7 Kesalahan Mengendarai Mobil Matic yang Wajib Anda Tahu

7 Kesalahan Mengendarai Mobil Matic yang Wajib Anda Tahu

Kesalahan mengendarai mobil matic sebenarnya suatu hal yang cukup rawan karena dapat membuat mobil matic menjadi rusak jika lama kelamaan kesalahan tersebut dilakukan. Namun ternyata banyak sekali dijumpai dalam kehidupan sehari-hari jika hal tersebut sering dilakukan oleh para pengendara. Maka dari itu anda perlu mengetahui apa saja bentuk kesalahan mengendarai mobil matic. Hal tersebut dilakukan agar dapat menghindari kesalahan-kesalahan yang mungkin akan dilakukan. Dengan begitu maka pengendara bisa lebih waspada untuk menghindari segala bentuk kesalahan mengendarai mobil matic.

Berikut dibawah ini merupakan bentuk-bentuk kesalahan mengendarai mobil matic yang harus anda ketahui. Hal tersebut dilakukan agar menjaga kondisi mobil tetap optimal sehingga mobil bisa memiliki performa yang baik dalam kurun waktu yang sangat lama. Simaklah informasi di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Pengertian Mobil Matic

Sebelum mengetahui apa saja yang menjadi kesalahan mengendarai mobil matic tertentu Anda harus mengetahui apa arti dari mobil matic itu sendiri. Mobil matic merupakan mobil yang memiliki transmisi otomatis Yang mana dengan transmisi otomatis tersebut maka dalam melakukan perpindahan gigi tidak perlu menginjak kopling dan tuas terlebih dahulu. Sehingga dalam menggunakan mobil matic ini tentu lebih simpel dan praktis dibandingkan dengan mobil yang menggunakan transmisi manual.

Tapi yang sebenarnya terjadi pada mobil matic ini yaitu mobil yang memiliki transmisi mobil dengan gabungan antara transmisi manual dan transmisi otomatis. Yang mana dengan prinsip kerja tersebut maka transmisi yang dikombinasikan bekerja sama. Kerjasama tersebut dilakukan dengan cara ketika melakukan perpindahan gigi dilakukan secara manual hanya saja otomatis tanpa bantuan pedal kopling sama sekali.

Mobil matic ini menawarkan kemudahan dan kepraktisan di dalam berkendara titik karena menggunakan transmisi otomatis maka di dalam mobil matic ini tidak ada pedal kopling. Sehingga dengan ketiadaan pedal kopling tersebut maka para pengendara dapat dengan mudah dan nyaman mengendarai mobil matic ini.

Itulah mengapa kini banyak gempuran mobil-mobil baru yang menggunakan transmisi matic mengingat masyarakat Indonesia yang memang menyukai kemudahan dalam penggunaan mobil matic, seperti Toyota Raize, Honda HR-V, Daihatsu Rocky, Hyundai Creta, hingga Hyundai Stargazer.

7 Kekeliruan yang Kerap Dilakukan saat Mengendarai Mobil Matic

Kesalahan Mengendarai Mobil Matic

Dengan kemudahan penggunaannya, seringkali para pengguna mobil salah kaprah dalam menggunakan mobil matic ini hingga mengalami kerusakan. Untuk mencegah terjadinya kerusakan, inilah kesalahan mengendarai mobil matic yang perlu Anda waspadai dan tak boleh dilakukan.

  1. Merevving Atau Menggeber Mesin Sebelum Pindah Gigi

Kesalahan mengendarai mobil matic yang pertama yaitu ketika anda menggeber mesin sebelum melakukan pindah gigi. Melakukan hal tersebut merupakan hal yang sangat tidak disarankan ketika mengendarai mobil matic. Karena jika hal ini dilakukan secara terus-menerus dapat memberikan efek yang sangat buruk untuk komponen mesin mobil yang Anda miliki.

Adapun efek buruk yang didapatkan Anda melakukan kesalahan dalam mengendarai mobil matic berupa mereving atau menggeber mesin sebelum melakukan perpindahan gigi maka dapat memunculkan tekanan yang cukup kuat sehingga dapat menimbulkan gesekan komponen mesin yang menjadi lebih kuat daripada biasanya. Yang mana gesekan tersebut tentu tidak baik untuk mesin dan mobil matic anda. Maka dari itu hindarilah melakukan geber mesin atau revisi mesin sebelum melakukan perpindahan gigi. Karena dengan melakukan hal tersebut secara terus-menerus maka dapat menyebabkan kerusakan yang cukup fatal bagi mobil matic itu sendiri.

  1. Gigi Netral Meskipun Berada di Jalanan Menurun

Berkendara memang harus menerapkan peraturan yang baik dan benar. Misalnya ketika berkendara di jalanan menurun, berarti gigi tidak boleh netral. Namun yang sering dijumpai di kalangan masyarakat yaitu kondisi mobil yang berada pada gigi netral meskipun keadaan mobil sedang melintasi jalan menurun.

Tentu meletakkan transmisi mobil dalam keadaan netral ini merupakan salah satu kesalahan mengendarai mobil matic yang wajib dihindari. Karena hal tersebut dapat mengurangi pasokan oli yang ada di dalam mobil matic itu sendiri. Yang mana dengan adanya pengurangan pasokan oli tersebut maka mobil tersebut tidak mendapatkan pelumasan yang baik pada bagian transmisi. Sehingga karena pelumasan yang kurang baik tersebut, dapat mengurangi kinerja dari mobil matic itu sendiri.

Hal yang paling parah jika hal ini sering terjadi dan terus dilakukan yaitu akan terjadi keausan pada transmisi mobil. Keausan ini nantinya akan bersifat signifikan.

Baca Juga: Penyebab Transmisi Mobil Matic Loncat ke Netral

  1. Melakukan Kick Down

Melakukan kick down merupakan kesalahan mengendarai mobil matic yang banyak dilakukan oleh sebagian besar pengguna mobil. Bahkan jika sering melakukan teknik ini yaitu teknik yang menekan pedal gas secara mendadak untuk dapat meraih akselerasi yang cepat dan spontan. Karena hal ini dapat membuat boros bahan bakar dan menyebabkan ban cepat Aus. Meskipun terkadang kick down ini merupakan teknik yang dibutuhkan dalam kondisi dan situasi tertentu. Namun menjadi hal yang tidak baik jika terus-menerus dilakukan.

  1. Menempatkan Kaki Kiri di Atas Pedal Rem Menjadi Kesalahan Mengendarai Mobil Matic

Kesalahan mengendarai mobil matic yang lain yaitu ketika anda menempatkan kaki kiri anda di atas pedal rem. Tindakan yang satu ini sangat tidak baik dan tidak dianjurkan Ketika anda mengendarai mobil dengan transmisi matic. Karena dalam teknik mengendarai mobil yang baik dan benar yaitu dalam pengoperasian gas dan rem hanya menggunakan kaki kanan saja.

Sedangkan untuk kaki kiri ini sendiri saat mengendarai mobil matic tidak digunakan untuk apapun. Cukup istirahat karena hanya ke kanan yang bekerja untuk menekan pedal. Oleh karena itu banyak sekali yang mengatakan bahwa mengendarai mobil matic merupakan cara mengendarai mobil yang sangat nyaman dan praktis karena hanya kaki kanan yang bekerja.

  1. Lupa untuk Memanaskan Mesin

Seperti mobil-mobil yang lainnya, mobil matic juga perlu untuk dipanaskan ketika mobil tersebut akan digunakan. Maka dari itu jangan sampai melewatkan memanaskan mesin mobil matic lupa atau bahkan sengaja. Karena memanaskan mesin mobil matic ketika akan mengendarainya merupakan hal yang wajib dilakukan. Bahkan untuk memanaskan mesin mobil ini sendiri lebih baik jika dilakukan setiap hari bukan hanya ketika akan digunakan saja.

Adapun memanaskan mesin merupakan suatu hal yang penting karena efek udara dingin yang membuat oli bisa mengental dan perlahan-lahan bergerak di dalam komponen mesin. Dengan memanaskan mesin maka akan dapat menghangatkan oli sekaligus mencairkan oli tersebut untuk dapat lebih mudah bergerak ke komponen mesin dan ke komponen-komponen transmisi yang lainnya.

Maka dari itu lupa untuk memanaskan mesin mobil matic merupakan suatu kesalahan mengendarai mobil matic yang sangat fatal. Karena jika anda lupa dan ketika mengendarai mobil tersebut dengan kecepatan tinggi Maka dapat meningkatkan risiko kerusakan mobil.

  1. Kebiasaan Mengganti ke Mode Parkir Sebelum Mobil Berhenti Menjadi Kesalahan Mengendarai Mobil Matic

Kebiasaan untuk mengganti transmisi ke mode parkir sebelum mobil benar-benar berhenti merupakan kesalahan mengendarai mobil matic yang banyak dilakukan. Mungkin hal tersebut terlihat sepele apalagi jika Anda melakukan hal tersebut saat keadaan sedang terburu-buru. Namun nyatanya hal tersebut dapat berakibat pada pin pengunci yang dimasukkan ke dalam roda gigi pada gearbox mengalami kerusakan. Apalagi jika hal tersebut terus-menerus dilakukan.

  1. Jumlah Oli yang Terlalu Sedikit Dapat Menjadi Kesalahan Mengendarai Mobil Matic yang Fatal

Kekurangan oli di dalam mesin dapat menyebabkan terjadinya kesalahan di dalam mengendarai mobil matic. Karena mesin dan transmisi mobil itu sendiri sangat bergantung pada cairan yang satu ini. Maka dari itu rutinlah untuk mengecek oli secara berkala untuk menghindari kerusakan mesin atau transmisi mobil secara dini.

Selain menghindari kesalahan-kesalahan yang sudah disebutkan di atas, jangan lupa untuk selalu memeriksa dan melakukan perawatan pada transmisi mobil matic Anda dengan mempercayakan ke bengkel spesialis transmisi mobil terpercaya, seperti DOMO Transmisi.

Layanan terbaru dari Dokter Mobil ini secara khusus dihadirkan di Indonesia dari Negeri Jiran, Malaysia, untuk mengatasi permasalahan-permasalahan seputar transmisi mobil, salah satunya terkait perawatan dan perbaikan transmisi matic pada mobil.

Telah melalui riset dan pengujian yang panjang serta teruji, layanan-layanan di DOMO Transmisi juga menggunakan peralatan berteknologi canggih dan terkini serta ditangani oleh teknisi yang sudah ahli, sehingga kualitas pelayanannya sudah sangat terjamin dalam memperbaiki hingga ke akar permasalahan.

Layanan DOMO Transmisi pun tak terbatas pada beberapa jenis mobil saja. Dari pabrikan Jepang seperti Honda HR-V hingga ke mobil pabrikan Korea seperti Hyundai Stargazer, atau mobil LCGC seperti Toyota Agya hingga SUV premium seperti Mitsubishi Pajero Sport, semua permasalahan seputar transmisinya dapat ditangani di DOMO Transmisi.

Tertarik berkonsultasi hingga atasi permasalahan transmisi pada mobil matic kesayangan Anda? Anda bisa hubungi melalui WhatsApp pada nomor 0882-1244-0591 atau hubungi disini. untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan DOMO Transmisi hingga lakukan reservasi dengan mudah hanya dari rumah. Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari lokasi kediaman Anda untuk konsultasi langsung seputar transmisi mobil matic Anda.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.