Pedal Gas Mobil Bergetar? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Pedal Gas Mobil Bergetar

Pedal gas mobil bergetar merupakan hal yang berbeda dengan mobil yang bergetar ketika pertama kali dinyalakan ketika pertama kali menyalakan mobil dan mobil bergetar selama beberapa detik itu cukup wajar.

Namun jika yang bergetar tersebut adalah pedal gas mobil yang mana benda gas mobil bergetar dalam waktu yang tidak sedikit bahkan dapat dibilang cukup lama maka jika terjadi hal seperti itu Anda perlu untuk memeriksakan mobil Anda ke bengkel terdekat.

Karena mungkin terjadi sesuatu yang tidak beres pada mobil Anda. Sehingga Anda perlu mengecekkan mobil tersebut sejak dini sebelum terjadi hal-hal yang lebih buruk.

Suatu fenomena pedal gas mobil bergetar merupakan sesuatu yang sudah tidak wajar. Dan Anda perlu untuk membawa mobil ke bengkel jika terjadi hal-hal seperti itu.

Biasanya penyebab dari bergetarnya pedal gas mobil ini karena RPM yang rendah. Yang mana RPM yang rendah ini merupakan suatu tanda dari kerusakan salah satu komponen dari mobil.

Penyebab Terjadinya Pedal Gas Mobil Bergetar

Penyebab Terjadinya Pedal Gas Mobil Bergetar

Pedal gas mobil bergetar karena terjadinya beberapa hal. Yang mana beberapa hal tersebut terkadang berkaitan dengan performa mesin kampas kopling, fungsi, ban, dan lain sebagainya.

Yang mana jika salah satu saja dari penyebab terjadinya pedal gas mobil bergetar ini terjadi, maka Anda harus melakukan proses pengecekan atau bahkan perbaikan di bengkel terdekat.

Adapun adanya pedal gas mobil bergetar itu karena beberapa alasan. Adapun penyebab-penyebab gas mobil bergetar yaitu sebagai berikut.

RPM dalam Keadaan Rendah Penyebab Pedal Gas Mobil Bergetar

Penyebab pada gas mobil bergetar yang pertama yaitu RPM yang rendah. Pada fase normal RPM yang berpacu dengan putaran mesinnya berkisar antara 750 hingga 1500 RPM.

Namun jika RPM tersebut turun dari kisaran 750- dengan 1500 RPM maka kondisi mobil tersebut diindikasi mempunyai masalah. Misalnya seperti terjadi kerusakan yang dialami pada komponen tertentu yang ada di dalam mobil tersebut.

Shockbreaker dalam Keadaan Rusak

Penyebab lain dari pedal gas mobil bergetar selain RPM dalam keadaan rendah yaitu shockbreaker nya dalam keadaan rusak.

Yang mana jika shockbreaker tersebut rusak maka ketika Anda menginjak pedal gas saat pertama kali ketika mobil dinyalakan maka mobil tersebut akan bergetar padahal belum berjalan.

Menyinggung perihal shockbreaker, shockbreaker ini adalah salah satu komponen di dalam mobil yang memiliki fungsi untuk meredam getaran ketika mesin dinyalakan tinggal sampai mesin tersebut melaju.

Jadi jika Anda merasa mobil Anda bergetar bahkan ketika mobil belum melaju maka shockbreaker yang terdapat di mobil Anda tidak bekerja dengan baik dan tidak dapat meredam getaran yang terjadi pada mobil tersebut. Sehingga dapat diindikasi bahwa shockbreaker tersebut mengalami kerusakan.

Kerusakan akan berada pada tahap yang lebih parah jika mobil masih bergetar padahal mobil tersebut sudah melaju bahkan melaju dalam keadaan cepat.

Jika terjadi getaran pada mobil ketika di gas atau bahkan ketika melaju segera bahwa mobil Anda ke bengkel terdekat untuk melakukan perbaikan.

Salah Satu Busi Mobil Mengalami Kerusakan

Pada umumnya jumlah besi yang terdapat di dalam mobil yaitu ada empat. Yang mana ke semua dari busi tersebut bekerja sama untuk menciptakan performa yang baik untuk mobil.

Busi mobil ini sendiri memiliki fungsi untuk memberikan performa yang terbaik ketika pemilik mobil tersebut melakukan akselerasi mobil.

Sehingga busi mobil ini patut untuk dicurigai ketika Anda merasakan benda gas mobil bergetar saat melakukan akselerasi atau saat menyalakan mobil untuk pertama kali. Anda bisa mengecek keseluruhan antara empat busi tersebut.

Kemungkinan salah satu atau bahkan lebih dari busi tersebut mengalami kerusakan. Karena jika busi tersebut dalam keadaan baik maka mobil tidak akan bergetar saat di gas karena besi dapat meredamnya dengan performa yang baik.

Maka jika pedal gas mobil bergetar maka segeralah periksakan busi dan segeralah untuk menggantinya jika terjadi kerusakan sebelum mengalami rusak yang parah.

Piston Mobil Aus

Salah satu penyebab lain dari pedal gas mobil bergetar yaitu piston mobil yang mengalami kehausan atau dengan kata lain sistem mengalami kekeringan. Karena piston ini sendiri merupakan salah satu komponen mobil yang harus senantiasa basah dan tidak boleh kering.

Adapun penyebab piston mobil mengalami kehausan atau piston mobil kering yaitu karena mobil yang sering dikendarai dengan kecepatan yang cukup tinggi. Karena memang piston mobil akan jadi cepat kering ketika mobil cukup sering untuk dikendarai dengan kecepatan yang tinggi.

Maka hal yang terjadi jikaasisten mobil mengering maka terjadi penurunan performa tenaga mesin pada mobil yang dapat membuat pedal gas mobil bergetar ketika ataupun ketika mobil berjalan titik maka ketika terjadi hal tersebut segeralah periksa piston mobil Anda.

Cengkraman Engine Mount Melemah

Penyebab dari pedal gas mobil bergetar yang lain yaitu cengkraman engine mount yang melemah.

Yang mana komponen ini berfungsi untuk menjaga mobil agar tetap di dalam posisi ketika mesin mobil sudah dinyalakan. Bahkan komponen ini juga berfungsi untuk membuat mobil tetap diam saat mobil bergerak dengan kekuatan cengkramannya yang kuat.

Maka jika Anda mengalami pedal gas mobil yang bergetar ketika mesin mobil dinyalakan atau ketika mobil tersebut bergerak, Anda perlu melakukan pengecekan pada komponen ini karena bisa saja komponen ini mengalami kerusakan.

Ausnya Karet Penahan yang Ada pada Kap Mesin Mobil

Penyebab lain yang bisa terjadi yang mana dapat menyebabkan pedal gas mobil bergetar yaitu ausnya karet penahan yang terdapat pada kap mesin mobil itu sendiri.

Karena jika karet penahan yang ada pada kap mesin mobil tersebut aus atau rusak Maka tidak ada yang melindungi mesin mobil dari gangguan yang berasal dari luar.

Padahal mesin mobil tersebut harus disertai menggunakan alat penahan yang mana karet penahan tersebut memiliki peran untuk menutupi kap mesin dengan rapat sehingga dapat menahan pedal gas mobil untuk bergetar.

Dan hal yang terjadi ketika karet penahan tersebut aus atau rusak yaitu mobil menjadi bergetar ketika dinyalakan atau ketika mobil tersebut dijalankan.

Dan biasanya yang menyebabkan karet penahan pada mesin mobil tersebut rusak atau aus yaitu karena sering terpapar oleh panasnya mesin tersebut.

Dengan ausnya karet penahan pada sikap mesin mobil maka getaran yang dialami mesin tidak akan terendam sehingga akan terasa sampai penumpang mobil itu sendiri.

Tentu tidak nyaman menumpang mobil pada mobil yang bergetar. Apakah segeralah periksa karet penahan pada kap mesin mobil Anda jika terjadi getaran untuk mendapatkan kenyamanan.

Cara yang Dilakukan untuk Mengatasi Pedal Gas Mobil Bergetar

Untuk mengatasi masalah perihal pedal gas mobil bergetar dapat dilakukan dengan cara mencari sumber penyebab mobil tersebut bergetar.

Dan jika sumber masalahnya sudah ditemukan maka Anda bisa memperbaikinya sesuai dengan kerusakan dari komponen mana yang menyebabkan mobil tersebut mengalami getaran ketika mesin dinyalakan.

Biasanya penyebab mobil bergetar itu karena RPM yang rendah, shockbreaker yang mengalami kerusakan, busi mobil yang mengalami kerusakan, piston yang mengalami kehausan atau piston dalam keadaan kering, cengkraman engine yang melemah, atau karet penahan pada kap mobil yang semakin aus.

Anda bisa mengecek komponen-komponen itu satu persatu dan melihat komponen mana yang mengalami kerusakan.

Dan jika Anda tidak menemukan kesalahan yang terjadi mungkin Anda bisa membawa mobil tersebut ke bengkel untuk mendapatkan penanganan.

Atau mungkin saja mobil anda bergetar karena servis mobil atau perbaikan mobil yang baru-baru ini Anda lakukan. Jika iya segeralah melakukan servis ulang karena mungkin setelan pada mobil anda kurang tepat sehingga pedal gas mobil bergetar. Silahkan hubungi admin melalui WhatsApp pada nomor 0882-1244-0591 atau hubungi disini.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.