Transmisi Mobil Panas, Ini Ciri dan Penyebabnya

Transmisi Mobil Panas

Transmisi Mobil Panas – Ternyata bukan hanya mesin mobil yang bisa mengalami sebuah panas berlebih. Panas berlebih pada mesin atau yang disebut dengan Overheat juga bisa terjadi pada bagian transmisi mobil. Transmisi mobil yang sering mengalami overheat ini bisa terjadi pada transmisi jenis apapun baik itu jenis konvensional, CVT atau bahk dual clutch juga memiliki kemungkinan bisa alami overheat. Kejadian, bagian pada transmisi mobil panas atau overheating pada matik ini bisa dibilang sangat berbahaya, terutama bagi komponen yang bekerja di dalam karena bisa mengalami kerusakan parah.

Umumnya transmisi matik ini bisa mengalami sebuah overheat karena pemakaian dari mobil yang terlalu dipaksakan. Terlebih jika mobil Digunakan tanpa jeda, sehingga hal ini membuat panas bagian Gearbox transmisi mobil. Tetapi meskipun begitu, Anda tidak perlu terlalu panik. Hal ini karena cara untuk mengatasi transmisi mobil panas bisa dilakukan dengan cukup mudah.

Mengenal Transmisi pada Mobil

Sebelum kita membahas tentang penyebab transmisi mobil panas, pertama mari ketahui apa itu transmisi. Transmisi mobil adalah sebuah tuas atau pedal yang biasanya ada pada kendaraan bermotor, terutama adalah mobil. Sistem dari transmisi inilah yang kemudian berfungsi untuk menyalurkan tenaga mesin ke bagian roda penggerak. Selain dengan itu, fungsi lainnya dari transmisi juga bisa menciptakan sebuah momen yang dihasilkan mesin sesuai dengan kebutuhan.

Hal ini memungkinkan sebuah kendaraan dapat berjalan mundur pada kendaraan yang memiliki lebih dari 2 roda. Juga bisa memungkinkan kendaraan berhenti meskipun mesin pada kendaraan masih menyala. Jenis transmisi mobil ini juga terbagi kedalam dua jenis yaitu transmisi manual dan juga transmisi otomatis. Dimana masing-masing dari transmisi mobil ini memiliki komponen yang saling berkaitan, sehingga jika terjadi transmisi mobil panas berarti semua komponen dalam transmisi tersebut akan ikut tekena dampaknya.

Penyebab Umum Transmisi Mobil Panas

Penyebab Umum Transmisi Mobil Panas

Setelah mengetahui tentang apa itu transmisi, sekarang kita akan membahas tentang penyebab umum dari transmisi mobil panas atau overheat. Ciri umum yang bisa menyebabkan transmisi mobil mengalami overheat adalah karena mobil yang tidak berhenti bekerja. Mobil yang digunakan secara terus menerus dan tidak pernah berhenti akan bisa mengalami overheat. Hal ini karena mobil yang dipaksakan bekerja secara ekstra tanpa berhenti akan mengalami kelelahan.

Dan kelelahan mobil ini yang kemudian membuat transmisi mobil panas. Sama seperti manusia, mobil tentunya akan butuh istirahat setelah digunakan dalam waktu lama. Okeh karena itu, sebaiknya jika Anda baru saja bepergian jauh, usahakan untuk mengistirahatkan mobil sejenak. Ini gunanya untuk membuat mesin mobil beristirahat dan tidak mengalami kelelahan yang menyebabkan transmisi mobil panas.

Muatan pada Mobil yang Berlebihan

Bukan hanya mobil yang dipaksa bekerja secara terus menerus. Mobil yang kelebihan muatan juga bisa membuat transmisi mobil menjadi lebih panas. Hal ini mungkin terlihat seperti perkara yang sepele. Tapi, nyatanya mobil juga memiliki kapasitas tertentu di dalam mengangkut sebuah muatan.

Memaksa mobil membawa muatan yang berlebihan buka suatu hal yang baik. Karena ini akan bisa membuat mesin menjadi bekerja lebih ekstra. Akibatnya, transmisi mobil akan mengalami panas atau mengalami overheat. Karena itu, sangat penting untuk menjaga mobil dalam kapasitas muatan yang normal seperti yang disarankan.

Terlebih lagi, jika mobil juga harus melewati sebuah lintasan jalan yang ekstrim dan tidak bersahabat. Mobil tentunya akan semakin mendapatkan beban berat yang bisa membuat transmisi mobil panas. Bukan itu saja, terlalu sering membawa beban berat dan melewati jalan yang rusak juga bisa memicu kerusakan pada transmisi mobil juga komponen mobil lainnya. Oleh karena itu, jangan pernah menganggap sepele hal ini demi menghindari terjadinya kerusakan pada mobil Anda.

Baca Juga: Merawat Transmisi Mobil Untuk Performa Mobil yang Lebih Baik

Ciri Umum dari Transmisi Mobil Panas

Setelah mengetahui tentang penyebab dari transmisi mobil mengalami overheat yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kini, Anda juga harus tau apa ciri umum dari transmisi mobil mengalami overheat. Biasanya, transmisi mobil yang panas akan memunculkan tanda pada indikator panel instrumen. Indikator panel instrumen memang berfungsi untuk menunjukkan jika terdapat masalah pada bagian komponen mobil.

Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan indikator panel instrumen ini. Apabila sudah muncul sebuah indikator gir yang berwarna kuning. Maka, hal ini jelas menjadi tanda bahwa transmisi mobil Anda sedang mengalami masalah seperti overheat. Apabila transmisi mobil panas, sebaiknya Anda tidak perlu langsung panik.

Seperti yang diketahui tentang penyebab transmisi ini mengalami overheat yaitu dikarenakan mobil yang bekerja terlalu keras secara terus menerus. Dilihat dari penyebabnya tersebut, artinya mobil sedang mengalami kelelahan. Untuk itu, hal pertama yang harus Anda lakukan saat transmisi mobil panas adalah dengan berhenti sejenak. Saat Anda sedang berkendara dan mengalami hal ini, maka sebaiknya Anda menepi terlebih dahulu untuk mengistirahatkan mobil.

Anda bisa menghentikan mobil dan memberikan jeda untuk mobil agar beristirahat. Beri jeda waktu sekitar 15 sampai dengan 20 menit agar mesin mobil menjadi lebih dingin. Selain itu, jeda waktu tersebut akan bisa membuat mesin menjadi lebih terkendali dan transmisi mobil juga bisa beristirahat.

Mengetahui Cara Kerja Sistem Transmisi Secara Umum

Setelah mengetahui tentang transmisi mobil, dan penyebab dari transmisi mobil mengalami overheat. Sekarang saya akan membahas tentang cara kerja dari transmisi mobil. Secara prinsip, cara kerja dari transmisi mobil ini sama baik pada transmisi manual ataupun transmisi otomatis. Dimana, cara kerja Transmisi mobil ini terbilang cukup sederhana yaitu transmisi akan bekerja berdasarkan rasio dari roda gigi.

Pada saat mobil di bawa melewati sebuah area yang menanjak. Maka mobil akan perlu torsi yang besar supaya dapat menahan beban dari keseluruhan mobil. Maka yang akan terjadi adalah mobil akan mereduksi kecepatan putar melalui sebuah transmisi dan memanfaatkan daya yang sama. Hal yang sebaliknya pun juga akan terjadi pada saat mobil membutuhkan sebuah torsi yang rendah.

Maka, mobil akan membuat kecepatan dari putaran ditingkatkan. Dan inilah cara kerja sederhana dari sebuah transmisi ketika mobil berada di dalam sebuah perjalanan.

Rajin Melakukan Servis Mobil di Bengkel Terpercaya

Memperhatikan kondisi mesin mobil untuk menjaga performanya memang menjadi hal yang penting. Demi menjaga kondisi mobil agar tetap prima, tentunya ini juga akan membutuhkan sebuah perawatan. Cara untuk merawat mobil bukan hanya sekedar dibersihkan, tetapi juga harus rajin di servis. Melakukan servis mobil secara rutin tentunya penting dilakukan agar kondisi mobil tetap prima, selain itu dengan melakukan servis rutin kita juga akan tahu jika terdapat kerusakan pada mobil, sehingga bisa segera ditangani.

Salah satu tempat servis transmisi mobil yang terpercaya dan juga berkualitas adalah DOMO Transmisi. Layanan perawatan dan perbaikan transmisi mobil terbaru dari Dokter Mobil ini dibekali dengan peralatan berteknologi tinggi dan ditangani langsung teknisi yang ahli dalam seluruh layanannya. Selain itu, telah melalui riset dan pengembangan yang teruji sehingga kualitas layanan DOMO Transmisi memang sangat terjamin.

Segera reservasi layanan DOMO Transmisi sekarang melalui WhatsApp pada nomor 088212440591 atau melalui link berikut untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan DOMO Transmisi. Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari lokasi kediaman Anda untuk rasakan langsung layanan DOMO Transmisi.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.