Ketahui Fungsi Parking Brake Lever

Ketahui Fungsi Parking Brake Lever

Tahukah anda pada mobil modern saat ini telah dilengkapi Parking Brake Lever, namun apa itu fungsi dan bagaimana cara kerjanya?

Bagi sebagian orang, parkir brake lever biasa disebut dengan rem tangan, komponen ini tentu saja membantu anda saat parkir.

Tahukah kalian bahwa brake lever memiliki fungsi yang lebih dari pada itu, simak disini.

Fungsi Parking Brake Lever

Apa saja Fungsi Parking Brake Lever, anda bisa menemukannya disini, Penting mengetahui komponen yang ada pada mobil anda.

Menjaga Kendaraan Tetap Diam

Parking brake lever atau yang biasa disebut rem tangan, adalah komponen penting dalam kendaraan yang berfungsi untuk menjaga kendaraan tetap diam ketika diparkir.

Rem tangan ini bekerja secara mekanis, berbeda dengan rem kaki yang bekerja dengan sistem hidrolik.

Fungsi utama dari parking brake lever adalah untuk mencegah kendaraan bergerak saat kita parkir, terutama di permukaan yang miring.

Rem tangan ini akan mengunci roda kendaraan sehingga kendaraan tidak bisa bergerak meskipun dalam kondisi mesin mati dan transmisi dalam posisi netral.

Baca Juga: Apa Pentingnya Mengaktifkan Rem Tangan Saat Parkir Mobil?

Fungsi Parkir Brake Lever saat Digas

Salah satu fungsi penting dari parking brake lever saat digas adalah sebagai alat bantu dalam situasi darurat. Saat rem kaki tidak berfungsi, anda bisa menggunakan rem tangan  untuk menghentikan mobil.

Selain itu, Fungsi Parking Brake Lever juga untuk membantu pengemudi melakukan start dari posisi diam, dengan menggunakan rem tangan kendaraan tidak akan mundur saat pedal gas diinjak.

Dengan memanfaatkan parking brake lever, pengendara dapat lebih mudah melakukan manuver di tanjakan tanpa harus takut kendaraan meluncur ke belakang.

Cara Kerja Parking Brake Lever

Untuk lebih mengetahui fungsi parking brake lever, kami akan menginformasikan cara kerjanya, yaitu rem tangan bekerja dengan cara menarik kabel yang terhubung langsung ke rem roda belakang.

Saat ditarik, kabel ini menarik kaliper rem yang akan mengunci roda dan mencegah bergerak. Berbeda dengan rem kaki yang menggunakan tekanan hidrolik, rem tangan bekerja secara mekanis.

Tips Mengemudi dengan Parking Brake Lever

Untuk anda yang baru mengemudi mobil, penting untuk melakukan latihan menggunakan rem tangan saat berada di tanjakan, Ini akan membantu Anda terbiasa dengan waktu yang tepat antara melepas rem tangan dan menginjak pedal gas.

Penting untuk hindari ketergantungan berlebihan pada parking brake lever. Gunakanlah sebagai alat bantu, bukan sebagai pengganti rem utama, kecuali dalam situasi darurat.

Tahukah kalian, bahwa penggunaan rem tangan secara mendadak bisa merusak transmisi mobil matic?

Penggunaan rem tangan secara mendadak pada mobil dengan transmisi matic bisa berisiko merusak transmisi.

Saat rem tangan ditarik secara tiba-tiba, terutama pada kecepatan tinggi, ini bisa menyebabkan tekanan yang tidak seimbang pada sistem transmisi.

Tidak hanya transmisi, penggunaan rem tangan secara mendadak juga bisa memberikan tekanan berlebih pada komponen mekanis lainnya, seperti kabel rem dan mekanisme rem pada roda.

Penting untuk menggunakan rem tangan secara bertahap, tarik tuas rem tangan secara pelan-pelan untuk menghindari kerusakan pada transmisi dan komponen lainnya.

Selain itu rem tangan yang mengalami kerusakan bisa berdampak pada komponen transmisi mobil matic anda?

Kenapa ini bisa berdampak terhadap Transmisi? Ketika rem tangan tidak dapat mengunci roda dengan maksimal, tekanan tambahan akan diberikan pada transmisi, terutama saat parkir di permukaan yang miring. Ini bisa menyebabkan kerusakan pada komponen yang ada didalam transmisi.

Untuk menghindari masalah ini, sangat penting untuk melakukan perawatan berkala pada rem tangan, agar komponen yang ada pada mobil anda tidak mengalami kerusakan khususnya transmisi mobil matic.

Tetapi jika anda sudah terlanjur melakukannya dan saat ini mengalami gangguan pada mobil matic anda, penting untuk mengambil langkah perbaikan dengan tepat.

Silahkan datang ke bengkel kami di Kelapa Gading, Jakarta Utara untuk melakukan pengecekan dan perbaikan.

Jika anda mengalami perpindahan gigi yang tidak tetap atau permasalah lainnya, reservasi sekarang juga melalui WA.

Teknisi Domo Transmisi akan mengambil langkah perbaikan dengan tepat dan sesuai dengan prosedur yang berlaku, reservasi melalui admin.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.