5 Penyebab Sekring Mobil Meleleh, Wajib Paham

Penyebab Sekring Mobil Meleleh

Sekring Mobil Meleleh merupakan masalah yang pernah dihadapi oleh pengguna mobil, apa yang jadi penyebab masalah ini?

Pada kesempatan kali ini, kami akan menginformasikan apa yang jadi penyebab sektring mobil meleh dan solusi yang tepat untuk menghadapi masalah ini.

 

Penyebab Sekring Mobil Meleleh

 

Sekring Mobil Meleleh

 

Beban Listrik yang Berlebih

Salah satu penyebab sekring mobil meleleh adalah beban listrik yang berlebih, saat komponen mobil seperti lampu yang mengalami kenaikan daya secara tia-tiba, hal ini dapat disebabkan oleh pemasangan dan peralatan tambahan yang tidak sesuai.

Jika anda memasang perangkat tambahan pada mobil, harus perhatikan apakah sudah sesuai dengan daya yang telah ditentukan.

Kualitas Sekring yang buruk

Jika anda menggunakan sekring yang berkualitas buruk dan rendah, hal ini dapat membuat panas berlebih dan akhirnya meleleh.

Oleh karena itu, gunakan sekring yang sesuai dengan spesifikasi mobil anda, yang terpenting jangan tergiur dengan harga murah tanpa memperhatikan kualitas.

Karat pada Kelistrikan Mobil

Faktor yang lain yang jadi penyebab sekring mobil meleleh adalah terdapat karat atau kotoran pada jalur listrik mobil anda, sehingga sekring bisa menjadi panas dan akhirnya meleleh.

Ingatlah untuk membersihkan dan memeriksa listrik pada mobil disekitar sekring, pastikan tidak ada debu atau karat yang mengganggu aliran listrik.

Kelistrikan pada mobil rusak

Jika sekring mobil terus meleleh walaupun sudah memeriksa 3 point diatas, bisa jadi ada masalah pada kelistrikan mobil.

Komponen seperti alternator pada mobil yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan kerusakan pada arus listrik.

Baca Disini: Gangguan Kelistrikan Mobil Matic Transmisi, Wajib Paham

Pengisian Aki yang berlebih

Salah satu penyebab dari Sekring Mobil Meleleh yaitu overcharging pada aki, jika sistem pengisian seperti aki, alternator mengalami gangguan maka bisa terjadi overcharring.

Overcharging ini dapat menyebabkan peningkatan suhu di sekitar sekring, yang pada akhirnya dapat membuatnya meleleh.

Cara Mengatasi Sekring Mobil Meleleh

Untuk mengatasi permasalahan ini, kami akan menginformasikan cara mengatasi sekring mobil meleleh dan apa saja yang harus dilakukan.

  • Ganti sekring yang meleleh, Langkah pertama yang perlu dilakukan ketika sekring mobil meleleh adalah melakukan pemeriksaan menyeluruh pada sekring yang terkena dampak. Lepaskan sekring yang meleleh dan periksa apakah ada tanda-tanda kerusakan.
  • Ketahui Sumber masalah, Setelah mengganti sekring yang rusak, identifikasi sumber masalah yang menyebabkan sekring meleleh. Periksa kabel-kabel listrik, konektor, dan komponen-komponen lainnya yang terhubung dengan sirkuit yang terkena dampak.

Apabila anda mengalami masalah pada mobil matic, mulai dari penurunan performa atau perpindahan gigi yang tidak  tepat, penting untuk tidak mengabaikannya, anda bisa datang ke bengkel mobil matic terdekat Domo Transmisi.

Dengan datang ke bengkel kami, permasalahan yang ada padam obil anda bisa diatasi dengan tepat dan akurat bersama kami, sebelum datang ke Domo Transmisi anda bisa melakukan reservasi melalui nomor 0882_1244_0591 atau link disini, dengan datang ke bengkel kami, anda bisa melakukan perbaikan bersama teknisi yang berpengalaman.

Apalagi mobil anda digunakan sehari-hari, pastinya membutuhkan perawatan ekstra, jadi anda bisa datang ke bengkel kami untuk melakukan perbaikan, reservasi melalui WA agar anda tidak terkena antre.

Domo Transmisi menghadirkan paket perawatan untuk mobil matic anda, mulai dari tune up hingga matic jet clean, silahkan datang ke bengkel kami untuk mencobanya, teknisi kami yang pengalaman akan melakukan perbaikan yang tepat untuk mobil matic anda, Jika perbaikan berat diperlukan Domo Transmisi memberikan garansi 6 bulan atau setara dengan 20.000km.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.