Fungsi-fungsi Tuas Transmisi Matic

Tuas Transmisi Matic – Sama seperti halnya sebuah mobil dengan transmisi manual. Pada sebuah mobil matic, mereka juga memiliki sebuah tuas. Tuas pada mobil matic ini juga memiliki sebuah ciri khas yaitu berupa kombinasi dari huruf dan juga angka seperti P-R-N-D-2-L. Tuas pada mobil matic ini juga memiliki sebuah fungsi yang berbeda dari tuas pada mobil manual.

Fungsi Tuas Transmisi Matic

Fungsi Tuas Transmisi Matic

Karena perbedaan dari fungsi tuas ini, tidak jarang jika para pemilik mobil yang awalnya menggunakan sebuah mobil manual akan kebingungan. Bagi para pemilik mobil matic yang masih awam, hal ini jelas menjadi sebuah tantangan tersendiri. Lalu, kira-kira apa saja fungsi dari tuas transmisi matic ini? Untuk lebih jelasnya tentang apa saja fungsi dari tuas transmisi pada mobil matic, berikut adalah penjelasannya.

Membantu Mobil Matic saat Hendak Parkir

Pada fungsi pertama tuas mobil matic adalah untuk membantu proses parkir. Tuas transmisi matic ini memiliki fungsi sebagai sebuah pembantu saat akan melakukan parkir. Pada fungsi yang satu ini, tuas transmisi akan bisa berfungsi jika diposisikan pada huruf P. Huruf P yang terdapat pada tuas transmisi mobil matic ini memiliki arti parking atau dalam bahasa Indonesia berarti parkir.

Sehingga, pada saat tuas transmisi matic ini diposisikan pada huruf P. Maka akan secara otomatis mobil matic bisa di posisikan secara ideal. Kemudian, selain dengan menggunakan huruf P untuk melakukan parkir. Anda juga bisa melakukan kombinasi huruf seperti P dan juga R yang memiliki kepanjangan yaitu reverse atau artinya adalah mundur.

Kombinasi ini bisa digunakan jika Anda ingin melakukan parkir dalam posisi mundur. Kemudian, jika mobil matic Anda ini harus melakukan parkir secara paralel. Maka, Anda bisa menekan sebuah tombol bertuliskan Shift Lock yang terdapat pada tuas transmisi. Tombol ini berfungsi untuk membuat mobil matic Anda bisa terparkir dengan baik, terlebih lagi jika ingin melakukan parkir secara paralel.

Tetapi, sayangnya tidak semua mobil memiliki tombol Shift Lock ini. Hanya beberapa jenis mobil saja yang memiliki tombol ini di bagian tuas transmisi matic miliknya.

Baca Juga: Perbedaan Komponen Transmisi Mobil Otomatis dan Manual

Membantu Mengemudikan Mobil Matic dengan Kecepatan Yang Terbaik

Selain dapat berfungsi sebagai pembantu saat mobil akan melakukan parkir. Tuas transmisi ini juga berfungsi untuk membantu mobil agar bisa mengemudi dengan kecepatan terbaik. Fungsi ini tentunya akan sangat membantu para pengendara sehingga bisa membawa mobil mereka di kecepatan yang terbaik. Fungsi dari tuas transmisi ini juga berasa dari komponen bertuliskan huruf D pada tuas.

Dimana huruf D pada tuas tersebut memiliki arti Drive yang dalam bahasa Indonesia adalah mengemudi. Dengan fungsi ini, maka tentunya akan sangat membantu para pengemudi yang sedang berkendara di jalanan seperti di ibu kota. Huruf D yang ada pada bagian tuas transmisi matic ini bukan hanya sekedar untuk membantu agar pengemudi bisa berkendara pada kecepatan yang terbaik. Tetapi, huruf D ini juga memiliki sebuah fungsi untuk membantu mobil melakukan over drive.

Terlebih lagi pada saat mobil sedang menyalip sebuah mobil lain yang ada di depannya. Tetapi, yang perlu Anda ketahui adalah, bahwa fungsi ini hanya akan biza dipakai pada saat mobil berada di jalan bebas hambatan seperti di jalan tol.

Membuat Mobil Matic Bisa Melaju di Sebuah Tanjakan dengan Lebih Stabil

Selain dapat membantu mobil agar bisa melakukan parkir dengan baik bahkan membuat mobil bisa melaju di kecepatan yang terbaik. Tuas transmisi matic juga memiliki fungsi yang lainnya yang tidak kalah penting. Pada tuas transmisi untuk mobil matic ini, ia bisa membantu mobil agar bisa melalui sebuah tanjakan dengan baik. Fungsi untuk melakukan tanjakan ini bisa didapatkan jika tuas transmisi matic ini diposisikan pada angka 2.

Pada saat tuas dari mobil ini diposisikan pada angka 2. Maka mobil akan bisa melaju dengan sangat baik saat berada di sebuah tanjakan. Kecepatan dari mobil tersebut juga akan tetap stabil. Bukan hal itu saja, tuas transmisi mobil yang berada di angka 2 ini juga akan bisa membuat mobil menjadi lebih irit bahan bakar. Terlebih lagi pada saat mobil melaju melewati sebuah tanjakan yang pada dasarnya akan membutuhkan tenaga lebih besar.

Membantu Mobil Melaju di Turunan

Selain berguna untuk membantu mobil agar bisa melaju dengan baik pada saat melewati tanjakan. Tuas transmisi matic juga berfungsi untuk membantu mobil agar bisa melewati turunan dengan baik. Melaju melewati turunan memang membuat sebuah kehati-hatian sama seperti saat melewati tanjakan. Dalam melewati turunan ini, mobil tentunya perlu menurunkan kecepatannya.

Karena hal itu, pada tuas transmisi matic terdapat sebuah tanda L. Agar mobil matic bisa melewati sebuah tanjakan dengan baik, maka Anda perlu memposisikan tuas mobil Anda pada posisi huruf L. Huruf L ini memiliki arti low atau rendah. Sehingga, jika Anda ingin melewati sebuah turunan Anda bisa mengarahkan posisi tuas ke bagian L agar mobil bisa melaju dengan mulus.

Selain itu, mobil juga akan menurunkan kecepatan agar lebih rendah, sehingga Anda bisa melewati turunan dengan lebih aman. Hal ini karena fungsi dari huruf L pada tuas mobil ini juga berfungsi untuk membantu mobil agar bisa melakukan sebuah transmisi yang rendah. Terutama adalah untuk tujuan pada saat melewati sebuah turunan.

Agar Mobil Bisa Berhenti dengan Baik

Setelah beberapa fungsi dari tuas transmisi matic diatas. Fungsi yang selanjutnya sekaligus fungsi terakhir dari tuas transmisi ini adalah membantu agar mobil bisa berhenti dengan baik. Jika pada fungsi pertama, tuas transmisi ini berguna untuk membantu mobil bisa parkir dengan baik. Maka yang selanjutnya adalah fungsi dari tuas matic ini untuk membuat mobil bisa berhenti atau Mengerem dengan baik.

Hal ini bisa terjadi karena adanya posisi N pada tuas. Jika Anda memposisikan tuas Anda di posisi huruf N atau netral. Maka akan secara otomatis mobil Anda bisa berhenti dengan baik. Ini karena mobil akan berada di posisi netral pada saat mobil berhenti.

Rutin Melakukan Servis Untuk Menjaga Performa Mobil

Berbicara tentang mobil matic, tentunya mobil ini berbeda dengan sebuah mobil manual. Mobil matic bisa dibilang membutuhkan sebuah perlakuan khusus, terlebih lagi dalam hal perawatan. Untuk menjaga agar mobil tetap prima, tentunya melakukan servis rutin jelas sangat dibutuhkan. Untuk itu, rajin melakukan servis di bengkel resmi yang terpercaya jelas sangat dibutuhkan.

Terlebih lagi untuk mobil dengan jenis matic yang memang butuh perawatan yang sedikit lebih ekstra. Salah satu bengkel spesialis transmisi matic yang bisa Anda percayakan adalah DOMO Transmisi dari Dokter Mobil.

Layanan terbaru dari Dokter Mobil ini menggunakan peralatan berteknologi tinggi dan ditangani langsung teknisi yang ahli. Selain itu, telah teruji riset dan pengembangannya, sehingga kualitas layanan DOMO Transmisi memang sangat terjamin.

Reservasi layanan DOMO Transmisi sekarang melalui WhatsApp pada nomor 0882-1244-0591 atau hubungi disini. untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan DOMO Transmisi. Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari lokasi kediaman Anda untuk mencoba langsung layanan dari DOMO Transmisi.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.