Apa Itu Jack Stand dan Fungsinya

Apa Itu Jack Stand dan Fungsinya

Mungkin anda bertanya-tanya sebagai pengguna mobil, Apa Itu Jack Stand dan fungsinya?

Kali ini kita akan membahas lebih lanjut, kenapa alat ini sangat penting pada mobil anda.

Apa Itu Jack Stand

Sebelum kita bahas fungsinya, Jack Stand merupakan alat yang penyangga yang digunakan untuk menahan mobil pada posisi terangkat.

Alat ini terbuat dari logam yang kuat dan dirancang untuk menahan berat mobil , bentuknya unik dengan kaki-kaki yang kokoh dan membuat jakc stand menjadi alat yang penting untuk perbaikan mobil.

Jack Stand akan memungkinkan mobil terangkat dengan aman, sehingga tentu saja akan memudahkan jika anda ingin mengakses pada bagian bawa mobil.

Tentu saja ini akan mempermudah anda jika ingin melakukan perbaikan atau perawatan pada bawah mobil, mulai dari ganti oli, perbaikan pada shockbreaker.

Jika tidak menggunakan jack stand, proses ini sangat berbahaya dan sulit untuk dilakukan dengan aman.

Fungsi Utama Jack Stand

Fungsi utama dari jack stand adalah untuk keamanan. Ya, keamanan adalah prioritas utama dalam setiap pekerjaan, terutama yang berkaitan dengan kendaraan berat seperti mobil.

Jack Stand berfungsi untuk menopang setelah obil diangkat menggunakan dongkrang, jack stand akan ditempatkan di bawah mobil untuk memastikan bahwa mobil tetap stabil dan aman.

Kapan Waktu yang Tepat Menggunakan Jack Stand?

  • Perawatan Rutin pada Mobil, Saat Anda melakukan perawatan rutin seperti mengganti oli atau filter oli, memeriksa atau mengganti komponen sistem suspensi, atau bekerja pada sistem knalpot.
  • Penggantian Ban, Meskipun mengganti ban dapat dilakukan dengan menggunakan dongkrak saja, menggunakan jack stand akan memberikan keamanan tambahan.

Baca Juga: Ingin Mobil Matic Awet? Ini 20 Cara Merawat Mobil Matic

Cara Penggunaan Jack Stand yang Benar

Mungkin menggunakan Jack Stand memang terlihat mudah, mari kita perhatikan cara yang benar dan aman ketika menggunakannya.

  • Pastikan menggunakan jack stand yang sesuai dengan mobil anda, setiap jack stand memiliki kapastias maksimum untuk ditopang, selanjutnya gunakan dongkrak utuk mengangkat mobil hingga setinggi yang diinginkan. Letakka jack stand di bawah titik-titik penyangga yang telah ditentukan oleh pabrikan mobil.
  • Tempatkan dengan benar, Setelah jack stand ditempatkan dengan benar, perlahan turunkan mobil dengan dongkrak hingga mobil sepenuhnya bertumpu pada jack stand. Pastikan bahwa jack stand stabil dan mobil tidak bergoyang. Jangan pernah berada di bawah mobil jika mobil hanya ditopang dengan dongkrak saja.

Tetapi jika anda ingin melakukan penggantian oli tapi ragu untuk melakukannya sendiri atau ingin melakukan perbaikan pada komponen dibawah kendaraan anda seperti bagian transmisinya, tidak perlu ragu untuk datang ke bengkel spesialis mobil matic.

Karena Domo Transmisi menggunakan Lifter untuk mempermudah proses pembokaran, Teknisi Domo Transmisi yang berpengalaman akan melakukan pengecekan dan perbaikan pada mobil anda.

Tentu saja jika perbaikan overaul diperlukan, Domo Transmisi siap memberikan garansi 6 bulan atau setara 20.000km, jadi anda tidak perlu ragu untuk datang ke bengkel kami.

Untuk permasalahan mobil matic anda, silahkan hubungi kami melalui WA agar anda tidak terkena antre melalui link berikut.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.