Cara Mematikan Mesin Mobil Matic yang Baik dan Benar

Cara mematikan mesin mobil matic memerlukan teknik-teknik yang baik dan benar untuk menjaga performa dan keawetan mesin mobil matic itu sendiri. Maka dari itu dalam mematikan mesin mobil matic tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Sehingga harus memenuhi prosedur dan syarat-syarat yang berlaku untuk mematikan mesin mobil matic ini.

Mungkin hal tersebut dapat dianggap hal sepele, namun jika tidak dilakukan dengan cara yang baik maka dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada mesin dan dapat mengakibatkan masa pakai mesin mobil matic tersebut lama-lama akan berkurang. Oleh karena itu dalam mematikan mesin mobil matic ini harus menggunakan cara-cara yang baik dan benar agar komponen-komponen dalam mesin mobil matic tersebut tetap terjaga. Oleh karena itu perhatikanlah dengan baik cara mematikan mesin mobil matic berikut.

Cara Mematikan Mesin Mobil Matic dengan Cara Manual

Cara Mematikan Mesin Mobil Matic dengan Cara Manual

Untuk mematikan mesin mobil matic dengan cara manual memerlukan cara-cara yang mungkin akan terlihat merepotkan. Namun tidak akan sulit jika Anda sering melakukannya. Karena hal tersebut akan menjadi kebiasaan yang sangat mudah dan baik untuk dilakukan.

Mengontrol Mobil

Cara mematikan mesin mobil matic secara manual yang harus dilakukan pertama kali yaitu mengontrol mobil. Yang dimaksud mengontrol mobil ini sendiri yaitu mengendalikan dan mengoper gigi mobil matic sebelum mematikan mesin tersebut. Cara tersebut dapat dilakukan dengan mengurangi kecepatan laju mobil sehingga mobil memiliki persiapan mesin untuk berhenti secara perlahan-lahan. Contoh hal tersebut sangat baik untuk dilakukan apalagi jika dibandingkan dengan mematikan mobil secara tiba-tiba.

Memastikan Tuas Persneling Berada Pada Posisi yang Tepat

Dalam cara mematikan mesin mobil matic yang baik dan benar, Anda perlu mengubah tuas transmisi pada posisi P sebelum mematikan tuas persneling mobil. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari mobil yang memiliki kemungkinan akan langsung berjalan sendiri ketika mobil menyala. Selain itu, dengan mengubah transmisi ke arah posisi mode P, maka ketika mencabut kunci akan mudah dan tidak menemukan kesulitan sedikitpun.

Gunakan Rem Tangan

Cara mematikan mesin mobil matic yang selanjutnya yaitu mematikan mesin mobil matic dengan menggunakan rem tangan. Hal tersebut cukup mudah dilakukan namun dalam melakukannya alangkah baiknya untuk menarik rem tangan tersebut ke atas agar mobil tidak berjalan sendiri ketika mesin mobil tersebut sudah dinyalakan kembali.

Memeriksa Sistem Kelistrikan Mobil Sebelum Melakukan Cara Mematikan Mesin Mobil Matic

Sebelum mematikan mesin mobil, Anda perlu memastikan bagian komponen-komponen mobil yang berpengaruh dengan sistem kelistrikan yang ada pada mobil tersebut sudah dimatikan lebih dulu sebelum memutar kunci mobil ke posisi mesin mati.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kerusakan pada komponen mobil yang berhubungan dengan komponen listrik. Seperti AC dan yang lainnya. Jika komponen-komponen tersebut tidak dimatikan terlebih dulu, dapat menyebabkan kerusakan termasuk pada kompresor yang bermasalah.

Memastikan Putaran Mesin Mobil Tetap Stabil

Memperhatikan putaran mesin mobil termasuk tahap yang penting dilakukan dalam cara mematikan mesin mobil matic. Adapun kondiai putaran mesin saat Anda mematikan mesin mobil matic, harus dalam keadaan stabil. Karena jika Anda mematikan mesin mobil saat putaran mesin tidak dalam keadaan stabil, maka akan membuat mesin mengalami kerusakan. Terlebih lagi jika hal tersebut dilakukan secara sering.

Matikan Mesin Mobil

Cara untuk mematikan mesin mobil matic yaitu dengan cara memutar kunci ke posisi mati, kemudian mencabut kunci mobil tersebut. Atau dapat juga dilakukan dengan cara menginjak rem mobil sekaligus menekan tombol stop untuk mengecek apakah mesin mobil matic sudah mati atau belum.

Cara Mematikan Mesin Mobil Matic Tanpa Kunci

Teknologi sekarang semakin canggih termasuk teknologi otomotif yang semakin lama semakin maju. Termasuk teknologi yang sekarang berkembang yaitu cara untuk mematikan mesin mobil matic tanpa kunci dengan menerapkan fitur-fitur tombol yang dapat mengontrol nyala dan matinya mesin mobil tanpa kunci. Adapun cara untuk mematikan mesin mobil matic tanpa kunci dilakukan dengan cara sebagai berikut.

Cara untuk mematikan mesin mobil matic yang pertama yaitu dilakukan dengan cara menginjak pedal rem. Lalu setelah itu Anda dapat menekan tombol stop pada mobil tersebut. Namun jika baterai mobil dalam keadaan lemah Anda dapat menempelkan remote Smart ke tombol stop yang sebelumnya Anda matikan hingga lampu menyala menjadi hijau.

Dilihat dari cara-cara di atas tentu sangat dapat dilihat perbedaan dari cara mematikan mesin mobil matic secara manual atau tanpa kunci. Dan jika dilihat-lihat tentu akan sangat mudah dan lebih praktis jika mematikan mesin mobil matic tanpa menggunakan kunci.

Hal-hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Melakukan Tahapan Mematikan Mesin Mobil Matic

Dalam mematikan mesin mobil matic Anda tidak boleh melakukan hal-hal seperti menempatkan posisi transmisi mobil pada mode N karena hal tersebut dapat membuat aki menjadi tekor. Karena jika menghentikan mobil matic saat posisi transmisi dalam mode N dapat mengakibatkan sistem kelistrikan di dalam mobil tidak dalam kondisi mati sehingga arus listrik di dalam mobil akan terus mengalir dari aki untuk daya sistem kelistrikan tersebut.

Apalagi jika mobil tidak memiliki fitur self charging bagi aki mobil yang mana dapat berisiko mobil menjadi susah distarter. Tentu hal tersebut menjadi hal yang sangat disayangkan karena kelalaian yang dilakukan oleh pengemudi dapat menyebabkan hal yang sangat beresiko bagi performa dan keadaan mobil itu sendiri. Maka dari itu sebelum mematikan mesin mobil matic perhatikanlah dengan baik dan ikutilah cara-cara untuk mematikan mesin mobil matic yang benar.

Selain itu ketika anda lupa untuk mematikan sistem kelistrikan dalam mobil matic tersebut juga dapat menyebabkan aki menjadi tekor dengan alasan yang sama seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Anda juga perlu menghindari menghentikan mobil secara tiba-tiba dan langsung mematikan mesin mobil tersebut karena hal tersebut dapat mengurangi masa penggunaan mobil karena terjadinya kerusakan atau masalah-masalah yang lainnya. Adapun cara yang benar untuk menghentikan mobil yaitu menurunkan kecepatan mobil matic secara perlahan dan mematikan mesin setelah melakukan beberapa pengecekan seperti mengecek sistem kelistrikan dan hal yang lainnya. Untuk mematikan mesin mobil matic itu pun harus dalam keadaan ketika mobil matic sedang berhenti.

Berikut di atas merupakan beberapa cara mematikan mesin mobil matic yang baik dan benar. Hal tersebut perlu dilakukan dengan baik dan benar karena mematikan mesin mobil matic juga termasuk perawatan terhadap mesin mobil matic itu sendiri. Sehingga dengan melakukannya dengan cara yang benar dapat membuat performa mesin mobil tetap terjaga dan tidak mengurangi masa penggunaan mesin mobil tersebut sehingga mesin mobil matic tetap awet dan tahan lama.

Oleh karena itu hal-hal di atas perlu Anda terapkan di dalam cara mematikan mesin mobil matic yang benar. Meskipun terlihat sepele, hal tersebut dapat membantu merawat mesin mobil matic Anda dengan baik sehingga Anda tidak akan sering menjumpai kerusakan atau permasalahan di dalam mesin mobil matic Anda karena perawatan yang anda lakukan termasuk perawatan karena mematikan mesin mobil matic dengan baik dan benar.

Baca Juga: Ingin Mobil Matic Awet? Ini 20 Cara Merawat Mobil Matic

Pentingnya Dilakukan Service Transmisi untuk Jaga Kondisi Mobil Tetap Prima

Selain turut memperhatikan cara mematikan mesin mobil matic yang benar, penting pula untuk selalu melakukan perawatan pada sistem transmisi mobil matic Anda agar kinerja mobil selalu prima dengan melakukan service di bengkel spesialis transmisi terpercaya, DOMO Transmisi.

Layanan terbaru dari Dokter Mobil ini dihadirkan secara khusus dari luar negeri untuk untuk mengatasi permasalahan-permasalahan para pengguna mobil di Indonesia seputar transmisi mobil.

Telah melalui riset dan pengujian yang panjang, layanan-layanan di DOMO Transmisi juga menggunakan peralatan berteknologi canggih dan terkini serta ditangani oleh teknisi yang sudah ahli, sehingga kualitas pelayanannya sudah sangat terjamin dalam tuntaskan hingga ke akar permasalahan.

Tertarik berkonsultasi hingga atasi permasalahan pada transmisi mobil matic kesayangan Anda? Anda bisa hubungi melalui WhatsApp pada nomor 088212440591 atau klik disini untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan DOMO Transmisi hingga lakukan reservasi dengan mudah hanya dari rumah. Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari lokasi kediaman Anda untuk konsultasi langsung seputar permasalahan hingga lakukan perawatan transmisi mobil matic yang baik dan benar.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.