5 Penyebab Masalah Gearbox Honda Freed

Masalah Gearbox Honda Freed

Masalah gearbox honda freed masih sering sekali dijumpai dan tidak sedikit orang yang menyepelekan penyebab-penyebab gearbox honda freed tersebut bermasalah. Padahal jika hal tersebut sering sekali dilakukan maka tidak menutup kemungkinan akan membuat kerusakan yang fatal pada gearbox Honda Freed ini. Maka dari itu cukup penting untuk mengetahui penyebab-penyebab terjadinya permasalahan pada gearbox Honda Freed karena hal tersebut berguna untuk pencegahan dan membantu untuk menghindari masalah gearbox Honda Freed.

Sebenarnya ada banyak sekali penyebab masalah gearbox Honda Freed ini. Namun diartikel kali ini akan membahas setidaknya 5 penyebab saja yang membuat gearbox Honda Freed bermasalah. Adapun beberapa penyebab masalah gearbox Honda Freed ini yaitu sebagai berikut. Simaklah ulasannya dengan cermat agar Anda dapat menghindari penyebab masalah gearbox Honda Freed tersebut dengan mudah.

Gearbox Honda Freed

Gearbox merupakan suatu sistem yang dapat memindahkan tenaga untuk menyalurkan tenaga dari gearbox itu sendiri ke mesin lainnya sehingga semuanya dapat berfungsi dengan baik dengan kinerja yang sama. Sedangkan gearbox Honda Freed ini sendiri adalah sistem pemindahan tenaga atau penyaluran tenaga.

Jika Anda mencari di online shop atau di toko-toko terdekat, harga gearbox Honda Freed ini sangat mahal bahkan kisaran harganya sekitar 50 jutaan. Harga ini merupakan harga yang cukup fantastis meskipun dapat dikatakan cukup wajar untuk sebuah mesin mobil.

Namun kembali lagi jika Anda dapat merawatnya dengan baik dan memanfaatkannya tanpa menggantinya selama bertahun-tahun, untuk apa Anda memilih untuk menggunakannya secara sembarangan dan tanpa perawatan lalu membelinya jika komponen tersebut rusak.

Padahal Anda bisa jauh menghemat biaya dengan melakukan pemeriksaan dan perawatan yang rutin terhadap mobil Anda terutama pada komponen gearbox ini. Dengan begitu Anda tidak akan mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk membeli komponen mesin tersebut.

Penyebab Masalah Gearbox Honda Freed

Maka dari itu Anda perlu tahu apa saja yang menyebabkan masalah gearbox Honda Freed ini. Sehingga Anda bisa menghindarinya dan menjaga gearbox Honda Freed tersebut tetap memiliki performa yang baik dan dapat bertahan lama.

Jarang Bahkan Tidak Pernah Memeriksa Kondisi Oli

Oli merupakan salah satu komponen terpenting di dalam perawatan sebuah mesin mobil. Maka dari itu melakukan pemeriksaan dan penggantian oli ini merupakan perawatan terpenting yang tidak boleh dilewatkan dalam merawat sebuah mobil.

Oli membantu melumasi mesin sehingga mesin tersebut dapat bekerja secara halus dan tidak mudah panas. Oli juga membantu kerja mesin menjadi lebih optimal sehingga performa mesin bisa mencapai yang terbaik.

Namun jika jumlah oli menipis dan sudah lama tidak diganti maka dapat mengakibatkan kerusakan pada beberapa komponen yang ada di dalam mobil. Dan jika hal tersebut dibiarkan maka kerusakan-kerusakan tersebut bisa menjadi lebih parah dan bisa menjadi masalah yang fatal. Termasuk pada masalah gearbox Honda Freed ini.

Atau oli bisa saja bocor sehingga hal tersebut akan membuat oli cepat habis. Jika oli yang sedikit bahkan habis itu terjadi saat keadaan mesin menyala maka dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin. Jadi hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari kerusakan-kerusakan baik kerusakan pada gearbox Honda Freed atau kerusakan pada komponen Honda Freed yang lain adalah dengan cara mengecek oli transmisi secara berkala.

Baca Juga: Inilah Ciri-ciri Oli Transmisi Mobil Harus Diganti

Membawa Muatan yang Melebihi Kapasitas

Masalah gearbox Honda Freed ini dapat datang dari mobil yang sering membawa muatan yang lebih dari kapasitas muatan mobil. Karena dengan membawa muatan yang melebihi kapasitas mobil tersebut akan membuat sistem transmisi mobil terpaksa bekerja secara ekstra.

Hal yang terjadi adalah mesin transmisi dan mesin gearbox Honda Freed yang cepat panas dan cepat mengalami aus ketika Anda membawa barang atau beban yang lain yang melebihi kapasitas muatan mobil. Hal itu tentu akan merusak mesin transmisi apalagi jika dilakukan secara terus-menerus.

Mengemudi Secara Ugal-ugalan

Mengemudi secara ugal-ugalan dapat menjadi penyebab masalah gearbox Honda Freed. Itu karena dengan mengemudi secara ugal-ugalan maka Anda akan memaksa mesin untuk bekerja lebih keras daripada biasanya. Tentu hal itu akan merusak sistem transmisi. Dan jika hal tersebut dilakukan secara terus-menerus maka tidak menutup kemungkinan akan merusak mesin secara keseluruhan dan hal tersebut pasti akan berdampak pada masalah gearbox Honda Freed.

Setelah mengetahui ini maka lebih baik jika Anda berkendara dengan tenang tanpa terburu-buru apalagi ugal-ugalan. Karena dengan cara berkendara seperti itu akan merusak banyak sekali komponen mobil termasuk menyebabkan masalah gearbox Honda Freed ini. Selain itu, dengan mengemudi secara ugal-ugalan Anda bisa membahayakan pengemudi yang lainnya. Maka akan jauh lebih aman untuk mengendarai mobil secara tenang dan tidak ugal-ugalan.

Menginjak Pedal Gas Secara Terus-terusan Ketika Ban Mobil Terjebak di Sebuah Lubang

Penyebab masalah gearbox Honda Freed yang lain dapat ditemui pada mobil yang pedal gasnya sering diinjak secara terus-terusan ketika keadaan ban mobil sedang terjebak di sebuah lubang atau tidak dapat bergerak.

Seringkali dijumpai orang-orang menginjak pedal gas terus menerus ketika ban mobil terjebak dengan tujuan agar mobil tersebut bisa bebas dan dapat kembali bergerak. Namun hal tersebut cukup tidak baik untuk dilakukan karena dengan memutar roda menggunakan gigi dengan cepat dapat mengakibatkan mesin menjadi panas bahkan dengan ukuran panas yang cukup tinggi. Dengan begitu maka mesin mobil akan cepat rusak.

Memindahkan Transmisi Dari D ke N Tanpa Berhenti

Hal selanjutnya yang sering disepelekan oleh para pengendara mobil dan bahkan sudah menjadi kebiasaan buruk bagi sebagian mereka yaitu melakukan perpindahan gigi transmisi dari D menjadi N tanpa menghentikan mobil terlebih dahulu. Padahal dalam aturan yang benar, untuk melakukan pergantian transmisi dari D ke N maka pengendara wajib untuk menghentikan mobilnya terlebih dahulu.

Kebiasaan buruk ini dapat mengakibatkan gigi-gigi yang terdapat dalam transmisi menjadi pecah dan rusak. Dan jika hal itu terjadi maka akan mengakibatkan hal yang fatal terhadap mesin-mesin transmisi yang bekerja di dalam mobil.

Maka dari itu hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut yaitu jika Anda melakukan pemunduran terhadap mobil jangan lupa untuk menghentikannya sejenak sebelum menjalankannya dengan menekan tuas persneling ke arah D.

Cara Mengatasi Masalah Gearbox Honda Freed

Cara Mengatasi Masalah Gearbox Honda Freed

Berdasarkan uraian di atas, Anda bisa mengambil banyak pelajaran untuk mengatasi masalah gearbox Honda Freed dengan cara rutin memeriksa dan mengganti oli transmisi, tidak mengemudi secara ugal-ugalan, membawa muatan sesuai dengan kapasitas yang ditentukan dan tidak melebihi kapasitas tersebut, tidak menginjak pedal gas secara terus-menerus jika sewaktu-waktu ban mobil terjebak di dalam kubangan atau lubang, tidak mengganti transmisi dari D ke N secara cepat tanpa menghentikan mobil terlebih dahulu, dan banyak hal lain lagi yang bisa dilakukan untuk menghindari masalah gearbox Honda Freed.

Dengan menghindari penyebab-penyebab yang membuat gearbox Honda Freed ini rusak maka secara otomatis Anda melakukan perawatan terhadap mesin tersebut. Banyak sekali keunggulan yang didapatkan dengan merawat mesin ini karena mesinnya sangat mahal sehingga meminimalisir kemungkinan untuk membeli lagi karena mesin rusak.

Untuk merawat dan memperbaiki permasalahan minor dan major pada gearbox Honda Freed, layanan DOMO Transmisi dari Dokter Mobil bisa jadi rekomendasi pilihan. Layanan perawatan dan perbaikan sistem transmisi dari Dokter Mobil ini ditangani oleh peralatan berteknologi tinggi dan teknisi yang ahli. Selain itu, telah teruji riset dan pengembangannya sehingga kualitas layanan DOMO Transmisi memang sangat terjamin.

Segera reservasi layanan DOMO Transmisi sekarang melalui WhatsApp pada nomor 0882-1244-0591 atau hubungi disini untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan DOMO Transmisi. Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari lokasi kediaman Anda untuk rasakan langsung layanan DOMO Transmisi.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Scroll to Top