Sekilas Sama, Ini Perbedaan Transmisi Mobil Manual dan Mobil Matic

perbedaan transmisi mobil manual dan mobil matic secara keseluruhan

Perbedaan transmisi mobil manual dan mobil matic merupakan satu pertanyaan yang sampai dengan saat ini banyak diperbincangkan oleh kalangan masyarakat. Pada dasarnya, untuk masalah transmisi mobil merupakan sistem yang dipergunakan untuk mengubah kecepatan dengan tenaga putar dari mesin kendaraan tersebut.

Untuk kesempatan kali ini akan dijelaskan secara lengkap dan jelas mengenai perbedaan transmisi mobil manual dan mobil matic. Sedangkan, untuk Anda yang belum begitu banyak paham dengan perihal transmisi mobil bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Perbedaan Transmisi Mobil Manual dan Mobil Matic

Perbedaan Transmisi Mobil Manual dan Mobil Matic

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa sampai dengan saat ini masih banyak dari kalangan masyarakat belum paham dengan perihal transmisi mobil manual dan matic. Untuk perbedaan transmisi mobil manual dan mobil matic yang harus Anda ketahui, yaitu:

  1. Sistem Transmisi yang Berbeda

Pastinya untuk beberapa kalangan masyarakat sudah mengerti, bahwa mobil dengan transmisi manual dan matic mempunyai sistem yang berbeda. Pada mobil dengan transmisi manual mempunyai sistem dimana perpindahan gigi dilakukan dengan cara menginjak kopling dan menggeser tuas persneling.

Sedangkan, untuk mobil transmisi matic sistem atau perpindahan gigi bisa berlangsung secara otomatis dan disesuaikan lagi pada tekanan gas pedal. Maka dari itu, dengan hal tersebut bisa membuat posisi gigi bisa bertambah secara otomatis ketika tekanan pada pedal gas mobil meningkat.

  1. Cara Mengoperasikan Mobil yang Berbeda

Untuk perbedaan transmisi mobil manual dan mobil matic kedua yaitu pada cara pengoperasiannya. Pada mobil dengan transmisi manual Anda harus melakukan operasi pada 3 pedal, yaitu pedal, rem dan gas.

Dengan hal tersebut, nantinya bisa dikatakan bahwa pengoperasian mobil matic bisa jauh lebih praktis dibandingkan mobil manual. Ketika menggunakan mobil matic, Anda hanya cukup melakukan gerakan pada tuas transmisi tanpa harus menginjak pedal kopling terlebih dahulu.

  1. Penggunaan Bahan Bakar

Perbedaan transmisi mobil manual dan mobil matic juga bisa dilihat dari segi penggunaan bahan bakarnya. Ada satu hal yang perlu Anda ketahui, untuk mobil dengan transmisi manual cenderung mempunyai konsumsi BBM lebih efisien.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi, karena rotasi per menit atau (RPM) yang dihasilkan oleh mobil matic ini lebih tinggi dibandingkan manual. Artinya, untuk mobil dengan transmisi matic ini lebih banyak mengkonsumsi BBM.

Meski begitu, untuk sekarang banyak sekali mobil dengan transmisi matic yang dibekali dengan banyak teknologi canggih. Sehingga, cara penggunaan bahan bakarnya juga sedikit lebih hemat.

  1. Sistem Pengereman

Untuk perbedaan transmisi mobil manual dan matic selanjutnya, yaitu pada sistem pengereman. Dalam mengurangi kecepatan laju kendaraan, maka untuk komponen rem menjadi satu tumpuan utama yang akan selalu dipergunakan pada mobil dengan transmisi matic.

Sedangkan, pada mobil manual untuk pengereman juga akan mengandalkan komponen engine brake. Dengan hal tersebut, nantinya membuat mobil matic sering menggunakan rem dan komponen kampasnya juga lebih cepat aus dibandingkan mobil manual.

  1. Perawatan

Dari segi perawatan, mobil matic pada umumnya membutuhkan biaya yang lebih tinggi dibandingkan manual. Hal tersebut bisa terjadi, karena mobil dengan sistem transmisi otomatis ini mempunyai sistem mekanikal dan komponen yang lebih rumit dan banyak. Selain itu, Anda juga harus melakukan pergantian oli transmisi otomatis secara rutin.

Perbedaan Transmisi Mobil Manual dan Mobil Matic dari Sisi Kelebihan dan Kekurangan

Perbedaan Transmisi Mobil Manual dan Mobil Matic dari Sisi Kelebihan dan Kekurangan

Setelah paham dengan mengenai perihal perbedaan transmisi mobil manual dan mobil matic, maka selanjutnya juga harus paham dengan perihal kelebihan atau kekurangannya. Untuk kelebihan dan kekurangan yang harus Anda ketahui, adalah:

  1. Mobil Transmisi Otomatis (Matic)

Kelebihan:

  • Mudah dan praktis untuk dipergunakan atau dikendarai.
  • Para pengemudi tidak mudah capek atau lelah, karena cukup menginjak pedal gas dan rem.
  • Mobil transmisi otomatis atau matic bisa diandalkan di jalanan macet.
  • Cocok dipergunakan bagi Anda yang sedang belajar mengemudi.

Kekurangan:

  • Mobil matic lebih boros bahan bakar.
  • Perawatan yang dikeluarkan untuk mobil matic lebih mahal.
  1. Mobil Transmisi Manual

Kelebihan:

  • Lebih irit dalam bahan bakar.
  • Biaya perawatan yang dikeluarkan lebih murah.
  • Suku cadang lebih mudah didapatkan.
  • Mempunyai engine brake. Sehingga, sangat amat untuk dipergunakan di kondisi jalanan menurun dan menanjak.

Kekurangan:

  • Pengoperasian pedal pada mobil manual lebih rumit.
  • Para pengemudi bisa lebih mudah lelah dan pegal di saat kondisi jalanan macet.

Perbedaan Transmisi Mobil Manual dan Mobil Matic dari Sisi Fungsinya

Setiap komponen yang ada di mobil mempunyai fungsi masing-masing. Sama hal nya, dengan perihal transmisi yang juga mempunyai beberapa fungsi sebagai berikut:

  • Transmisi mempunyai fungsi untuk meneruskan tenaga yang dihasilkan pada mesin kopling ke poros propeller.
  • Mobil bisa dipergunakan untuk berjalan mundur.
  • Mobil transmisi bisa membuat mobil berhenti, meski mesin sudah berada di kondisi menyala atau posisi netral.
  • Dapat mengatur kecepatan kendaraan di beberapa momen dan kondisi tertentu.

Baca Juga: Cukup Beragam, Inilah Berbagai Fungsi Transmisi pada Mobil

Perbedaan Transmisi Mobil Manual dan Mobil Matic pada Sisi Komponen

Mengingat fungsinya juga berbeda, tentu perbedaan transmisi mobil manual dan mobil matic juga dapat terlihat dari sisi komponennya. Berikut ini adalah perbedaan transmisi mobil manual dan mobil matic dari sisi komponen pembedanya, yang terdiri dari:

  1. Transmisi Otomatis

Transmisi otomatis atau yang sering disebut dengan istilah A/T akan melakukan perpindahan sesuai dengan beban mesin dan besarnya tekanan gas pedal. Mobil dengan transmisi otomatis (matic) tidak membutuhkan menginjak kopling dan tuas persneling.

Artinya, untuk menjalankan mobil dengan transmisi otomatis atau matic ini hanya cukup melakukan pergeseran tuas transmisi tanpa harus menginjak pedal gas dan kopling terlebih dahulu. Untuk beberapa komponen penting yang harus diketahui oleh pengendara mobil otomatis adalah:

  • Torque Converter
  • Brake
  • Clutch dan One Way Clutch
  • Hydraulic Control System
  • Manual Linkage
  • Shifting Control
  • Pedal Akselerasi
  • Automatic Transmission Fluid (ATF)
  1. Transmisi Manual

Sesuai dengan namanya, untuk perpindahan gigi pada mobil dengan sistem manual ini harus menginjak kopling dan menggeser tuas persneling. Pada jenis transmisi yang satu ini bekerja sesuai dengan rasio roda gigi.

Jadi, untuk para pengemudi bisa mengubah rasio roda gigi yang berdasarkan dengan output kecepatan. Untuk rasio gigi yang rendah, maka untuk torsi yang ditawarkan juga kecepatan rendah.

Sebaliknya, untuk rasio roda gigi yang tinggi ini bisa memberikan penawaran torsi lebih kecil tapi kecepatan akan lebih tinggi. Beberapa komponen pada transmisi manual yang harus Anda ketahui, adalah:

  • Transmission Input Salt.
  • Gear Transmission.
  • Synchroniser.
  • Shift Fork.
  • Shift Linkage.
  • Gear Shift Lever.
  • Transmission Case.
  • Output Shaft.
  • Bearing.
  • Speedometer Gear
  • Dan masih banyak lainnya.

Sebelum membeli mobil bekas maupun baru, akan lebih baiknya Anda harus paham terlebih dahulu mengenai perbedaan transmisi mobil manual dan mobil matic. Dengan hal tersebut nantinya dijadikan sebagai salah satu cara untuk mengantisipasi terjadinya rasa kekecewaan.

Agar tak kelimpungan dan kecewa saat terjadi kerusakan pada sistem transmisi, pastikan untuk membawa mobil kesayangan Anda ke bengkel spesialis transmisi mobil yang kredibilitasnya memang sudah terbukti, seperti DOMO Transmisi dari Dokter Mobil. Layanan terbaru dari bengkel mobil terkenal, Dokter Mobil, ini diboyong langsung dari Malaysia dan melalui riset serta pengembangan yang panjang sehingga kualitasnya begitu terjamin. Selain itu penanganan DOMO Transmisi menggunakan peralatan berteknologi canggih serta teknisi yang sudah ahli, guna menjaga kualitas layanan serta meminimalisir adanya error.

Tertarik untuk coba benefit dari DOMO Transmisi? Lakukan reservasi layanan DOMO Transmisi sekarang melalui WhatsApp pada nomor 0882-1244-0591 atau hubungi disini.  untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan ini hingga diskon-diskon menarik yang ditawarkan. Anda juga bisa langsung kunjungi cabang Dokter Mobil terdekat untuk nikmati langsung layanan dari DOMO Transmisi.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.