Penyebab Persneling Mobil Tidak Bisa Netral

Persneling Mobil Tidak Bisa Netral

Persneling Mobil Tidak Bisa Netral – Aktivitas awal yang dilakukan oleh para pengendara mobil begitu masuk ke dalam kendaraannya, pastilah meletakkan tangan kiri pada tuas persneling. Sementara itu, kaki mereka akan menginjak pedal kopling. Begitu mesin mobil hidup dan siap melaju, tuas persneling tersebut harus dipindah dari posisi netral ke gigi 1. Seiring dengan injakan dari pedal gas, perlahan-lahan mobil akan mulai bergerak.

Hal ini adalah hal yang biasa dilakukan saat mengendarai kendaraan dengan sebuah transmisi manual. Tetapi, bagaimana jika ternyata tuas transmisi tidak bisa dipindahkan ke posisi lain. Anda bisa membayangkan bukan, jika hal ini terjadi. Meskipun sudah berusaha cukup keras dalam mengerahkan tenaga, tetapi terasa ada sesuatu yang mengganjal, lalu kira-kira apa penyebab dari Persneling Mobil Tidak Bisa Netral ini?

Penyebab Persneling Mobil Tidak Bisa Netral

Penyebab Persneling Mobil Tidak Bisa Netral

Persneling mobil tidak bisa netral ini terjadi karena adanya permasalahan pada beberapa komponen mobil. Agar selalu siaga jika kondisi ini terjadi pada mobil Anda, berikut penyebab persneling mobil tidak bisa netral.

Free Play pada Kopling yang Terlalu Besar

Masalah ini memang bisa saja muncul pada beberapa kendaraan yang memiliki transmisi jenis manual. Pada banyak kasus yang serupa, mesin mobil yang ada dalam keadaan mati bisa memindah sebuah persneling dan masuk ke dalam posisi 1,2,3 dan seterusnya. Sementara pada saat mesin mobil ada dalam keadaan hidup, persneling mobil tidak bisa netral dan justru perpindahan gigi terasa sedikit lebih keras. Bahkan bisa dibilang susah masuk atau tidak bisa dipindahkan ke gigi manapun.

Tentunya, hal ini jelas sangat mengganggu. Terlebih apabila perpindahan ini dipaksakan, maka gigi percepatan pada transimisi mobil akan bisa rusak. Bahkan transmisi mobil ini juga bisa mengeluarkan bunyi yang sangat kasar pada saat berjalan. Penanganan dari kasus seperti di atas sebenarnya bisa dibilang cukup mudah.

Menurut dari salah satu ahli, masalah seperti itu bisa saja muncul, dan salah satunya adalah dikarenakan setelan dari free play pedal kopling yang terlalu besar. Apabila penyebab dari persneling mobil ini tidak bisa pindah gigi atau persneling mobil tidak bisa netral adalah berasal dari setelan free play yang terlalu bebas. Maka penyelesaiannya adalah bisa dengan melakukan penyetelan ulang terhadap komponen free play ini. Menyetel ulang komponen free play inj dilakukan dengan mengatur baut dari adjuster untuk memperkecil free play-nya.

Sebelum melakukan sebuah penyetelan, Anda perlu mengetahui dulu tentang sistem dari penggerak kopling yang umumnya ada pada mobil. Pada dasarnya, sistem dari penggerak kopling ini ada dua macam. Yang pertama adalah dengan menggunakan kabel sebagai sebuah penerus injakan untuk pedal kopling ke sistem kopling yang berada pada rumah mesin. Sedangkan untuk jenis yang Kedua adalah kopling dengan sebuah sistem penggerak hidrolik.

Pada sebuah model kabel, penyetelannya akaan terletak di bawah samping dari kepala rumah kopling. Penyetelan yang dilakukan ini, dengan memutar baut untuk bisa memperpendek gerak dari garpu pembebas yang ditahan oleh kabel tersebut. Sementara pada model hidrolik, penyetelan di pedal kopling ini yang berada pada ujung pedal. Di sana biasanya akan terdapat batang dari pendorong atau push rod.

Kalau dilihat dari kasus yang ada di atas, maka batang dari pendorong ini akan di perpanjang dengan cara mengendorkan baut yang berada pada bagian batang pendorong tersebut. Kemudian, batang dari pendorong ini, akan di putar sesuai dengan arah memanjang dari batang tersebut.

Kampas Kopling Tipis

Selain dari permasalahan pada free play, penyebab lainnya dari gigi persneling mobil tidak bisa netral sehingga tidak bisa dipindah bahkan dinetralkan adalah karena kampas kopling yang sudah tipis. Solusi untuk masalah yang satu ini tentunya akan berbeda dari sebelumnya. Jika kampas dari kopling mobil sudah tipis, maka akan secara otomatis membuat tenaga yang diteruskan oleh transmisi menjadi tidak bisa maksimal. Pada gejala awal permasalahan ini, biasanya kendaraan akan bisa berjalan di saat putaran dari mesin tinggi.

Artinya kendaraan ini baru akan bisa jalan jika pedal dari gasnya diinjak secara dalam. Apabila ternyata perpindahan dari gigi ini tidak bisa dilakukan karena kampas kopling yang sudah menipis. Penyelesaiannya tentunya hanya ada satu, yaitu dengan mengganti kampas dari kopling mobil dengan yang baru.

Khusus untuk kopling dengan sistem hidrolik, kebocoran yang terjadi pada minyak kopling juga bisa menyebabkan persneling mobil tidak bisa netral dan bahkan gigi transmisi mobil juga akan sulit untuk dioper. Bahkan yang lebih parahnya adalah gigi mobil tidak bisa masuk sama sekali. Sehingga, untuk penyelesaian dari masalah ini harus dengan mengganti dari komponen yang menyebabkan kebocoran tersebut. Misalnya saja pada karet master silinder kopling atau silinder kopling atas dan juga para bagian silinder kopling bawah.

Kebocoran Fluida di Master Kopling

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa kebocoran fluida juga bisa menjadi salah satu penyebab persneling mobil tidak bisa netral. Kebocoran yang tetap pada master kopling akan menyebabkan tekanan hidrolik yang dihasilkan oleh transmisi menjadi tidak sempurna. Karena disebabkan oleh hal ini, maka akan membuat transmisi roda berputar untuk bisa mengganti gigi menjadi sulit. Apabila hal seperti ini terjadi, biasanya Anda disarankan untuk langsung membawanya ke bengkel.

Karena permasalahan ini harus langsung diperbaiki atau sekedar di konsultasikan untuk menentukan solusi tepatnya. Hal seperti ini tidak bisa hanya dibiarkan, karena akan bisa menyebabkan permasalahan mobil semakin parah, bukan hanya persneling mobil tidak bisa netral tetapi juga gigi yang mungkin tidak bisa digerakkan. Terlebih ini akan membuat kopling semakin sulit untuk berpindah, sehingga harus segera ditangani dengan tepat.

Baca Juga: Hati-hati! Ini Penyebab Oli Transmisi Mobil Bocor Besar

Setelan Pedal yang Tidak Tepat

Selain dari beberapa permasalahan di atas yang menyebabkan persneling mobil tidak bisa netral. Penyebab selanjutnya adalah karena pedal yang tidak dipasang dengan tepat.

Biasanya pada saat Anda berkendara dan merasa tidak nyaman dengan posisi pedal, hal ini akan membuat pijakan kaki menjadi lebih sulit dikendalikan. Sehingga karena hal inilah, tidak heran jika Anda akan kesulitan dalam memasukkan gigi dan membuat persneling mobil tidak bisa netral.

Sehingga, dengan masalah yang demikian sebaiknya Anda membawa mobil Anda ke bengkel servis agar bisa segera dibenahi. Biasanya, untuk mengatasi hal ini pihak bengkel akan menyetel ulang dari posisi pedal tersebut.

Adanya Shift Fork yang Aus

Permasalahan selanjutnya yang membuat persneling mobil tidak bisa netral adalah karena shift fork yang aus. Shift Fork aus ini akan bisa membuat perpihdahan dari gigi jadi terhalang. Hal ini karena, ia tidak akan mampu untuk menyambungkan pergeseran dari gigi yang hendak terjadi. Khususnya yang ada pada bagian yang bernama shift fork dan juga hub sleeve, dan hal inilah yang kemudian menyebabkan persneling mobil tidak bisa netral dan gigi mobil tidak bisa dipindahkan.

Atasi Permasalahan Persneling Tidak Bisa Netral di DOMO Transmisi

Untuk tempat servis yang terpercaya yang bisa menangani permasalahan persneliting tidak bisa netral pada mobil, DOMO Transmisi bisa menjadi rekomendasi yang patut Anda percayakan. Layanan perbaikan dan perawatan sistem transimisi mobil dari Dokter Mobil ini menggunakan peralatan berteknologi tinggi dan ditangani oleh teknisi yang ahli di bidangnya. Selain itu, DOMO Transmisi telah teruji riset dan pengembangannya, sehingga kualitas layanannya memang sangat terjamin.

Segera reservasi layanan DOMO Transmisi sekarang melalui WhatsApp pada nomor 088212440591 atau klik disini untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan DOMO Transmisi. Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari lokasi kediaman Anda untuk rasakan langsung layanan DOMO Transmisi.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.