Ingin Mobil Matic Awet? Ini 20 Cara Merawat Mobil Matic

20 Cara Merawat Mobil Matic

Hal yang terpenting dalam melakukan serangkaian perawatan mobil adalah menjamin mobil dapat lebih awet. Terlebih pada mobil matic, seringkali memang sedikit kebingungan dalam melakukan perawatan yang paling tepat untuk menjamin mobil dapat lebih awet. Ini dikarenakan mobil matic banyak digunakan, tapi tidak semua orang paham bagaimana cara merawat mobil matic dengan benar.

Dalam penggunaannya, memang mobil matic menawarkan kepraktisan yang tidak bisa ditandingi dengan mobil transmisi manual. Seorang pengemuci mobil matic tidak hanya bisa mengoperasikan mobil, tetapi juga harus mengerti cara perawatan mobil yang benar. Sehingga mobil tidak akan mengalami masalah fatal dikemudian harinya. Berikut beberapa cara merawat mobil matic yang harus dimiliki dan dilakukan oleh para pemilik mobil matic untuk merawat mobilnya menjadi lebih awet.

Mudah Dikendarai, Buat Mobil Matic Begitu Digemari

Mudah Dikendarai, Buat Mobil Matic Begitu Digemari. Tapi Cara Merawat Mobil Matic Sedikit Tricky

Mobil matic memang banyak dipakai karena menyajikan kemudahan tanpa adanya kopling sebagaimana pada mobil manual. Tentunya dengan kepraktisan ini mobil matic akan lebih mudah dan nyaman digunakan terlebih pada pemakaian sehari-harinya. Ibaratnya tinggal memasukkan gigi pada posisi D (drive) lalu menginjak pedal gas. Alhasil aktivitas berkendara menjadi lebih nyaman dan praktis.

Kemudahan ini yang membuat mobil matic mendapatkan banyak peminat dalam beberapa tahun terakhir ini. Beberapa mobil keluaran terbaru pun turut menyematkan jenis transmisi ini, contohnya seperti Toyota Raize hingga Hyundai Stargazer.

Kepopuleran mobil matic memang tidak akan lepas dari karakter konsumen yang semakin modern dengan menginginkan semua hal yang mudah dan praktis. Pada saat ini memang keberadaaan mobil matic sangat mudah diterima dan terbukti memang bisa diandalkan. Berbeda dengan pada awal-awal keberadaan mobil yang justru hanya ada mobil manual dengan kapasitas mesin terbatas dan hanya bisa melakukan perjalanan terbatas juga.

Tips Cara Merawat Mobil Matic

Tips Cara Merawat Mobil Matic

Seperti halnya mobil manual, pada mobil matic juga memperlukan perawatan yang rutin untuk membuat kinerja mesinnya berkerja dengan baik. Untuk itu perlu perawatan yang tidak hanya baik namun juga rutin dilakukan. Pengemudi mobil memang perlu menggunakan beberapa cara merawat mobil matic di bawah ini dengan baik.

Panaskan Mobil Setiap Hari

Sebelum menggunakan mobil, penting untuk melakukan pemanasan mobil setiap hari. Pemanasan ini memang menjadi aktivitas perawatan yang harus dilakukan pada mobil baik manual maupun matic. Meski terkesan sepele dan banyak diremehkan para pemilik mobil, namun inilah cara merawat mobil matic yang paling mudah. Mobil matic terkadang jauh lebih susah untuk hal pemanasan mesin ini.

Pemanasan mesin mobil matic setiap hari akan memiliki mesin yang prima dan jarang mengalami gangguan mesin. Dengan pemanasan mobil secara rutin juga membuat oli akan bergerak metara ke semua komponen mesin. Untuk itu perlu melakukan pemanasan mesin ini sesaat sebelum mobil digunakan. Pastikan juga ketika melakukan pemanasan transisi berada pada posisi netral dan biarkan mobil menyala tanpa adanya AC.

Ganti Oli Secara Berkala

Pada mobil dengan transisi matic, perawatan mesin akan sangat bergantung pada kesehatan oli mesin dan oli transmisi yang menjalankan mobil. Pemilik kendaraan perlu memperhatikan jadwal penggantian oli transmisi ini secara berkala. Memang penggantian oli banyak digunakan dengan patokan pada jarak tempuh mobil. Ini banya digunakan karena mudah diingat dan memang selalu terlihat di dashboard mobil.

Idealnya, untuk mobil matic harus melakuakan penggantian oli setiap jarah tempuh 25 ribu km atau dengan maksimal pada 50 ribu km. Cara merawat mobil matic ini dilakukan untuk melihat bahwa penggunaan mesin pada jarak tertentu membutuhkan penggantian oli. Pilih juga oli yang berkualitas baik., dan cek kondisi oli menggunakan alat dipstick. Jika posiis oli berada pada posisi notmal, maka kondisi oli ada pada keadaan baik. Namun jika posisi oli berada pada garis terendah, berarti memang terjadi kebocoran oli dan harus segera ditangani.

Pehatikan Kondisi Transmisi Mobil Matic

Hal selanjutnya yang diperhatikan sebagai cara merawat mobil matic adalah dengan selalu memastikan riwayat mobil secara keseluruhan dari awal hingga sekarang. Meskipun mungkin Anda tidak membelinya dari keadaan baru, tetapi dengan mengetahui kondisi mobil dari awal hingga akhir akan membantu Anda dalam merawat mobil dan memastikan kondisi mobil lebih dahulu. Sehingga jika memang terjadi suatu kerusakan, ada riwayat kerusakan sebelumnya yang mungkin dapat dikatakan ke bengkel.

Melakukan Uji Jalan

Mobil matic tidak hanya perlu untuk melakukan pemanasan sebelum digunakan, tetapi akan lebih baiknya juga mempergunakan mobil matic dalam aktivitas sehari-hari. Jika memang ridak memungkinkan dalam jarak jauh, Anda dapat menggunakan dalam jarak dekat saja. Dengan waktu yang lebih pendek, penting mesin mengalami mepanasan dan dapat berjalan. Pastikan juga untuk Anda mulai menggunakannya setiap beberapa bulan sekali untuk mobil yang jarang dipakai.

Melakukan uji jalan ini memang dilakukan cara merawat mobil matic untuk melakukan pendeteksian adanya perubahan atau tidak pada kondisi mesin mobil. Jika terjadi perbedaan dari cara melaju mobil maka Anda mungkin perlu untuk mengunjungi bengkel segera. Perubahan kondisi mesin memang cukup wajar sebagai penanda bahwa adannya perubahan dalam mesin.

Kontrol Kondisi Valve

Pada mobil bertrasnmisi matic, terdapat komponen valve yang bisa saja bocor karena cara pemindahan transmisi yang terlalu kencang atau terlalu cepat. Jika valve ini mengalami kebocpran maka akan merambat ke komponen transmisi lainnya. Sehingga akan menganggu ke kenyamanan berkendara Anda dan keluarga Anda nantinya. Kerusakan valve juga paling sering terjadi pada mesin mobil matic, untuk itu perlu perhatian yang khusus.

Terkadang ketusakan dapat disebabkan oleh hentakan gas mobil yang terlalu agresif dan menyebabkan kontrol yang tidak sesuai dan berujung pada kerusakan mesin mobil. Penting untuk cara merawat mobil matic.

Menghindari Menginjak Gas Secara Tiba-tiba

Mobil matic memang didesain untuk berkendara dengan santai. Cara mengemudinya pun tidak boleh terlalu agresif, karena memang untuk mobil transmisi ini tidak memiliki kopling yang akan menaikkan gigi secara manual, jadi gigi akan lebih cepat aus jika penggunaan mesin tidak benar. Ada baiknya cara merawat mobil matic memang untuk menginjak gas secara perlahan dari posisi berhenti sehingg mobil dapat melaju lebih mulus.

Tentu dengan mengijak gas perlahan juga akan memudahkan dalam bekendara karena gas yang terkontrol. Mobil dengan metode ini pasti cara merawat mobil matic yang paling banyak dipakai orang-orang.

Baca Juga: Pedal Gas Mobil Bergetar? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kuras Oli Transmisi dan Perhatikan Tiap Komponennya Terkena Banjir

Mungkin mobil memang didesain untuk membutuhkan perawatan saat terkena banjir. Namun untuk mobil matic jika terkena banjir dapat berbuntut pada kerusakan komponen yang lebih besar lagi. Sehingga cara merawat mobil matic adalah dengan memastikan saat mobil matic terkena banjir usahakan untuk langsung mengeringkan busi, karburator, v-belt, dinamo starter, dan saringan angin. Ini semua dilakukan untuk menghindari masuknya air ke dalam komponen ini.

Hal lain yang perlu diperhatikan untuk cara merawat mobil matic dengan menguras oli transmisi dan langsung menggantinya dengan yang baru. Untuk menghindari kerusakan lebih parah, segera bawa mobil yang terkena banjir agar komponen transmisi tak alami kerusakan ke bengkel spesialis transmisi mobil terpercaya, seperti DOMO Transmisi.

Layanan terbaru dari bengkel mobil terkenal, Dokter Mobil, ini diboyong langsung dari Malaysia dan melalui riset serta pengembangan yang panjang sehingga kualitasnya begitu terjamin. Selain itu penanganan DOMO Transmisi menggunakan peralatan berteknologi canggih serta teknisi yang sudah ahli, guna menjaga kualitas layanan serta meminimalisir adanya error.

Tertarik untuk coba benefit dari DOMO Transmisi? Lakukan reservasi layanan DOMO Transmisi sekarang melalui WhatsApp pada nomor 088212440591 atau klik disini. untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan ini. Anda juga bisa langsung kunjungi cabang Dokter Mobil terdekat untuk nikmati langsung layanan dari DOMO Transmisi dan konsultasi seputar permasalahan transmisi mobil matic

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.