Jenis-jenis Transmisi Mobil serta Kelebihan dan Kekurangannya

jenis-jenis transmisi mobil

Jenis-jenis transmisi mobil kini semakin terus berkembang. Apalagi, untuk saat ini teknologi dan inovasi mobil dengan keluaran terbaru juga semakin banyak. Pada pabrikan otomotif terus berlomba untuk membuat inovasi mobil terbaru supaya tetap berada di garda terdepan.

Transmisi mobil mempunyai peran yang sangat penting dalam memberikan kenyamanan di saat berkendara. Selain itu, untuk transmisi mobil juga mempunyai kontribusi dalam konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.

Pada umumnya, orang hanya mengetahui jenis-jenis transmisi mobil ini hanya ada dua saja. Sebenarnya, tidak hanya transmisi manual dan otomatis saja dan masih ada beberapa jenis lainnya.

Untuk kesempatan kali ini akan dibahas sampai dengan tuntas perihal jenis-jenis transmisi mobil. Sedangkan, untuk Anda yang ingin tahu lebih banyak lagi perihal transmisi mobil bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkap dan jelasnya dibawah ini.

Fungsi Jenis-jenis Transmisi Mobil

fungsi jenis-jenis transmisi mobil

Sebelum mengetahui jenisnya, akan lebih baiknya untuk Anda pahami terlebih dahulu mengenai fungsi dari transmisi mobil. Gearbox atau yang sering disebut dengan transmisi mobil ini mempunyai fungsi untuk memindahkan hasil tenaga mesin tersebut.

Sebenarnya, tidak hanya itu saja. Ada beberapa fungsi transmisi lainnya dan salah satunya yaitu untuk melakukan transfer tenaga mesin. Maka dari itu, untuk hasil yang diberikan bisa membuat mobil bergerak maju dan mundur.

Manfaat kedua pada transmisi tentunya bisa membuat mesin hidup walaupun posisinya berada di netral atau parkir. Fungsi lain yang wajib Anda ketahui, yaitu melakukan perubahan energi sesuai dengan kebutuhan.

Contohnya, ketika ingin menambah kecepatan. Maka, untuk mobil dengan transmisi otomatis akan melakukan perpindahan gigi ke 2,3,4 dan seterusnya. Mobil yang sudah menggunakan transmisi otomatis sekalipun, tetap bisa dipindahkan giginya.

Jenis-jenis Transmisi Mobil

Setelah paham dengan fungsinya, maka untuk selanjutnya harus mengerti mengenai macam-macam jenisnya. Untuk beberapa jenis-jenis transmisi mobil yang harus Anda ketahui adalah:

  1. Transmisi Manual

Jenis-jenis transmisi mobil pertama adalah manual. Selain itu, transmisi mobil manual ini bisa dibilang menjadi salah satu pilihan yang paling favorit bagi banyak kalangan masyarakat di dunia.

Transmisi mobil manual mempunyai sistem yang bisa diatur oleh pengendara itu sendiri. Artinya, untuk perpindahan gigi ini tidak diatur dengan komputer dan melainkan diatur oleh pengendara itu sendiri.

Mau memulai dari gigi berapapun, pengendara bisa memilih sesuka hati. Pada komponen mobil dengan transmisi ini mempunyai komponen yang lebih simpel dibandingkan transmisi otomatis.

Sampai dengan saat ini masih banyak dari kalangan masyarakat yang lebih suka atau memilih mobil manual. Untuk beberapa kelebihan dan kekurangan pada mobil dengan transmisi mobil manual simak dibawah ini.

Kelebihan Transmisi Manual:

    • Harga mobil transmisi manual lebih murah dibandingkan otomatis.
    • Perawatan pada mobil dengan transmisi manual juga lebih mudah.
    • Biaya perawatan pada mobil manual cenderung masih bisa terjangkau.
    • Mempunyai sensasi yang lebih sporty.

Kekurangan Transmisi Manual

    • Menggunakan mobil dengan transmisi manual ini kurang simpel, karena harus menginjak kopling.
    • Membutuhkan penyesuaian atau pengalaman berkendara untuk melibas semua medan ekstrem atau tanjakan.
    • Pada kondisi lalu lintas macet, untuk kaki pengemudi bisa lebih cepat merasa pegal.
    • Tidak dapat diinjak secara terus menerus dan harus bisa bermain setengah kopling.
  1. Transmisi Otomatis Konvensional

Jenis-jenis transmisi mobil kedua adalah otomatis konvensional. Pada jenis transmisi yang satu ini mempunyai cara kerja dengan torque converter. Artinya, untuk tenaga yang dihasilkan oleh mesin ini akan diubah menjadi energi kinetik.

Torque converter merupakan komponen yang nantinya bisa menyalurkan energi ke driveshaft. Selain itu, untuk transmisi AT dengan torque converter ini juga sama seperti kendaraan transmisi manual.

Di dalam dunia otomotif, untuk jenis transmisi yang satu ini dinilai masih menjadi satu pilihan paling favorit. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan pada jenis-jenis transmisi mobil yang satu ini.

Kelebihan Transmisi Otomatis Konvensional

    • Mempunyai cara kerja lebih responsif.
    • Bisa lebih membantu dalam meningkatkan performa pada mobil.
    • Cara penggunaan nya juga lebih simpel.

Kekurangan Transmisi Otomatis Konvensional

    • Mempunyai konsumsi bahan bakar yang lebih boros.
    • Untuk model yang diberikan sudah ketinggalan zaman.
    • Mempunyai perawatan yang lebih terutama pada komponen oli matic.
  1. Transmisi Otomatis CVT

Untuk jenis-jenis transmisi mobil selanjutnya, yaitu otomatis Continuous Variable Transmission (CVT). Pada transmisi yang satu ini sudah menggunakan pulley dan memang lebih fokus terhadap konsumsi bahan bakar.

Pada transmisi matic CVT, biasanya terdapat juga sepasang pulley yang mempunyai cara kerja mengikuti putaran mesin mobil. Selain itu, pulley juga akan disambungkan dengan sabuk baja supaya tetap bisa bergerak.

Transmisi otomatis CVT ini sudah sangat populer, karena konsumsi bahan bakar yang dihasilkan mobil lebih baik. Ketika dibandingkan dengan torque converter tentunya mempunyai perbedaan yang amat sangat jauh. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan pada saat menggunakan transmisi otomatis CVT.

Kelebihan Menggunakan Transmisi Otomatis CVT

    • Proses perpindahan gigi bisa lebih halus dibandingkan dengan transmisi mobil matic jenis lainnya.
    • Lebih nyaman untuk dipergunakan.
    • Suara mesin tidak bising.
    • Konsumsi bahan bakar lebih irit.
    • Putaran mesin juga bisa lebih terjaga dengan baik.

Kekurangan Menggunakan Transmisi Otomatis CVT

    • Pada saat dilakukan untuk berkendara, kendaraan terasa lebih lemot.
    • Tidak cocok dipergunakan bagi Anda yang suka ugal-ugalan di jalan.
    • Pergantian oli wajib dilakukan secara berkala.
    • Kurang cocok dipergunakan untuk melewati tanjakan yang tajam.

Baca Juga: Apa Itu Transmisi CVT pada Mobil?

  1. Transmisi Dual Clutch (DCT)

Jenis-jenis transmisi mobil selanjutnya, yaitu Dual Clutch Transmission (DCT). Pada jenis transportasi satu ini bisa dipilih secara manual atau diotomatisasi. Sesuai dengan namanya, DCT adalah jenis transmisi yang sudah menggunakan dua kopling ganda.

Pada komputer atau ECU yang nantinya bisa mengendalikan langsung perpindahan gigi. Kedua kopling ini juga mempunyai tanggung jawab atas gigi yang berbeda-beda. Satu untuk gigi ganjil dan satunya lagi gigi genap.

Artinya, untuk perpindahan gigi ini bisa terjadi secara lebih sigap lagi. Di Indonesia, untuk jenis transmisi DCT ini memang sangat jarang sekali untuk ditemukan. Bahkan, banyak dari kalangan masyarakat yang kurang suka dengan jenis transmisi tersebut.

Biasanya, untuk mobil yang menggunakan transmisi DCT ini berasal dari pabrikan Eropa. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan pada saat menggunakan jenis-jenis transmisi mobil DCT.

Kelebihan Transmisi DCT

    • Akselerasi yang dipergunakan lebih responsif dan hampir sama dengan mobil sport.
    • Lebih nikmat untuk di kendari, apalagi di saat ugal-ugalan.
    • Dapat meningkatkan performa mobil menjadi lebih baik lagi.
    • Perpindahan gigi bisa berlangsung lebih cepat.

Kekurangan Transmisi DCT

    • Bobot transmisi yang diberikan oleh mobil tersebut lebih berat.
    • Ketika ada salah satu komponen yang rusak, maka untuk perbaikan yang dilakukan juga sangat besar.
    • Terasa kurang nyaman, ketika dipergunakan pada saat kondisi jalanan macet.

Untuk semua jenis-jenis transmisi mobil yang sudah disebutkan diatas ini bisa ditemui di Negara Indonesia. Bahkan, untuk kalangan masyarakat Indonesia sudah banyak juga yang menggunakan kendaraan di salah satu jenis transmisi tersebut.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai jenis-jenis transmisi mobil. Besar harapan dengan adanya penjelasan di atas bisa membantu memberikan informasi lebih banyak perihal transmisi mobil.

Apabila terjadi permasalahan pada sistem transmisi mobil, selalu hati-hati dalam memilih bengkel transmisi karena penanganannya yang cukup kompleks. DOMO Transmisi dari Dokter Mobil bisa menjadi salah satu pilihan yang bisa Anda coba. Menggunakan peralatan berteknologi canggih serta teknisi yang ahli, DOMO Transmisi juga telah melalui serangkaian riset dan pengembangan yang dibawa langsung oleh dari Malaysia.

Segera reservasi DOMO Transmisi sekarang untuk atasi permasalahan transmisi mobil sekarang melalui WhatsApp pada nomor 088212440591 atau hubungi disini untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan yang ada hingga diskon menarik yang ditawarkan. Anda juga bisa langsung kunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari wilayah Anda.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.