Perbedaan Komponen Transmisi Mobil Otomatis dan Manual

Komponen transmisi mobil otomatis lebih sedikit dan lebih simpel dibandingkan dengan komponen transmsi mobil secara manual. Untuk jumlahnya sendiri komponen transmisi mobil otomatis ada 8 buah. Sedangkan untuk transmisi mobil secara manual ini terdapat 13 komponen. Sehingga dengan menggunakan mobil yang memiliki komponen transmisi mobil otomatis, akan lebih memudahkan Anda dalam mengendarainya karena tidak perlu menghafal lebih banyak komponen.

Berbicara mengenai komponen transmisi mobil otomatis, sebelumnya apa Anda tahu apa itu transmisi mobil? Transmisi mobil merupakan beberapa komponen yang ada di dalam mesin dan memiliki fungsi sebagai pengubah kecepatan dan tenaga putar yang akan digunakan untuk menjalankan atau menggerakkan kendaraan itu sendiri. Selain itu di dalam mengendarai mobil, Anda perlu mengetahui beberapa komponen transmisi mobil otomatis maupun yang manual karena hal tersebut menjadi hal yang sangat penting. Berikut ini penjelasan mengenai komponen transmisi mobil otomatis, simaklah penjelasan berikut.

Pengertian Komponen Transmisi Mobil Otomatis

Pengertian Komponen Transmisi Mobil Otomatis

Transmisi merupakan tuas ataupun pedal yang terdapat pada kendaraan bermotor yaitu kendaraan mobil. Transmisi ini memiliki fungsi untuk menyalurkan tenaga kepada roda penggerak. Sistem ini juga berfungsi untuk mengubah kecepatan dan tenaga putar. Maka dari itu transmisi mobil ini menjadi komponen yang sangat penting dalam suatu mesin itu sendiri.

Transmisi pada mobil dibagi menjadi dua yaitu komponen transmisi mobil otomatis dan komponen transmisi mobil manual. Transmisi mobil otomatis adalah jenis transmisi mobil yang memungkinkan terjadinya perpindahan gigi roda secara otomatis yang bergantung pada tekanan pedal gas. Transmisi mobil manual yang perlu Anda ubah sendiri untuk memindah gigi roda. Sehingga dengan menggunakan beberapa komponen transmisi mobil otomatis maka para pengendaranya tidak perlu repot untuk menginjak pedal kopling.

Transmisi mobil otomatis ini biasanya tersedia di dalam mobil matic yang mana komponen-komponen mesin yang ada di mobil matic ini memang jauh lebih simple dan lebih mudah dipelajari dibandingkan dengan mobil manual.

Fungsi Transmisi Mobil

Transmisi mobil memiliki beberapa fungsi yang dapat dihasilkan. Baik dari komponen transmisi mobil manual maupun komponen transmisi mobil otomatis, kedua-duanya ini memiliki fungsi yang hampir sama hanya saja dalam transmisi mobil otomatis penggunaannya lebih praktis dan mudah karena perpindahan gigi sendiri dilakukan secara otomatis yang bergantung pada tekanan injakan pada pedal gas.

Fungsi transmisi mobil yaitu menciptakan beberapa momen sesuai dengan kebutuhan mesin, dapat membuat kendaraan yang beroda lebih dari dua untuk mundur, dan dapat membuat kendaraan berhenti dalam keadaan mesin yang masih menyala. Dan yang menjadi fungsi utama dalam transmisi mobil ini adalah menyalurkan tenaga atau putaran pada mesin kepada kopling.

Jenis Transmisi Mobil

Jenis transmisi pada kendaraan mobil dibagi menjadi dua yaitu transmisi mobil manual dan transmisi mobil otomatis. Yang mana masing-masing di antara keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri.

Adapun dalam penggunaannya, transmisi mobil manual masih memerlukan tenaga pengendara untuk menjalankannya. Berbeda halnya dengan transmisi mobil otomatis Yang mampu bergerak sendiri hanya berdasarkan tekanan pada pedal gas mobil tersebut.

Adapun untuk jumlah komponennya, transmisi mobil manual memiliki komponen yang lebih banyak dibandingkan dengan transmisi mobil otomatis sehingga membuat transmisi mobil otomatis ini lebih praktis dan tidak membingungkan dibandingkan dengan transmisi mobil manual.

Baca Juga: Jenis-jenis Transmisi Mobil serta Kelebihan dan Kekurangannya

Komponen Transmisi Manual

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa transmisi mobil dibagi menjadi dua bagian yaitu jenis komponen transmisi mobil manual dan komponen transmisi mobil otomatis. Adapun baik transmisi manual ataupun transmisi otomatis memiliki beberapa komponen yang dibagi-bagi. Sedangkan transmisi manual itu sendiri merupakan transmisi yang memiliki hubungan dengan kopling yang dioperasikan secara manual oleh pengemudi dan biasanya dioperasikan dengan tangan ataupun kaki pengemudi. Di bawah ini merupakan komponen-komponen transmisi manual:

Poros input transmisi

Poros input transmisi merupakan komponen yang berupa poros ataupun roda yang memiliki kerjasama dengan kopling yang mana berfungsi untuk memutar gigi pada gir.

Gigi transmisi

Gigi transmisi merupakan salah satu komponen transmisi mobil manual yang memiliki fungsi untuk mengubah input tenaga dari mesin menjadi output. Yang mana adanya pengubahan gigi ini harus disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan itu sendiri.

Gigi penyesuaian

Gigi penyesuaian adalah salah satu komponen transmisi mobil manual yang memiliki fungsi untuk pemindahan gigi ketika mesin pada kendaraan mobil sedang menyala. Sehingga dengan menggunakan gigi penyesuaian ini proses pemindahan gigi akan terjadi secara aman walaupun mesin mobil menyala dan kondisi mobil tersebut sedang berjalan.

Garpu pemindah

Garpu pemindah merupakan salah satu komponen transmisi mobil manual yang digunakan untuk memindah gigi ke poros yang dapat membuat gigi menjadi mudah digunakan ataupun dipindahkan.

Tuas penghubung

Tuas penghubung ini merupakan komponen transmisi mobil yang memiliki fungsi untuk menghubungkan tuas persneling dan garpu pemindah.

Tuas transmisi

Pos transmisi ini menjadi komponen inti dari komponen transmisi mobil yang mana berfungsi untuk menjadi pengendali untuk pengemudi melakukan pemindahan gigi transmisi. Dan memindahkan gigi transmisi tersebut sesuai dengan kebutuhan kendaraan itu sendiri.

Bak transmisi

Transmisi merupakan komponen transmisi mobil manual yang menjadi kedudukan bearing transmisi dan menjadi tempat penyimpanan oli transmisi pada mobil.

Output shaft

Output ini adalah poros yang berfungsi untuk memindahkan torsi dari sistem transmisi pada gigi akhir. Output ini juga berfungsi untuk menjadi dudukan persneling pada mobil.

Bantalan

Bantalan ini merupakan komponen yang dapat membantu berkurangnya gesekan antara permukaan satu dengan permukaan lainnya yang mana permukaan permukaan tersebut berputar di dalam transmisi.

Counter gear

Counter gear adalah salah satu komponen transmisi mobil secara manual yang dapat menghasilkan torsi dari gigi input ke gigi kecepatan.

Reverse gear

Reverse gear ini merupakan komponen transmisi mobil yang melakukan secara manual yang mana komponen ini dapat mengubah arah putaran output shaft sehingga membuat gerakan mundur pada mobil.

Hub slave

Komponen transmisi mobil manual yang satu ini menjadi pengunci penyesuaian gigi untuk percepatan yang mana dengan komponen transmisi ini output shaft dapat berputar dan dapat berhenti menyala.

Speedometer gear

Speedometer gear adalah komponen transmisi mobil yang berguna untuk mengukur kecepatan mobil melaju.

Komponen Transmisi Mobil Otomatis

Berbeda halnya dengan komponen transmisi mobil manual, komponen transmisi mobil otomatis ini lebih praktis dan lebih simpel dibandingkan dengan transmisi mobil manual. Cara kerjanya pun otomatis bukan manual. Sehingga akan lebih memudahkan pengendaranya tanpa harus repot-repot melakukan transmisi. Adapun beberapa komponen transmisi mobil otomatis yaitu berikut ini.

Brake

Brake adalah komponen transmisi mobil otomatis yang mana komponen tersebut bergerak untuk mendapatkan perbandingan gigi mobil itu sendiri. Komponen yang satu ini dijalankan oleh tekanan hidrolik.

Torque converter

Komponen torque converter ini diisi dengan minyak transmisi dan berguna untuk membesarkan momen mesin yang akan diteruskan ke bagian transmisi. Selain itu komponen ini akan memindahkan atau memutuskan momen mesin terhadap transmisi dan melakukan tugas-tugas lainnya.

Automatic transmission fluid

Automatic transmission fluid merupakan komponen transmisi yang berguna untuk melumasi transmisi itu sendiri. Yang mana hal itu dilakukan untuk melancarkan perpindahan moment puntir. Automatic transmission ini juga berguna untuk mendinginkan sistem kendali pada transmisi mobil.

Hydraulic Control Unit

Komponen ini biasa disebut dengan sistem kontrol hidrolik yang mana komponen ini biasanya dimanfaatkan untuk menjadi pengendali kinerja mesin transmisi otomatis Yang menggunakan tenaga dari tekanan pompa oli. Selain itu, komponen ini juga dimanfaatkan untuk melumasi sistem mesin transmisi dan lain sebagainya.

Clutch

Komponen yang satu ini menjadi penghubung antara torsi yang satu dengan torsi yang lainnya yang mana berguna untuk memindahkan mesin dan memutuskan mesin serta menghentikan perpindahan mesin itu sendiri.

Manual linkage

Komponen transmisi yang satu ini merupakan satu-satunya komponen transmisi yang memerlukan pengecekan secara berkala dan juga memerlukan perawatan yang khusus karena komponen ini dapat memaksimalkan kendaraan dengan menggunakan komponen transmisi otomatis ini.

Shifting control

Setting control menjadi komponen transmisi mobil yang bisa mengubah beban dan kecepatan menjadi hal yang bersifat hidrolik yang akan dialirkan pada kopling serta pada rem kendaraan tersebut.

Pedal akselerasi

Adapun komponen terakhir dari transmisi mobil otomatis ini adalah pada akselerasi yang mana sistem transmisi otomatis ini dapat melakukan perubahan dan pengaturan pada penekanan pedal tersebut.

Perbedaan Komponen Transmisi Mobil Manual dan Komponen Transmisi Mobil Otomatis

Melihat beberapa komponen dari masing-masing transmisi tersebut pasti Anda sudah dapat melihat seberapa banyak perbedaannya. Dari jumlahnya saja transmisi mobil manual memiliki komponen yang lebih banyak dibandingkan dengan transmisi mobil otomatis. Sehingga banyak pemikiran yang muncul bahwa mobil dengan transmisi mobil otomatis akan lebih mudah digunakan dan dipelajari dibandingkan dengan kendaraan yang memiliki transmisi mobil manual.

Adapun jika terjadi permasalahan pada transmisi otomatis mobil Anda, segera datangi bengkel spesialis transmisi untuk segera ditangani permasalahannya, seperti DOMO Transmisi. Layanan terkini dari Dokter Mobil, DOMO Transmisi menggunakan peralatan berteknologi canggih dan ditangani oleh teknisi yang sudah ahli di bidangnya. Selain itu, layanan DOMO Transmisi telah melalui serangkaian riset dan pengembangan yang teruji serta didatangkan langsung dari Malaysia, sehingga kualitasnya tak perlu diragukan lagi.

Rasakan keakuratan layanan DOMO Transmisi dengan lakukan reservasi sekarang melalui WhatsApp pada nomor 0882-1244-0591 atau hubungi disini untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan ini hingga diskon-diskon menarik yang ditawarkan. Anda juga bisa langsung kunjungi cabang Dokter Mobil terdekat untuk nikmati langsung layanan dari DOMO Transmisi.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.