Cara Pindah Gigi Mobil di Tanjakan

Cara Pindah Gigi Mobil di Tanjakan

Cara pindah gigi mobil di tanjakan perlu diterapkan agar transmisi mobil tetap dalam keadaan baik. Adapun cara pindah gigi mobil di tanjakan ini perlu dilakukan karena mampu membawa dampak yang baik bagi kesehatan transmisi dan komponen lain bagi mobil Anda. Ketika mobil melewati jalan tanjakan perlu beberapa cara pindah gigi mobil di tanjakan. Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan yang terbaik dan gigi mobil pun dapat berpindah dengan baik tanpa memiliki risiko kerusakan sama sekali.

Banyak sekali orang yang memiliki asumsi bahwa mobil matic ini memang kesan praktis dan mudah untuk digunakan namun memiliki kelemahan dalam melewati jalan tanjakan karena mobil ini dianggap tidak kuat melewati tanjakan terutama tanjakan yang curam. Namun dengan melakukan cara pindahnya melakukan cara pindah gigi mobil di tanjakan ini Anda dapat mengurangi kekhawatiran dengan melakukan hal-hal sebagai berikut.

Kiat-kiat yang Perlu Diperhatikan dalam Cara Pindah Gigi Mobil di Tanjakan

Kiat-kiat yang Perlu Diperhatikan dalam Cara Pindah Gigi Mobil di Tanjakan

Melakukan perbedaan gigi saat melewati tanjakan merupakan hal yang sangat penting dilakukan karena perpindahan gigi ini dilakukan bergantung dari kebutuhan serta kondisi yang dialami oleh mobil itu sendiri. Idealnya perpindahan mobil ini dilakukan karena kebutuhan mobil saat jalan kebutuhan mobil saat jalan mendatar atau jalan menanjak sangat berbeda.

Kondisi ideal saat mobil sedang melewati jalanan datar memerlukan berada di angka 2000 hingga 3000 RPM. Sedangkan untuk jalanan yang menanjak memerlukan angka yang lebih besar daripada itu.

  1. Hindari Menggunakan Transmisi dengan Posisi D

Hal yang perlu sangat diperhatikan dalam cara pindah gigi mobil di tanjakan ini yaitu dengan menghindari menggunakan transmisi atau mengubah transmisi ke dalam posisi D atau Drive yang mana biasanya tuas transisi D atau dress ini digunakan untuk melaju ke depan.

Adapun hal tersebut dilarang karena ketika tuas berada pada posisi D maka transmisi matic dapat memindahkan gigi mobil tersebut secara otomatis. Padahal bukan terjadi pemindahan gigi mobil secara otomatis dalam posisi D maka putaran mesin akan meninggi dan rasio gigi juga akan meninggi sehingga torsi sulit untuk didapatkan mobil matic.

Sedangkan dalam kondisi normal ketika dalam tanjakan putaran mesin memang harus memilih memang rahasia gigi harus tetap rendah agar tetap lebih mudah didapatkan oleh mesin mobil matic tersebut.

  1. Hindari Menginjak Pedal Gas Secara Dalam

Sering dijumpai cara orang mengendarai mobil matic saat melewati jalan tanjakan yaitu dengan menginjak pedal gas secara mendalam agar mobil dapat melaju dengan kencang. Padahal hal tersebut tentu tidak dibenarkan karena dengan menginjak pedal gas secara mendalam tersebut malah dapat menyebabkan mobil jadi kehilangan tenaga. Hal tersebut tentu tidak baik bahkan dapat menyebabkan torsi mencapai batas maksimal dan transmisi gigibyang akan bertahan pun sudah mencapai batas yang tinggi pula.

  1. Mencocokkan Tuas Transmisi dengan Kondisi Jalan

Mencocokkan kuas transmisi dengan kondisi jalan merupakan cara pindah gigi mobil di tanjakan yang paling tepat. Anda bisa menggunakan transmisi D2 untuk tanjakan biasa dan transmisi D1 untuk tanjakan yang curam. Yang mana transmisi D1 pada mobil matic setara dengan transmisi 1 dalam mobil manual. Dengan menggunakan transmisi D1 ini dapat mencegah terjadinya kemacetan saat berada di tanjakan sehingga cara pindah gigi mobil di tanjakan dengan menggunakan transmisi D1 ini sangat cocok untuk diterapkan dan aman tanpa mempunyai risiko yang sangat tinggi.

Baca Juga: Fungsi-fungsi Tuas Transmisi Matic

  1. Hindari Menginjak Rem Ketika Berpindah Tuas

Cara pindah gigi mobil di tanjakan selanjutnya yaitu dengan menghindari untuk mencegah saat Anda berpindah tuas. Karena ketika memindah tuas di dalam mobil matic ini hanya perlu untuk menekan tombol tuas untuk berpindah dari gigi mobil yang satu ke gigi mobil yang lainnya. Perbedaannya yang terjadi pada mobil manual dimana perlu mengontrol perpindahan gigi tersebut dengan menggunakan tuas persneling.

Adapun cara untuk menghindari menginjak rem ketika berpindah tuas yaitu dengan cara melepas pedal gas yang langsung dipindahkan transmisinya secara bertahap dari transmisi satu ke transmisi D1 atau transmisi L.

Lalu setelah mendapatkan gigi yang diinginkan maka Anda hanya tinggal menginjak pedas lagi untuk meraih power. Lalu jika dibutuhkan untuk berhenti saat posisi menanjak, saat-saat seperti itulah dibutuhkan untuk menginjak rem dan Anda bisa menginjaknya. Selain itu Anda juga bisa memindahkan persneling mobil ke gigi mode netral atau menggunakan tantangan jika Anda ingin berhenti cukup lama.

Tips Cara Pindah Gigi Mobil di Tanjakan dengan Baik

Tips dari cara pindah gigi mobil di tanjakan yang baik untuk diterapkan yaitu dengan menggunakan teknik mobil transmisi matic yang konvensional. Biasanya mobil dengan transmisi matic konvensional ini melakukan stop dan go. Dan biasanya mobil dengan transmisi matic konvensional ini menggunakan rem tangan ketika sedang dalam keadaan macet atau melewati tanjakan baik tanjakan yang biasa atau tanjakan yang curam.

Karena dengan menggunakan transmisi matic konvensional ini sangat cocok digunakan ketika mobil menghadapi macet atau sedang melewati jalan tanjakan.

Melakukan Banyak Latihan

Untuk dapat melakukan cara pindah gigi mobil di tanjakan dengan baik dapat dilatih dengan melakukan beberapa latihan menggunakan mobil matic di jalan menanjak. Karena dengan melakukan latihan ini maka Anda akan semakin sering untuk menghadapi tanjakan dengan menggunakan mobil matic sehingga hal tersebut akan menjadi sangat mudah karena sudah dilakukan selama berulang kali.

Tapi di dalam latihan itu sendiri juga perlu memperhatikan hal-hal yang perlu diperhatikan seperti di atas. Harus dilakukan agar dapat melakukan tanjakan dengan baik tanpa merusak komponen-komponen maupun transmisi yang ada pada mobil matic tersebut sehingga performa magnetik tersebut bisa tetap terjaga dan risiko rusaknya komponen akan berkurang.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa cara pindah gigi mobil di tanjakan yang baik dan benar yaitu dengan menghindari untuk menggunakan transmisi posisi drive atau d. Selain itu Anda juga harus menghindari untuk menginjak pedal rem ketika berganti gigi di jalan tanjakan. Selain itu Anda juga perlu untuk menyesuaikan tuas transmisi dengan kondisi jalan.

Karena pada dasarnya tuas transmisi memang didesain sesuai dengan kondisi jalan yang dilewatinya. Dan hal yang sangat penting dilakukan yaitu menghindari menginjak pedal gas dalam-dalam. Karena untuk sekarang ini masih banyak sekali disebut orang yang mengendarai mobil matic menginjak pedal gas dalam ketika melewati jalan tanjakan. Padahal hal tersebut hanya akan dapat membuat mobil menjadi kehilangan tenaga bahkan dapat membuat mobil matic menjadi macet di jalan tanjakan tersebut.

Selain itu, pastikan pula agar sistem transmisi pada mobil dalam kondisi yang baik sehingga tak ada permasalahan yang terjadi saat mobil sedang menanjak di medan lintasan yang terjal. Agar kondisi sistem transmisi mobil selalu optimal, rawat dan perbaiki sistem transmisi mobil yang bermasalah di bengkel spesialis transmisi terpercaya, DOMO Transmisi.

Layanan terbaru dari Dokter Mobil ini dihadirkan secara khusus di Indonesia dari Negeri Jiran, Malaysia, untuk mengatasi permasalahan-permasalahan seputar transmisi mobil.

Telah melalui riset dan pengujian yang panjang serta teruji, layanan-layanan di DOMO Transmisi juga menggunakan peralatan berteknologi canggih dan terkini serta ditangani oleh teknisi yang sudah ahli, sehingga kualitas pelayanannya sudah sangat terjamin dalam memperbaiki hingga ke akar permasalahan.

Layanan DOMO Transmisi pun tak terbatas pada beberapa jenis mobil saja. Dari pabrikan Jepang seperti Honda CR-V hingga ke mobil pabrikan Korea seperti Hyundai Creta, atau mobil LCGC seperti Daihatsu Ayla hingga SUV premium seperti Mitsubishi Pajero Sport, semua permasalahan seputar transmisinya dapat ditangani di DOMO Transmisi.

Tertarik berkonsultasi hingga atasi permasalahan transmisi pada mobil kesayangan Anda? Anda bisa hubungi melalui WhatsApp pada nomor 0882-1244-0591 atau hubungi disini. untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan DOMO Transmisi hingga lakukan reservasi dengan mudah hanya dari rumah. Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari lokasi kediaman Anda untuk konsultasi langsung seputar transmisi mobil Anda.

Demikian di atas merupakan sedikit uraian mengenai cara pindah gigi mobil di tanjakan yang baik dan benar. Setelah membaca ini diharapkan para pembaca dapat menerapkannya dalam mengendarai mobil matic di jalan tanjakan. Sehingga dapat mengurangi risiko kerusakan komponen atau mogok di jalan.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.