5 Penyebab Tuas Persneling Mobil Oblak

Tuas Persneling Mobil Oblak

Tuas persneling mobil oblak atau bukan merupakan masalah yang sesuai dan perlu penanganan secara cepat dan khusus. Tuas persneling mobil oblak atau longgar ini biasanya terjadi pada mobil bertransmisi manual yang sudah digunakan selama bertahun-tahun. Terlebih lagi pada mobil yang jarang mendapatkan perawatan yang baik dari pemiliknya. Maka mobil tersebut paling rawan terjadinya tuas persneling mobil oblak atau longgar.

Tuas persneling mobil oblak atau longgar ini dapat membuat tuas mobil atau tuas persneling menjadi tidak bisa diam dan mudah untuk bergerak-gerak ke kiri, ke kanan, ke depan, atau ke belakang. Sehingga tuas akan mudah bergetar dan lebih sulit untuk dikendalikan daripada tuas persneling yang normal dan tidak mengalami oblak atau longgar. Adapun di bawah ini akan dijelaskan sedikit mengenai tuas persneling mobil oblak atau longgar yang dapat membuat perseneling bergetar dan mudah bergerak ke sana ke mari. Simaklah penjelasan-penjelasan berikut agar tidak salah dalam menilai.

Tuas Persneling Mobil Oblak

Masalah Tuas Persneling Mobil Oblak

Tuas perseneling mobil oblak merupakan salah satu kondisi gangguan yang terdapat pada tuas persneling. Hal tersebut dibilang sangat mengganggu karena membuat tuas persneling menjadi lebih sulit dikendalikan dibandingkan jika tuas persnneling dalam keadaan normal. Maka dari itu perlu beberapa upaya di dalam mengatasi tuas persneling mobil yang oblak ini. Misalnya dengan mengetahui dan menghindari apa saja penyebab tuas persneling mobil oblak.

Namun sebelum itu apakah Anda tahu apa itu tuas persneling mobil? Tuas persneling mobil yaitu komponen tuas transmisi yang mengontrol dan memiliki fungsi untuk mengatur gigi-gigi yang terdapat pada mobil. Biasanya tuas persneling mobil ini terdapat di bagian tengah antara kursi pengendara dengan jok di sebelahnya.

Tuas persneling ini mampu mengontrol kendaraan untuk bergerak mundur, bergerak di jalan yang menurun, bergerak di jalan yang menanjak, berhenti dalam keadaan mesin menyala, dan lain sebagainya. Tuas persneling ini juga lah yang dapat membantu memudahkan perpindahan gigi sesuai dengan yang diinginkan oleh pengemudi tersebut.

Hal yang sering terjadi pada tuas perseneling mobil di dalam mobil tua terutama mobil jenis biasa yang bertransmisi manual yaitu tuas persneling mobil oblak atau longgar yang dapat mengganggu proses berkendara karena tidak nyamannya dalam memindahkan gigi. Adapun perpindahan gigi tersebut dikatakan tidak nyaman karena tuas persneling mobil tersebut mudah bergerak dan bergetar ke kanan, ke kiri, ke depan, ataupun ke belakang.

Baca Juga: Merawat Transmisi Mobil Untuk Performa Mobil yang Lebih Baik

Penyebab Tuas Persneling Mobil Oblak

Kerusakan Bushing Tuas Persneling

Bushing tuas persneling merupakan salah satu dari hal-hal pokok di dalam kelas persneling mobil. Yang mana kerusakan dari komponen tuas persneling ini memang paling sering dijumpai dalam penyebab tuas persneling mobil oblak atau longgar. Hal ini menjadi sesuatu yang paling umum terjadi sehingga Anda dihimbau untuk memeriksa bagian ini terlebih dahulu dalam mengecek tuas persneling sebelum memeriksa di bagian-bagian yang lain.

Fungsi dari komponen ini sendiri yaitu untuk mempererat dari akarnya dan berfungsi untuk menahan getaran getaran dari mesin yang datang ke tuas persneling. Komponen tuas persneling ini memiliki bentuk dan kondisi yang baik jadi jika Anda menemukan komponen ini dengan kondisi yang sudah buruk bahkan retak-retak dan hancur maka segeralah Ke bengkel untuk mengganti bushing tuas persneling ini. Atau jika tidak membawanya ke bengkel Anda bisa menggantinya sendiri yaitu dengan cara membuka karet boot transmisi dan membuka baut yang digunakan untuk tutup tuas. Lalu yang harus Anda lakukan selanjutnya yaitu melepas plat dan mengunci tuas dan yang terakhir membersihkan bagian tersebut jika terdapat kotoran-kotoran yang menempel, lalu Anda bisa mengganti bushing yang rusak tersebut dengan bushing yang baru.

Macetnya Kabel Tuas

Penyebab persneling mobil oblak juga bisa terjadi karena macetnya kabel tuas. Sebenarnya sekarang ini sudah jarang mobil yang menggunakan kabel sebagai penghubung tuasnya. Namun karena permasalahan tuas persneling mobil oblak ini sering terjadi di mobil lama cukup besar kemungkinan tuas pendingin mobil oblak ini terjadi karena macetnya kabel tuas tersebut.

Tuas persneling mobil oblak terjadi karena macetnya kabel yang mana kabel tersebut kering sehingga membuat kabel menjadi seret dan macet. Ketika kabel tidak berfungsi dengan baik biasanya akan cukup sulit dan terasa berat atau keras ketika akan mengganti gigi. Jika terjadi keadaan seperti itu jangan dipaksakan dan segeralah bawa mobil ke bengkel terdekat.

Selain itu, kabel tuas juga terkadang mengendur sehingga membuat ikatannya pada tuas persneling mobil menjadi longgar dan objek sehingga tuas persneling mobil mudah bergerak ke kanan atau ke kiri.

Udara Terjebak di Pipa Master Kopling

Sistem kerja menggunakan kopling menganut sistem hidrolik yang mana sistem tersebut mempunyai kekurangan di mana kondisi udara ketika masuk ke pipa master kopling tersebut akan menghambat tekanan cairan yang terjadi sehingga transmisi mobil tidak berjalan dengan lancar dan menimbulkan beberapa gangguan seperti getaran atau hal lain yang tidak diinginkan.

Hal tersebut dapat menjadi penyebab tuas persneling mobil oblak atau longgar sehingga tidak nyaman dan tidak mudah untuk digunakan karena sering bergerak ke kiri dan ke kanan. Hal tersebut tentu akan membuat Anda kesulitan untuk mengatur transmisi dan menggunakan tuas persneling mobil tersebut karena longgarnya tuas persneling mobil. Biasanya hal ini terjadi karena pipa-pipa tersebut dilepas atau bisa juga terjadi karena pipa-pipa tersebut bocor dan yang dapat Anda lakukan ketika terjadi hal seperti itu yaitu mengeluarkan udara yang masuk dengan mengeluarkan minyak yang terdapat di pipa tersebut lebih dahulu.

Kampas Kopling yang Kian Menipis

Kampas kopling yang kian menipis dapat menyebabkan tuas persneling mobil oblak. Harus diingat bahwa kampas kopling ini merupakan salah satu komponen dari kopling yang sangat mudah. Apalagi jika sering bergesekan ketika mesin sedang menyala.

Akibat yang terjadi jika kampas kopling menipis adalah tuas persneling yang longgar dan bergetar yang mana getaran tersebut bahkan dapat menimbulkan bunyi yang berisik dan mengganggu.

Maka dari itu jika Anda menemukan tanda-tanda kampas kopling kian menipis segeralah bawa mobil Anda ke bengkel terdekat untuk mengganti kapas kopling tersebut.

Ausnya Ring Sinkromes

Ring sinkromes ini merupakan salah satu komponen dari tuas persneling yang sangat jarang diketahui oleh orang-orang awam. Meski begitu komponen ini merupakan komponen yang sangat penting di dalam tuas persneling. Bahkan jika komponen ini sudah rusak atau mengalami aus maka akan berdampak tuas persneling mobil oblak.

Setelah mengetahui beberapa penyebab tentang tuas persneling mobil oblak maka diharapkan Anda dapat lebih berhati-hati dan menghindari penyebab-penyebab tersebut untuk menjaga tuas persneling mobil Anda tetap dalam kondisi yang baik.

Maka dari itu perlu untuk melakukan beberapa pengecekan secara berkala ke bengkel mobil untuk menghindari kerusakan kerusakan yang terjadi terhadap mobil. Terutama untuk bagian tuas persneling mobil ini.

Dan mungkin jika tuas persneling mobil Anda sudah rusak. Anda tidak perlu mengkhawatirkannya karena sekarang ini bengkel-bengkel sudah canggih untuk dapat memperbaikinya bahkan menjadi seperti baru. Layanan DOMO Transmisi dari Dokter Mobil bisa jadi solusi andalan untuk atasi tuas persneling mobil oblak.

Layanan perawatan dan perbaikan sistem transmisi dari Dokter Mobil ini ditangani oleh peralatan berteknologi mutakhir dan teknisi yang ahli. Selain itu, telah teruji riset dan pengembangannya sehingga kualitas layanan DOMO Transmisi memang sangat terjamin.

Segera reservasi layanan DOMO Transmisi sekarang melalui WhatsApp pada nomor 088212440591 atau klik disini  untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan DOMO Transmisi. Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari lokasi kediaman Anda untuk rasakan langsung layanan DOMO Transmisi.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.