Faktor Penyebab Gigi Mundur Mobil Bunyi

Gigi Mundur Mobil Bunyi

Ketika gigi mundur mobil bunyi pasti sesuatu yang sangat mengganggu dan menjadi hal yang dikhawatirkan karena pasti terjadi kerusakan atau ketidakberesan pada suatu komponen mobil tersebut. Maka dari itu perlu adanya pengecekan secara berkala terhadap komponen mobil dan segeralah lakukan perbaikan sebelum kerusakan tersebut menjadi semakin parah.

Adapun penyebab gigi mundur mobil bunyi itu karena beberapa hal. Untuk mengetahui lebih jelas dan lebih dalam lagi tentang penyebab gigi mundur mobil bunyi perhatikan beberapa penjelasan yang akan diulas di bawah ini tentang penyebab gigi mobil bunyi. Berikut ulasannya.

Gigi Mundur Mobil Bunyi dan Penyebabnya

Penyebab Gigi Mundur Mobil Bunyi

Gigi mundur mobil adalah salah satu gigi dari transmisi mobil yang dapat Anda jumpai di tuas mobil dengan simbol R yaitu reverse. Gigi mundur mobil ini dapat Anda gunakan untuk memundurkan mobil. Gigi mundur mobil ini dapat dikatakan mengalami gangguan jika berbunyi ketika digunakan. Dan gangguan tersebut tidak boleh disepelekan karena dapat menyebabkan kerusakan pada komponen yaitu komponen gigi mundur mobil itu sendiri.

Sedangkan penyebab gigi mundur mobil itu dapat disebabkan oleh beberapa komponen yaitu oli yang kurang, kopel mobil yang bermasalah, kopling yang aus, rusaknya bagian transmisi hingga hancurnya bagian transmisi.

Kurangnya Oli Transmisi

Penyebab yang pertama dari gigi mundur mobil bunyi yaitu bisa dikarenakan oleh transmisi yang kurang. Adapun penyebab oli transmisi ini kurang bisa terjadi karena terlewatkannya jadwal mengganti oli transmisi sehingga oli tersebut semakin menipis hingga kurang untuk keperluan mobil itu sendiri.

Penyebab yang lain dari berkurangnya oli transmisi ini adalah karena terjadi kebocoran pada oli transmisi. Untuk mengetahui apakah terjadi kebocoran atau tidak pada oli transmisi, Anda bisa melakukan pengecekan di bagian samping mobil apakah terdapat tetesan cairan dari oli transmisi atau tidak. Biasanya yang rawan mengalami kebocoran yaitu di bagian tengah tempat oli transmisi. Dan jika Anda menemui kebocoran maka segeralah untuk membawa mobil Anda ke bengkel terdekat tanpa ditunda-tunda lagi karena hal tersebut merupakan hal yang sangat berbahaya dan berisiko untuk mobil Anda sendiri.

Terjadi Masalah pada Kopel Mobil

Penyebab dari gigi mundur mobil bunyi yang lain yaitu adanya masalah pada kopel mobil yang mana kopel mobil ini biasanya dimiliki oleh mobil dengan transmisi manual maupun transmisi otomatis. Kopel mobil biasanya memiliki karet. Jika karet tersebut rusak, aus, atau robek maka gigi mundur mobil akan bunyi.

Kopel mobil juga rawan memiliki risiko menempelnya kotoran pada kopel tersebut. Kopel mobil biasanya berada di bagian kolong mobil dan jika terlalu banyak kotoran yang menempel, kotoran tersebut bisa saja menggumpal dan menjadi penyebab mengapa kopel bermasalah hingga menyebabkan gigi mundur mobil bunyi.

Maka, penting untuk melakukan rutinintas mengecek kopel mobil pada kolong karena kopel mobil itu sendiri merupakan bagian yang penting yang mana jika Anda tidak merawatnya dengan baik, kopel tersebut bisa bermasalah dan membuat gigi mundur mobil bunyi. Maka jamgan sampai lupa untuk mengecek keadaan kopel mobil minimal enam bulan sekali.

Kopling dalam Keadaan Aus

Kopling mobil merupakan salah satu komponen mobil yang menjadi penghubung antara roda gigi transmisi dengan poros engkol yang mana kopling tersebut dapat menggerakkan roda belakang mobil itu sendiri.

Kopling mobil yang aus dapat menjadi salah satu penyebab gigi mundur mobil bunyi. Sedangkan ausnya kopling tersebut dapat dirasakan ketika pergantian gigi mobil. Jika di dalam memindahkan gigi mobil terasa keras maka kopling tersebut sudah aus sehingga perlu diganti dengan segera agar kopling dan gigi mobil tidak mengalami kerusakan dan agar tidak ada lagi gigi mundur mobil bunyi. Sehingga Anda bisa berkendara dengan nyaman dan tenang tanpa terganggu sedikitpun.

Terdapat Kerusakan di Bagian Transmisi

Penyebab dari gigi mundur mobil bunyi yang lain yaitu adanya kerusakan di bagian transmisi mobil. Transmisi mobil adalah tuas atau pedal yang biasanya menyalakan tenaga mesin ke roda penggerak. Jika terjadi kerusakan pada bagian zat besi ini maka akan menimbulkan gigi mundur mobil bunyi.

Dan jika penyebab dari gigi mundur mobil bunyi ini adalah kerusakan di bagian transmisi maka akan cukup repot di dalam penyelesaiannya. Karena memerlukan bagian transmisi ini untuk dibedah dan diperbaiki secara mendalam karena bagian ini tidak bisa diperbaiki jika hanya dari luar saja tanpa dibedah.

Maka jika anda merasa penyebab dari gigi mundur mobil bunyi adalah rusaknya bagian transmisi, segeralah bahwa mobil Anda ke bengkel terdekat untuk mendapatkan penanganan agar mobil tidak mengalami kerusakan yang semakin parah.

Baca Juga: Merawat Transmisi Mobil Untuk Performa Mobil yang Lebih Baik

Hancurnya Tuas Transmisi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa jika terjadi kerusakan di bagian transmisi akan menyebabkan gigi mundur mobil bunyi. Apalagi jika bagian transmisi ini mengalami kehancuran. Meskipun yang hancur Ini adalah pos transisi hal itu tetap berpengaruh cukup besar untuk membuat gigi mundur mobil berbunyi sehingga akan mengganggu proses berkendara Anda.

Maka jika Anda merasa tuas transmisi Anda ada yang tidak beres segera bawa mobil Anda ke bengkel terdekat untuk mencegah kehancuran pada tuas transmisi tersebut untuk menghindari hal-hal lebih buruk yang memiliki kemungkinan besar untuk terjadi.

Mobil Kurang Mendapat Perawatan yang Cukup Baik

Penyebab lain yang memungkinkan terjadinya bunyi ketika gigi mobil mundur yaitu kurangnya perawatan terhadap mobil secara rutin. Yang mana mobil itu membutuhkan perawatan rutin seperti servis setiap sebulan sekali.

Walaupun kedengarannya sepele, servis cukup penting untuk dilakukan untuk me-refresh kembali komponen-komponen mobil agar tetap memiliki performa yang baik dan tetap memiliki fungsi yang baik. Mungkin tidak akan terasa jika hanya melewatkan servis selama satu kali atau dua kali saja. Namun jika Anda melewatkan banyak servis untuk mobil Anda maka besar kemungkinan terjadinya kerusakan komponen karena kurangnya kontrol terhadap mobil tersebut.

Maka dari itu jangan sampai lupa ataupun menyepelekan servis mobil. Karena servis mobil ini berguna untuk merawat mobil Anda dan servis mobil ini dapat mencegah kerusakan-kerusakan yang lebih parah secara dini. Sehingga mobil Anda akan lebih awet dan tetap memiliki performa yang baik meski sudah digunakan selama bertahun-tahun.

Untuk atasi permasalahan transmisi mobil, DOMO Transmisi bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda percayakan. Seluruh layanan di DOMO Transmisi ditangani oleh peralatan berteknologi mutakhir dan teknisi yang ahli. Selain itu, telah teruji riset dan pengembangannya sehingga kualitas layanan DOMO Transmisi memang sangat terjamin.

Segera reservasi layanan DOMO Transmisi sekarang melalui WhatsApp pada nomor 088212440591 atau klik disini untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan DOMO Transmisi. Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari lokasi kediaman Anda untuk rasakan langsung layanan DOMO Transmisi.

Demikianlah beberapa penyebab kenapa gigi mundur mobil bisa berbunyi. Maka dari itu untuk menghindari gangguan yang terjadi pada gigi mundur mobil, Anda harus menghindari segala penyebab yang sudah dijelaskan di atas yaitu dengan cara melakukan pengecekan secara rutin dan segera melakukan penanganan jika terjadi hal yang tidak beres pada komponen-komponen mobil Anda.

Jangan sampai Anda menyepelekan hal yang penting karena hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan yang lebih parah yang mana dengan kerusakan tersebut maka Anda perlu mengeluarkan uang yang lebih banyak untuk memperbaiki jika kerusakan yang terjadi sudah sangat parah. Maka akan lebih baik jika anda rutin melakukan perawatan pada mobil Anda daripada hanya melakukan penanganan ketika sudah rusak karena hal tersebut akan lebih terjangkau dalam biaya dan akan lebih baik untuk mobil dalam meningkatkan performanya.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.