5 Penyebab Oli Rembes Dari Blok Mesin Mobil

Penyebab Oli Rembes Dari Blok Mesin Mobil

Pernahkah anda mengalami permasalahan yang membuat anda kesal yaitu Oli Rembes Dari Blok Mesin Mobil.

Oli yang rembes dari blok mesin merupakan masalah yang harus segera diatasi, kenapa? Karena oli pada mesin akan berkurang dan tentunya akan membuat mobil anda kekurangan oli.

Berbahayakah? Tentu saja iya karena oli yang berkurang akan membahayakan komponen pada mesin mobil dan membuat gesekan lebih cepat.

Oli Rembes Dari Blok Mesin Mobil

Penyebab Oli Rembes Dari Blok Mesin Mobil

Inilah beberapa Penyebab Oli Rembes Dari Blok Mesin Mobil, wajib paham simak disini.

Seal pada Mobil Perlu Diganti

Salah satu pemicu dari Oli Rembes dari Blok Mesin merupakan seal yang ada pada mesin minta diganti.

Seal berfungsi untuk mencegah oli keluar dari ruang yang seharusnya tertutup dengan rapat, seal bisa mengalami keausan karena faktor usia mesin, suhu terlalu ekstrem dan penggunaan yang berlebihan .

Penting untuk melakukan pengecekan secara langsung guna menghindari seal-seal mesin, jika menemukan tanda-tanda keausan tentu saja anda bisa melakukan penggantian.

Baca Juga: Ketahui Tanda-tanda Seal Transmisi Matic Perlu Diganti

Blok Mesin yang Retak

Jika pada mobil anda mengalami keretakan pada blok mesin, hal ini dapat menjadi penyebab oki rembes dari blok mesin mobil.

Keretakan bisa terjadi pada tekanan yang tinggi, atau suhu mesin yang berlebihan atau akibat benturan.

Jika ini terjadi pada anda, tentu saja akan membuat oli bocor keluar dan menciptakan rembesan yang tidak diinginkan oleh anda.

Periksa secara berkala pada blok mesin, jika menemukan retakan, segera ganti blok mesin agar mencegah kerusakan yang lebih parah.

Tekanan Terlalu Tinggi pada Mesin

Jika penggunaan mobil yang sering menghadapi kemacetan yang dapat menyebabkan suhu udara tinggi dan meynebabkan peningkatkan tekanan pada sistem mesin.

Hal ini akan mengakibatkan oli meluap dan mengakibatkan seal pada mobil tidak kuat lagi.

Untuk mengatasi masalah ini, pastikan untuk tidak hanya memperhatikan pemeliharaan mesin, tetapi juga memberikan istirahat yang cukup pada mesin saat berkendara.

Penggunaan Oli yang tidak Sesuai

Jika anda menggunakan oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi, tentu saja dapat menjadi pemicu olo rembes dari blok mesin.

Penggunaan oli yang tidak sesuai dapat menyebabkan tekanan yang berlebihan atau ketidakcocokan dengan bahan seal, yang pada akhirnya dapat mengakibatkan oli bocor.

Kelebihan Oli

Sesuatu yang berlebihan sangatlah tidak baik, sama halnya seperti oli yang lebih, hal ini dapat menyebabkan tekanan berlebihan pada mesin mobil.

Oli yang berlebihan dapat menciptakan tekanan yang tidak wajar dan memaksa oli akan mencari jalan keluar melalui segara celah termasuk dari seal atau retakan pada blok mesin.

Baca Juga: 6 Efek Oli Transmisi Matic Kebanyakan pada Semua Merek Mobil

Selain itu Oli yang berkualitas buruk atau sudah melewati umur pakai olinya dapat menjadi penyebab dari oli mobil yang rembes, Oli yang sudah kotor dapat menjadi kehilangan sifat pelumas dan meningkat risiko kebocoran.

Efek Sampinng oli rembes dari blok mesin merupakan masalah yang tidak dibiarkan, tentu saja volume oli pada mobil akan berkurang dan kemampuan untuk melumasi akan mengganggu.

  • Overheating mesin, Salah satu bahaya utama jika oli terus-menerus rembes dari blok mesin dan tidak segera ditangani adalah risiko overheating atau panas berlebih pada mesin. Oli berfungsi tidak hanya sebagai pelumas tetapi juga sebagai pendingin mesin.
  • Kerusakan pada seal, Rembesan oli yang terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan pada seal-seal dan gasket-gasket di sekitar blok mesin. Oli yang terus menerus menetes dapat merusak material seal dan gasket, membuatnya menjadi keras, retak, atau aus.

Tentu saja jika anda mengalami rembes pada komponen transisi, sebaiknya melakukan pengecekan terlebih dahulu agar kerusakan ini bisa diketahui terlebih dahulu dari mana asalnya.

Jika anda mengalami oli rembes pada mobil matic dan saat ini mengalami gangguan seperti perpindahan gigi yang tidak lancar atau bunyi yang menggangu, kami sarankan kepada anda untuk segera melakukan pengecekan?

Dengan menggunakan scanner, permasalahan yang ada pada mobil matic anda bisa diketahui, apakah anda ingi melakukan pengecekan? Silahkan hubungi kami melalui WA agar anda tidak terkena antre.

Domo Transmisi hadir di Kelapa Gading, Jakarta Utara tunggu apalagi datanglah ke bengkel kami untuk melakukan pengecekan, reservasi via WhatsApp pada nomor disini agar tidak terkena antre.

Domo Transmisi ahlinya mobil matic sejak 2015, anda tidak perlu ragu untuk memperbaiki kendaraan anda bersama kami.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.