5 Penyebab Rem Tangan Mobil Tidak Berfungsi

Penyebab Rem Tangan Mobil Tidak Berfungsi

Pernah mengalami masalah dimana Rem Tangan Mobil Tidak Berfungsi, jangan panik dulu karena pada kesempatan kali ini kami akan menginformasikan penyebabnya.

Mari kita Bahas satu per satu agar anda, Rem Tangan yang tidak berfungsi dan solusi terbaik bagi kendaraan anda.

Penyebab Rem Tangan Mobil Tidak Berfungsi

Inilah beberapa Penyebab Rem Tangan Mobil Tidak Berfungsi, simak disini.

Kabel Rem Tangan yang Kendur

Penyebab Rem Tangan Mobil Tidak Berfungsi ini disebabkan oleh kabel rem tangan yang kendur.

Kabel yang tidak kencang tidak mamppu menahan mobil dengan baik, sehingga mobil dapat bergeser walaupun sudah di rem tangan dengan maksimal.

Baca Juga: Ketahui Fungsi Parking Brake Lever

Masalah pada Tuas Rem Tangan

Selain kabel, jika tuas rem tangan mengalami permasalahan dapat jadi penyebab rem tangan tidak berfungsi,

Mungkin ada komponen yang aus atau perlu disesuaikan agar tuas rem tangan dapat berfungsi dengan baik.

Rem Tangan Elektonik Bermasalah

Pada saat ini, mobil sudah dilengkapi dengan rem tangan elektronik, Rem tangan elektronik atau electronic parking brake (EPB) saat ini banyak dijumpai.

Meskipun lebih canggih, EPB juga rentan mengalami masalah. Jika rem tangan elektronik mengalami kerusakan atau kesalahan dalam sistemnya, bisa membuatnya tidak berfungsi dengan baik.

Kampas Rem yang Aus

Kampas Rem yang aus dan kotor dapat menjadi penyebab rem tangan tidak berfungsi dengan baik, hal ini dapat mengurangi daya cengkeram dan kemampuan rem tangan untuk menahan mobil.

Kemudian jika kampas rem kotor tentu saja dapat menyebabkan gesekan yang tidak mereata dan mengurangi pengereman pada mobil anda.

Baca Juga: 5 Penyebab Kampas Rem Mobil Matic Lebih Boros Dibanding Mobil Manual

Sistem Rem Bermasalah

Terakhir, namun tidak kalah pentingnya, sistem rem utama yang bermasalah juga dapat memengaruhi kinerja rem tangan.

Beberapa masalah umum pada sistem rem utama meliputi kebocoran cairan rem, penuhnya tabung rem, atau masalah pada master silinder rem. Semua masalah ini dapat mempengaruhi tekanan rem secara keseluruhan, termasuk rem tangan.

Apa saja bahaya yang akan dialami jika rem tangan pada mobil tidak berfungsi, tentu saja ini hal yang akan dialami oleh anda.

  • Risiko Mobil Bergeser, Penyebab utama bahaya jika rem tangan tidak berfungsi adalah risiko mobil bergeser saat diparkir. Bayangkan situasi di mana kamu meninggalkan mobil di tanjakan atau permukaan yang tidak rata, dan rem tangan tidak bisa menahan mobil dengan baik.
  • Ancaman Keselamatan, Bahaya paling rem tangan yang tidak berfungsi adalah keselamatan pengemudi dan penumpang, rem tangan ynag rusak akan membuat mobil sulit dikendalikan dalam keadaan darurat.

Apakah saat ini anda mengalami gangguan pada mobil matic? Mungkin anda merasakan perpindahan gigi yang tidak tepat atau bunyi yang mengganggu, tentu saja anda harus melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Domo Transmisi menggunakan scanner, jadi jika kalian mengalami permasalahan pada mobil matic bisa diketahui secara tepat dan akurat, tentu saja kami menawarkan harga yang kompetitif dan terjangkau.

Jika perbaikan overhaul diperlukan, Domo Transmisi memberikan garansi 6 bulan atau setara 20.000 km, jadi anda tidak perlu ragu untuk melakukan perbaikan bersama kami.

Domo Transmisi merupakan ahlinya mobil matic sejak 2015, dan saat ini kami telah memperbaiki ribuan mobil matic, tertarik untuk melakukan pengecekan dan perbaikan?

Anda bisa menghubungi kami melalui nomor atau link berikut agar kedatangan anda saat ke bengkel kami tidak terkena antre, Domo Transmisi merupakan bengkel spesialis mobil matic yang bisa menjadi pilihan anda.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.