3 Cara Cek Kelistrikan Mobil Bekas, Panduan untuk anda

Cara Cek Kelistrikan Mobil Bekas

Kelistrikan di mobil Matic tidak hanya berfungsi untuk menyalakan lampu, tetapi sistem ini juga berperan penting untuk menjalankan komponen yang terdapat pada mobil, ini Cara Cek Kelistrikan Mobil Bekas.

Mulai dari ECU, komponen transmisi, rem, AC Mobil dan masih banyak lagi. Bagaimana cara cek kelistrikan agar tidak mengalami kerugian? Penting untuk  memeriksa sistem kelistrikan sebelum memutuskan membeli kendaraan tersebut.

Cara Cek Kelistrikan Mobil Bekas

Wajib diperhatikan, inilah cara cek kelistrikan mobil matic bekas.

Periksa Aki

Langkah pertama dalam memeriksa kelistrikan mobil matic aki adalah dengan memastikan kondisi aki tetap optimal. Gunakan multimeter untuk mengukur tegangan baterai.

Tegangan yang ideal untuk aki mobil yang sehat biasanya berkisar antara 12,4 hingga 12,7 volt. Jika tegangan di bawah ini, aki mungkin perlu diisi ulang atau diganti.

Periksa juga tanda-tandakarat atau retakan pada wadah baterai. Korosi dapat menghambat aliran listrik, sedangkan retakan pada casing dapat mengindikasikan kebocoran asam baterai, hal ini termasuk Cara Cek Kelistrikan Mobil Bekas.

Periksa Kabel dan Konektor

Kabel dan konektor adalah jantung dari sistem kelistrikan mobil. Anda bisa melihat secara visual untuk memeriksa apakah ada kabel yang terkelupas, terpotong, atau memiliki tanda-tanda kerusakan lainnya.

Kabel yang terkelupas dapat menyebabkan korsleting. Konektor yang rusak atau kendor dapat menyebabkan masalah serius pada sistem kelistrikan.

Pastikan semua konektor terpasang dengan benar dan tidak ada yang longgar atau rusak.

Periksa Komponen Elektrik Mobil

Di point terakhir, Cara Cek Kelistrikan Mobil Bekas yaitu Anda dapat memeriksa lampu depan, lampu belakang, dan lampu sinyal. Nyalakan dan matikan masing-masing untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

Jika ada yang tidak menyala, kemungkinan besar bohlam perlu diganti atau ada masalah pada kabel. Selain itu anda bisa menyalakan klakson dan radio.

Klakson yang lemah atau tidak berfungsi mungkin menandakan adanya masalah pada bagian kelistrikan atau klakson itu sendiri. Untuk radio, pastikan suaranya jernih dan bebas gangguan.

Selain itu Kami juga menginformasikan cara cek kelistrikan mobil matic bagian transmisinya, apa saja yang harus diperhatikan.

Komponen KelistrikanTransmisi Mobil Matic Bekas yang harus di Cek

Wajib untuk diamati, inilah komponen kelistrikan bagian transmisi yang harus dicek.

  • Periksa sensor transmisi, bagian kelistrikan ini sangat penting pada mobil matic. Sensor ini mengirimkan data ke ECU (Engine Control Unit) untuk mengontrol pergantian gigi, penghematan bahan bakar, dan lainnya. Jika terjadi masalah pada sensor ini, Anda mungkin akan mengalami kendala perpindahan gigi atau bahkan penurunan performa mesin.

Baca Juga: Sensor Transmisi Rusak?

  • Periksa sistem pengapian, Sistem pengapian adalah bagian kelistrikan yang mengontrol percikan api pada mesin. Ini sangat penting untuk pembakaran bahan bakar. Jika sistem ini gagal, mesin Anda mungkin tidak dapat hidup atau bahkan  mati saat dijalankan.

Bahaya Tidak Cek Kelistrikan Mobil Matic Bekas

Jika anda tidak melakukan pengecekan kelistrikan pada mobil matic bekas, inilah bahaya yang akan dialami oleh anda.

  • Risiko Mogok di Tengah Jalan, Salah satu bahaya yang paling nyata adalah mobil Anda mogok di jalan. Hal ini tidak hanya tidak nyaman tetapi juga bisa berbahaya. Bayangkan jika ini terjadi di tengah malam atau di tempat sepi. Risiko kecelakaan atau hal-hal yang tidak diinginkan dapat terjadi.
  • Mengganggu sistem keamanan mobil, Sistem kelistrikan yang rusak dapat mempengaruhi fungsi keselamatan kendaraan, seperti penguncian sentral atau alarm. Jangan sampai mobil Anda menjadi sasaran empuk pencuri karena masalah kelistrikan.
  • Komponen elektronik rusak, Komponen ini sangatlah sensitif. Jika terjadi masalah pada sistem kelistrikan, komponen tersebut dapat rusak dan memerlukan biaya perbaikan atau penggantian yang cukup besar. Termasuk sensor aktif untuk memantau kondisi mesin, transmisi, dan rem.

Kami akan memberikan solusi terbaik untuk anda, yaitu bawalah mobil matic anda ke bengkel spesialis matic yaitu Domo Transmisi.

Teknisi kami yang berpengalaman akan memperbaiki kendaraan anda dengan tepat, silahkan datang ke bengkel kami yang berada di Jalan Pegangsaan Dua No.88D, Pegangsaan Dua, Kecamatan Kelapa Gading.

Tidak perlu khawatir jika terkena antre, anda bisa melakukan reservasi atau konsultasi pada nomor 0882-1244-0591.

Domo Transmisi adalah solusi untuk mobil matic anda, kami sedang mengadakan promo pengecekan hanya 99rb jadi tunggu apalagi datanglah ke Domo Transmisi.

Teknisi Domo Transmisi telah dilengkapi dengan alat-alat canggih, jadi perbaikan pada mobil matic anda akan dilakukan dengan tepat.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.