan Pegangsaan Dua No.88D, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kecamatan Kelapa. Gading.

Teknisi kami sangat berpengalaman dan memiliki rekam jejak sangat baik, anda tidak perlu ragu untuk datang ke bengkel kami.

Sebelum datang, kami sarankan untuk melakukan reservasi melalui Wa di nomor 0882-1244-0591 agar tidak terkena antre.

Domo Transmisi menghadirkan promo cleaning body valve dan selenoid, buat mobil matic anda yang performa sudah loyo atau kurang bertenaga, bisa dilakukan perawatan tersebut.

Kami hanya menerima sehari 2 mobil untuk cleaning body valve dan selenoid, jadi tunggu apalagi reservasi sekarang juga.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.