Kenali Fungsi Tombol di Tuas Transmisi Matic

Fungsi Tombol di Tuas Transmisi Matic

Anda baru memiliki Mobil Matic atau mungkin sudah memiliki tapi belum mengetahui Fungsi Tombol di Tuas Transmisi Matic.

Kali ini kita akan membahas apa saja fungsi Tombol di Taus Transmisi Mobil Matic, ini informasi penting untuk kalian agar tidak salah menggunakan mode atau perpindahan gigi.

Fungsi Tombol di Tuas Transmisi Matic

Inilah Fungsi Tombol di Tuas Transmisi Matic, Apa saja?

  1. Tombol P (Parkir)

Salah satu Fungsi Tombol di Tuas Transmisi Matic yaitu Tombol P, Ini merupakan tombol yang sering anda gunakan ketika ingin berhenti dan memrkirkan mobil matic anda,

Dengan menggunakan Tombol P, transmisi akan terkunci, sehingga kendaraan tidak akan bergerak meskipun tanpa tuas rem tangan.

Tombol P sangat berguna saat Anda ingin berhenti sejenak tanpa harus khawatir kendaraan akan bergeser.

Baca Juga: Langkah-langkah Cara Memakai Tuas Transmisi Mobil Matic

  1. Tombol R (Reversi)

Tombol R pada Tuas Transmisi berguna untuk mundur, hal ini untuk memindahkan mobil anda mundur kebelakang.

Ketika digunakan, transmisi akan memindahkan gigi ke posisi mundur, hal ini akan memberikan mundur dengan nyaman tanpa perlu khawatir tentang mengganti gigi.

  1. Tombol N (Netral)

Tombol Netral pada mobil matic akan membuat kendaraan anda bebas dari gigi, ini memudahkan ada saat memindahkan mobil anda ketika parkir di tempat yang sempit.

  1. Tombol Drive

Tombol D merupakan tombol yang paling sering anda gunakan, ini adalah mode berkendara normal di mana transmisi akan otomatis berpindah gigi sesuai dengan kecepatan dan kondisi jalan.

Dengan menggunakan tombol ini, Anda dapat menikmati perjalanan tanpa perlu repot-repot mengganti gigi secara manual.

  1. Tombol Low

Tombol Low pada mobil matic sangat cocok digunakan saat Anda ingin lebih mengontrol kecepatan kendaraan pada turunan atau jalan menurun.

Mode ini membuat transmisi berada pada gigi yang lebih rendah, sehingga kendaraan tidak terlalu cepat melaju saat menuruni tanjakan curam.

  1. Tombol Sport

Kebanyakan Mobil Matic saat ini sudah dilengkapi Mode Sport, Mode ini akan memberikan akselerasi yang lebih responsif. Ini bisa dipergunakan oleh anda jika ingin merasakan sensai yang lebih kencang.

Nah saat ini kalian sudah mengetahui Fungsi Tombol di Tuas Transmisi Matic, Nah Apakah Tombol Transmisi bisa Rusak?

Kerusakan yang terjadi pada Tombol Transmisi

Tentu saja bisa, Apa Saja kerusakan yang dapat terjadi pada Tombol Transmisi Mobil Matic.

  • Kerusakan pada Sensor, Saat ini banyak sensor dan komponen elektronik yang berperan dalam mengatur pergantian gigi secara otomatis. Nah, kadang-kadang ini bisa menjadi pemicu kerusakan juga. Jika ada masalah pada sensor atau sistem kontrol elektroniknya, bisa-bisa transmisi kamu jadi bingung dan nggak tahu harus pindah gigi ke mana.

 

  • Solenoid Transmisi yang rusak, Solenoid adalah komponen yang sebenarnya mengontrol aliran cairan transmisi untuk memindahkan gigi. Kalau solenoidnya bermasalah, bisa jadi anda mengalami masalah dalam pergantian gigi.

 

  • Kerusakan pada Valve Body, Ini merupakan salah satu kendali pada transmisi, jika mengalami kerusakan bisa menyebabkan perpindahan gigi jadi berantakan dan menyebabkan tidak nyaman saat digunakan.

 

  • Rusaknya Fluida Transmisi, Tuas Transmisi bisa mengalami kerusakan jika fluida transmisi itu kotor atau berkurang, Solusinya? Anda lakukan pengecekan secara berkala.

Solusi Kerusakan Tuas Transmisi Matic?

Kalau anda mengalami kerusakan, Kami sarankan kepada anda untuk segera ditangani sebelum kerusakannya makin parah.

Anda bisa datang ke Bengkel Spesialis Mobil Matic yaitu Domo Transmisi yang berada di Jalan Pegangsaan Dua No.88D, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jakarta Utara.

Sebelum datang anda bisa melakukan reservasi melalui WhatsApp pada nomor 0882.1244.0591, agar kedatangan kalian tidak terkena antre.

Hubungi admin melalui Aplikasi WhatsApp untuk kedatangan ke Domo Transmisi, bagi anda yang tidak membawa uang tunai tidak perlu khawatir.

Domo Transmisi menyediakan layanan pembayaran secara QRIS atau Debit. Dan kami sedang mengadakan promo pengecekan transmisi, anda hanya membayar 99rb.

Teknisi kami akan melakuan pengecekan, agar mobil matic anda bisa di diagnosa secara tepat, jadi tunggu apalagi segera datang ke Domo Transmisi.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.