Kini Umum Digunakan, Ini Keunggulan Transmisi CVT Mobil

Kini Umum Digunakan, Ini Keunggulan Transmisi CVT Mobil

Sistem transmisi pada mobil pasti akan mengalami perkembangan, seperti halnya penggunaan Transmisi CVT (Continue Variable Transmission) pada mobil matic. Transmisi CVT memang bukan teknologi baru, keunggulan transmisi CVT mobil membuat sistem transmisi ini sudah banyak digunakan di insutri mobil. Penggunaanya seringkali menjadi pertanyaan banyak pemilik mobil yang baru saja masuk dan kian populer untuk mobil matic baru. Meskipun demikian penggunaan transmisi jenis CVT ini memang konsepnya sudah dari dulu.

Sebagian kalangan menyebut tansmisi CVT sebagai step less transmission, pulley transmission, bahkan ada juga yang menyebutnya sebagai one-speed transmission. Jika dulu mobil bertransmisi otomatis hanya akan mengandalkan transmisi AT yang kepanjangan dari A Torque Converter, sekarang berganti menjadi transmisi CVT untuk pasar mobil di Indonesia. Sekarang CVT begitu banyak menggunakan transmisi untuk mobil keluarga, seperti MPV dan SUV. Melalui artikel ini akan dipaparkan lengkap mengenai keunggulan transmisi CVT mobil.

Transmisi CVT

Informasi Umum, Mulai dari Keunggulan Transmisi CVT Mobil hingga Kekurangannya

Transimi CVT merupakan transmisi mobil modern yang banyak digunakan untuk mobil matic. Transmisi ini disadari sebagai produk mobil dengan jenis MPV dan SUV yang memulai untuk menggunakan jenis transmisi ini. Menjadi seolah mereka meninggalkan transmisi otomatis yang konvensional. Pemakaian CVT ini belakangan memang marak digunakan. Meskipun sebenarnya memang transmisi CVT bukanlah produk baru untuk dunia otomotif ini.

Pada abad ke-19, orang sudah menggunakan beragam peralatan pertukaran menuju ke transmisi baru ini. Pengoperasian menggunakan torgue converter mirip dengan pedal kopling pada mobil manual, planetary gear menggunakan rasio gigi. Sedangkan pada transmisi CVT piranti yang digunakan hanya puli dan sabuk baja. Kedua puli yang terhubung ke sabuk baja ini memang bisa membesar dan mengecil serta bergerak ke kiri atau ke kanan. Gerakan ini berfungsi sebagai rasio gigi transmisi CVT.

Keunggulan Transmisi CVT Mobil

Keunggulan yang sering dirasakan dan sering dipromosikan oleh produsen dengan perpindahan gigi yang halus bahkan tidak terasa. Hal ini pastinya membuat mobil terasa lebih nyaman saat dikendarai, terutama pada perjalanan jauh bersama keluarga. Pada transmisi CVT, friksi yang terjadi memang sangat sedikit. Kondisi ini tentunya membuat hentakan yang membuat cara mengemudi lebih menyenangkan.

Tentunya, pada CVT, friksi yang terjadi memang sangat sedikit. Kondisi ini memang memberikan daya engine brake yang lebih besar tanpa harus shifting. Termasuk pada saat jalanan menanjak. Dengan CVT, loss power ini juga bisa diperkecil sehingga tidak membuang tenaga dan bahan bakar secara berlebihan, sebagaimana pada transmisi yang sebelumnya. RPM memang cenderung lebih stabil karena bahan bakar memang lebih hemat, namun semua keunggulan transmisi CVT mobil tetap ditentukan oleh gaya pengemudi masing-masing.

Kekurangan Transmisi CVT Mobil

Pada beberapa poin sebelumnya, telah terpaparkan kemampuan akselerasi trasmisi jenis ini rendah, dengan pengendara yang suka dengan mesin akselerasi yang tinggi. Kondisi ini jelas dipandang sebuah kelemahan mobil, karena dikatakan akselerasinya melambat. Mobil dikatakan akan mengalami akselerasinya lambat karena sifatnya yang mulai kasar.

Perlakuan terhadap transmisi ini juga harus disesuaikan. Tidak hanya sama dengan matic konvensional yang lebih susah dikontrol, keunggulan transmisi CVT mobil yang memang ditawarkan oleh CVT memang dalam hal kenyamanan dan kosumsi BBM daripada transmisi yang lain. Namun hal yang kurang disadari, saat bengkel bisa menangani CVT yang akan sangat masih terbatas. Terlebih jika salah satu komponen rusak, pasti akan mempengaruhi komponen lain.

Perawatan Transmisi CVT

Hal yang menjadi faktor utama dalam perawatan mobil CVT ini adalah mengganti oli transmisi secara rutin. Oli memang menjadi komponen paling penting dalam menjadi pelumas mesin. Soal periodenya sebaiknya mencari tau pada spesifikasi mobil matic masing-masing. Mungkin untuk penggatian oli sekitar 60000-80000KM sekali. Angka ini tentu menjadi batas minimum jika sehari-hari mobil menghadapi kondisi ekstrem, seperti kemacetan lalu lintas atau lainnya, dengan itu dapat melihat seberapa jauh mesin bekerja.

Dalam penggunaan sehari-hari mungkin perlakukan transmisi ini juga harus halus, contohnya pada pemijakan has dalam-dalam secara mendadak. Pengemudi sebelumnya harus sudah paham dan mengerti mengenai jeli memilij medan, agar tidak memastikan diri melalui jalan-jalan terlalu berat. Beban kendaraan juga yang terlalu berat akan berpengaruh pada transmisi dan menurunkan keunggulan transmisi CVT mobil.

Baca Juga: Ingin Mobil Matic Awet? Ini 20 Cara Merawat Mobil Matic

Pentingnya Perawatan Transmisi CVT

Mengingat biaya perbaikan yang lebih mahal, maka para pemilik mobil ini menggunakan transmisi CVT disarankan dengan melakukan perawatan dengan baik. Salah sau bentuk prerawatan, mengenal interval dapat berbeda-beda untuk setiap model kendaraan. Tetapi yang perlu diingat untuk menjaga mobil transisi ini berjalan baik, maka penting untuk melakukan perawatan yang baik untuk oli dan beberapa komponen mesinnya.

Untuk lebih aman, jangan sampai jarak tempuh melebihi pada batasan dari jarak yang diberikan. Terlebih oli yang memang terlalu lama diganti akan berakibat pada keunggulan transmisi CVT mobil jadi berkurang. Transmisi akan terganggu dengan banyaknya kerusakan dalam mesin ini. Oli transmisi berguna untuk melumasi gesekan yang terjadi antara puli dan sabuk baja. Kualitas yang sudah menurun dipastikan akan membuat friksi keduanya menjadi berlebihan. Jika kondisi ini terjadi maka permukaan puli akan terganggu.

Dalam pemberitaan memang banyak pabrik menyebutkan alasan terjadinya penggunaan transmisi CVT pada produknya. Faktor kenyamanan dan efisiensi bahan bakar sepertinya membutuhkan beberapa pertimbangan terbesar. Salah satu pada Toyota yang menyampaikan transmisi CVT memiliki beberapa bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan transmisi otomatis pada transmisi sebelumnya, AT. Seperti diketahui jika pemangkasan bobot kendaraan akan meningkatkan performa keseluruhan transmisinya. Dari kelas mobil sedan seperti Toyota Vios, kelas MVP seperti Toyota Sienta, hingga segmen kelas premium seperti Toyota Alphard dan Toyota Camry pun sudah menyematkan CVT di dalamnya.

Beberapa mobil keluaran Suzuki juga mempergunakan transmisi CVT dengan beberapa keunggulan transmisi CVT mobil pada tarikan yang lebih halus pada saat berakselerasi, mobil menjadi lebih nyaman untuk dikendarai baik pada perjalanan pendek maupun perjalanan jauh bersama keluarga besar. Perputaran mesin menjadi lebih stabil, tentu ini juga dipengaruhi oleh keberadaan oli sebagai penunjang keunggulan transmisi CVT mobil. Konsumsi bahan bakar juga akan semakin irit dengan penggunaan transmisi ini.

Memastikan Transmisi Masih Layak

Jika dibandingkan dengan transmisi yang manual, jelas transmisi otomatis atau matic ini memang memiliki usia pakai yang jauh lebih singkat dibandingkan keduanya. Usia ini tentu masih ditentukan dengan jenis teknologi matic yang dipergunakan pada zaman dulu. Jenis transmisi CVT ini memang paling singkat yakni sekitar 5 tahun. Untuk mendapatkan mobil transmisi ini, perlu beberapa pemeriksaan kinerja sistem transmisi untuk melihat kondisi secara objektif.

Agar keunggulan transmisi CVT mobil Anda senantiasa maksimal fungsinya, tindakan perawatan pada transmisi di bengkel spesialis transmisi mobil perlu Anda lakukan agar keunggulan transmisi CVT mobil Anda tetap prima dan terhindar dari kerusakan. DOMO Transmisi hadir secara khusus untuk atasi problematika pengguna mobil dalam mengatasi transmisi mobilnya yang alami kerusakan.

Telah melalui riset dan pengujian yang panjang, layanan-layanan di DOMO Transmisi juga menggunakan peralatan berteknologi canggih dan terkini serta ditangani oleh teknisi yang sudah ahli, sehingga kualitas pelayanannya sudah sangat terjamin dalam tuntaskan hingga ke akar permasalahan.

Tertarik berkonsultasi hingga atasi permasalahan pada transmisi CVT mobil matic kesayangan Anda? Anda bisa hubungi melalui WhatsApp pada nomor 088212440591 atau melalui link berikut. untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan DOMO Transmisi. Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari lokasi kediaman Anda untuk konsultasi langsung seputar permasalahan hingga lakukan perawatan untuk jaga keunggulan transmisi CVT mobil matic Anda.

Penutup

Transmisi CVT memang diciptakan dengan masa pakai yang lebih lama. Dengan pemakaian 3 tahun atau sekitar 100 ribu km tanpa adanya masalah. Banyak lebih dari itu keunggulan transmisi CVT mobil yang tidak kalah kerennya. Anda sebagai penikmat mobil matic penting untuk mengetahui beberapa hal ini, tentu ini akan sangat membantu Anda memahami beberapa hal mengenai mobil matic terbaru.

Hal ini perlu diperhatikan untuk keunggulan transmisi CVT mobil dengan memberikan banyak keuntungan dan langsung melakukan penggantian beberapa komponen yang baru. Keunggulan transmisi CVT mobil akan sangat penting untuk dimengerti dengan baik. Karena kunci dari suatu kendaraan awet dapat berasal dari pengamanan yang memang dari pemilik dan keunggulan transmisi CVT mobil yang harus diketahui.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Scroll to Top