Merawat Transmisi Mobil Untuk Performa Mobil yang Lebih Baik

Mengapa Harus Merawat Transmisi Mobil

Merawat transmisi mobil merupakan sesuatu hal yang sangat perlu untuk dilakukan karena dapat berakibat pada performa mobil itu sendiri. Jika Anda melakukan pengecekan secara berkala dan rutin melakukan perawatan terhadap transmisi mobil maka mobil akan memiliki performa yang baik dan dapat bekerja secara maksimal. Sebaliknya, jika Anda sangat jarang melakukan pengecekan bahkan tidak merawat transmisi mobil maka performa mobil akan buruk dan mobil tidak akan bekerja maksimal saat digunakan bahkan dapat berakibat terhadap rusaknya transmisi mobil.

Merawat transmisi mobil ini bukan merupakan sesuatu hal yang dapat disepelekan karena transmisi mobil ini merupakan komponen yang penting dari suatu kendaraan bermotor terutama mobil. Adapun untuk cara merawat transmisi mobil ini sendiri ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Diantaranya yaitu sebagai berikut.

Apa Itu Transmisi Mobil?

Sebelum beranjak pada tahap merawat transmisi mobil Anda perlu tahu apa itu transmisi mobil. Karena tentu akan sangat membingungkan jika merawat sesuatu hal yang tidak diketahui apa yang dimaksud hal tersebut.

Transmisi mobil adalah sistem yang berguna untuk memindahkan tenaga ataupun energi dari mesin ke roda penggerak atau gigi. Transmisi mobil ini sangat penting untuk performa mobil dan dapat mengubah kecepatan laju mobil tersebut.

Transmisi mobil memiliki fungsi untuk mengendalikan jalannya atau pengoperasian kendaraan. Baik mundur, mempercepat kecepatan, menghentikan kendaraan saat mesin-mesin menyala, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Kenali Lebih Dekat Apa Itu Transmisi Mobil

Mengapa Harus Merawat Transmisi Mobil?

Haruskah Merawat Transmisi Mobil

Sebelum merawat transmisi mobil perlu adanya kesadaran diri untuk merawat sistem tersebut. Karena dengan adanya kesadaran merawat transmisi mobil ini maka pemilik mobil akan rutin melakukan perawatan dan lebih semangat karena tahu apa saja hasil yang bisa didapatkan dengan merawat transmisi mobil. Berbeda halnya dengan orang yang tidak tahu apa pentingnya merawat transmisi karena dengan ketidaktahuan tersebut maka mereka akan berpikir untuk apa merawat transmisi mobil. Maka dari itu Anda perlu mengetahui alasan-alasan kenapa Anda harus merawat transmisi mobil dan kenapa perawatan terhadap transisi mobil ini menjadi sesuatu hal yang sangat penting.

Adapun pentingnya merawat transmisi mobil ini adalah untuk menjaga ketahanan transmisi mobil agar tetap tahan lama dan tetap memiliki performa yang baik meski sudah digunakan selama bertahun-tahun. Dengan begitu performa mobil akan memiliki performa seperti mobil baru. Selain itu, merawat transmisi mobil ini penting untuk mencegah kerusakan-kerusakan secara dini. Juga untuk menghindari terjadinya kerusakan parah yang akan membuat Anda mengeluarkan banyak biaya untuk memperbaiki komponen dari transmisi mobil jika kerusakan parah tersebut terjadi.

Keunggulan lain dari melakukan perawatan transmisi mobil ini adalah mesin yang semakin enak digunakan sehingga dalam mengendarai mobil itu sendiri dapat merasa nyaman dan tenang. Berikut ini adalah rangkaian langkah merawat transmisi mobil agar performa mobil selalu optimal.

Pastikan Transmisi Mobil pada Posisi Yang Tepat

Posisi transmisi mobil menjadi hal yang penting dalam tahapan merawat transmisi mobil. Yang mana dalam hal ini pengendara harus memposisikan transmisi mobil dalam posisi yang tepat. Posisikan arah transmisi tepat pada simbol-simbol yang terdapat di dalam transmisi tersebut. Selain itu, gunakanlah beberapa jenis atau pilihan transmisi sesuai dengan yang Anda kehendaki atau yang Anda butuhkan.

Adapun transmisi mobil ini memiliki beberapa fungsi tersendiri yang mana fungsi-fungsi tersebut harus Anda pahami agar dapat mengarahkan tuas pada transmisi yang Anda inginkan. Adapun beberapa fungsi transmisi tersebut memiliki simbol yang berbeda-beda tiap tipe mobil. Yang mana simbol dari transmisi tersebut dapat anda baca dan pelajari dari buku pedoman yang akan Anda dapatkan ketika membeli mobil. Anda harus mempelajari buku pedoman itu baik-baik karena informasi yang terdapat di dalam buku tersebut dapat sangat membantu anda untuk mengetahui cara yang benar dalam menggunakan mobil terutama pada bagian transmisi mobil tersebut.

Sedangkan beberapa jenis transmisi yang biasanya terdapat di dalam suatu mobil yaitu mundur, netral, pengendaraan normal, posisi pengereman mesin, posisi dari pengereman mesin yang berlebih, dan posisi pengereman mesin yang maksimal.

Merawat Transmisi Mobil dengan Rutin Mengganti Oli Transmisi dan Mengeceknya Secara Berkala

Sebagai pelumas, oli menjadi hal yang penting untuk melumasi mesin agar dapat bekerja dengan lembut dan mengurangi panas pada mesin. Sehingga mengganti oli transmisi secara rutin merupakan tindakan merawat transmisi mobil yang sangat penting untuk dilakukan.

Adapun dalam mobil itu sendiri terdapat dua jenis oli. Yang pertama yaitu oli mesin biasa yang biasanya diganti setelah digunakan dalam jarak tempuh selama 10.000 km. Dan yang kedua ada oli transmisi yang mana jenis oli ini dalam pergantiannya relatif lebih lama dibandingkan dengan oli biasa yaitu diganti setelah menempuh perjalanan selama 80.000 km.

Oli ini menjadi hal yang sangat inti di dalam transmisi karena senyawa transmisi itu sendiri bergantung terhadap olinya yang menjadi tekanan hidrolik untuk mesin transmisi. Selain itu hari ini juga berfungsi untuk melunasi mesin transmisi agar mesin-mesin tersebut berfungsi secara maksimal baik dan lancar.

Anda juga perlu melakukan pengecekan secara berkala untuk menghindari oleh transmisi tersebut habis yang mana jika oli tersebut habis maka mesin akan kering dan cepat rusak. Atau Anda juga bisa menjadwalkan penggantian oli agar lebih terjamin untuk perawatannya.

Gaya Berkendara Juga Menjadi Pertimbangan dalam Merawat Transmisi Mobil

Ternyata gaya berkendara ini menjadi sesuatu hal yang berpengaruh terhadap transmisi mobil. Yang mana untuk menjaga transmisi mobil tetap baik maka harus disertai dengan gaya berkendara yang baik pula.

Sebagai contoh mobil matic yang memang diciptakan untuk memberi kenyamanan terhadap pengendaranya. Mobil ini tidak cocok digunakan untuk perubahan kecepatan yang mendadak seperti langsung mengebut atau yang lainnya. Namun bukan berarti mobil matic ini tidak dapat digunakan untuk mengebut karena sudah banyak mobil matic yang memiliki performa baik yang cocok untuk ngebut. Hanya saja dalam mengebut itu sendiri dilakukan dengan percepatan yang konstan, perlahan dan tidak tiba-tiba.

Yang tidak boleh dilakukan yaitu menginjak pedal gas secara tiba-tiba dan dalam untuk menambah kecepatan mobil. Dan sekarang ini masih banyak dijumpai orang-orang yang melakukan kick down alias menginjak pedal gas secara tiba-tiba saat menemukan tanjakan di depannya. Dengan gerakan tiba-tiba tersebut akan mengakibatkan terjadinya gesekan kampas kopling yang semakin keras dan dapat berakibat rusaknya kopling itu sendiri.

Tidak Sembarangan Mendorong Mobil

Ketika mobil mogok maka hal yang biasanya dilakukan oleh orang-orang yaitu mendorong mobil tersebut untuk mencari sebuah bengkel hingga ke tempat bengkel tersebut berada. Terkadang juga orang-orang mendorong mobil mogok dengan tujuan agar mesin tersebut menyala sehingga mobil bisa hidup kembali.

Padahal di dalam mesin mobil itu sendiri terdapat transmisi yang memerlukan pelumasan untuk berjalan dan perlu makan itu sendiri hanya bisa terjadi ketika mesin mobil menyala. Sehingga yang terjadi jika mobil sedang mogok dan Anda mendorongnya maka yang terjadi akan membuat mesin mobil tersebut mengalami kerusakan karena tidak memiliki pelumas sama sekali.

Sedangkan untuk mengatasi mobil mogok yang berada jauh dari bengkel, Anda bisa mendorongnya dengan beberapa cara yang lebih dapat membuat mobil dalam keadaan aman. Misalnya yaitu mendorong dengan posisi transmisi ke arah N.

Percayakan Layanan DOMO Transmisi di Dokter Mobil

Pemilihan bengkel spesialis transmisi memang cenderung tricky. Karena apabila salah memilih bengkel, alih-alih merawat transmisi mobil justru malah semakin merusak transmisi mobil. Maka dari itu, selalu pilih bengkel spesialis transmisi mobil terpercaya, seperti DOMO Transmisi.

Layanan terkini untuk atasi permasalahan transmisi mobil dari Dokter Mobil ini menggunakan peralatan canggih berteknologi tinggi serta ditangani langsung oleh para teknisi yang sudah sangat ahli di bidang ini. Selain itu, DOMO Transmisi telah melalui riset dan pengembangan cukup panjang yang dibawa langsung dari Negeri Jiran, Malaysia, sehingga kualitasnya sudah sangat teruji.

Jadi tak usah khawatir, percayakan saja DOMO Transmisi untuk atasi masalah transmisi mobil kesayangan Anda dengan reservasi layanan DOMO Transmisi sekarang melalui WhatsApp pada nomor 088212440591 atau hubungi disini untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan ini hingga diskon-diskon menarik yang ditawarkan untuk layanan lainnya. Anda juga bisa langsung kunjungi cabang Dokter Mobil terdekat untuk nikmati langsung layanan dari DOMO Transmisi.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.