Sulit Oper Gigi pada Mobil? Bisa Jadi Transmisi Mobil Bermasalah!

Sulit Oper Gigi pada Mobil? Bisa Jadi Transmisi Mobil Bermasalah

Transmisi merupakan bagian terpenting dalam kerja mesin kendaraan, terutama mobil. Fungsi dari transmisi yaitu kumpulan gigi rasio untuk membantu mengatur kecepatan dan tenaga dari dalam mesin. Jika sistem transmisi mengalami kerusakan, maka tenaga dari mesin tidak mampu disalurkan ke poros roda. Hal ini dapat menyebabkan sulit oper gigi hingga kendaraan sulit bergerak.

Banyak pihak yang beranggapan bahwa transmisi ini adalah bagian yang sangat sederhana, padahal di dalam transmisi terdiri dari berbagai macam komponen dan tidak hanya sekedar susunan gigi rasio. Dengan adanya sejumlah komponen yang terdapat pada transmisi, hal ini tentu akan membuatnya lebih cepat rusak jika tidak dirawat dan penggunaannya terlalu dipaksakan. Pengguna pun akan sulit oper gigi.

Kerusakan transmisi ini bisa membuat mobil tidak mampu berjalan dengan normal atau malah tidak bergerak sama sekali. Sebenarnya terdapat beberapa tanda atau gejala awal transmisi yang mengalami masalah sehingga Anda dapat mencegah kerusakan yang lebih parah lagi. Apalagi kerusakan transmisi ini bisa menyebabkan sulit oper gigi.

Gejala Kerusakan Transmisi Mobil

Gejala Kerusakan Transmisi Mobil yang Mengakibatkan Sulit Oper Gigi

Pada umumnya sebelum terjadi permasalahan pada transmisi, biasanya akan muncul tanda atau gejala. Anda harus sensitif dan teliti dalam merasakan gejala kerusakan yang muncul pada bagian transmisi mobil karena dapat menyebabkan sulit oper gigi. Hal yang perlu Anda ingat yaitu terlalu menganggap sepele kerusakan pada kendaraan dapat berujung perbaikan yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit harus Anda keluarkan.

  1. Suara Mendengung dari Sistem Transmisi

Gejala transmisi mobil mengalami kerusakan yang pertama yaitu suara mendengung dari sistem transmisi. Pada awalnya, suara yang menderu itu mirip seperti suara dari mesin. Namun, lama kelamaan suara itu bertambah keras seiring munculnya bunyi yang menyerupai ketukan benda-benda tumpul yang beradu. Apakah Anda pernah mendengar suara tersebut dari kendaraan kesayangan Anda?

Jika pernah, suara tersebut kemungkinan berasal dari beberapa komponen di peranti transmisi yang berbenturan karena mekanisme gerakannya terhambat akibat kurang kuatnya dorongan oli transmisi.

  1. Transmisi Sulit Oper Gigi

Gejala yang paling sering dirasakan oleh pengemudi saat transmisi mobil bermasalah adalah sulit memindahkan gear dari N ke gigi 1. Penyebab awalnya yaitu karena terjadi kerusakan atau permasalahan pada penghubung tuas dan withdrawal lever ataupun komponen lainnya yang terdapat di dalam transmisi.

Penyebab utama dari permasalahan dengan sulitnya oper gigi yaitu usia pemakaian yang tidak diiringi dengan perawatan. Sama seperti mesin mobil pada umumnya, bagian atau komponen transmisi juga dapat terjadi gesekan sesuai dengan putaran mesin. Dalam hal ini, oli transmisi merupakan bagian terpenting dalam hal menjaga fungsi komponen transmisi.

Jika Anda mengalami permasalahan ini, lakukanlah pemeriksaan dengan bantuan orang yang sudah ahli, bila perlu Anda harus melakukan penggantian transmisi agar kendaraan berfungsi normal dan tidak sulit oper gigi.

  1. Mesin Telat Merespon

Gejala transmisi mobil mengalami kerusakan yang pertama yaitu mesin telat merespon. Mungkin Anda pernah saat menginjak pedal gas, mesin tak langsung berjalan sesuai keinginan Anda, tetapi justru berderu keras? Jika pernah, itulah gejala ringan transmisi yang sedang bermasalah.

Dengan mesin kendaraan yang menderu ketika menginjak pedal gas dan responsnya telat bahkan berjalan tidak normal, artinya Anda harus mulai mengkhawatirkan bagian transmisi dan harus mengeceknya dengan sangat teliti. Hal tersebut terjadi karena kemungkinan besar drive plate atau plat kopling mobil Anda sudah sangat tipis jika kendaraan Anda menggunakan transmisi manual.  Jika menggunakan transmisi otomatis kemungkinan kinerja body valve akan melemah.

Dari permasalahan ini kemudian akan muncul tanda berupa sulit oper gigi saat mobil digunakan.

  1. Mobil Terasa Bergetar

Gejala transmisi mobil mengalami kerusakan yang selanjutnya yaitu mobil terasa bergetar. Mobil bergetar saat dikendarai terutama ketika melewati jalan aspal yang mulus, tentu saja harus dicurigai. Hal ini karena sudah bisa dipastikan Anda sedang mengalami gejala transmisi mobil yang mengalami kerusakan.

Ada beberapa penyebab mengapa mobil dapat bergetar. Untuk kendaraan matik, hal tersebut bisa terjadi akibat masalah mesin dan transmisinya. Jadi, Anda harus memeriksa mobil kesayangan pada bagian kampas kopling karena bisa saja hal tersebut bermula dari kampas kopling mobil Anda yang sudah mulai aus dan menyebabkan permukaan kampas kopling mobil tidak merata.

Mobil yang terasa bergetar ini kemudian berujung pada sulit oper gigi saat mobil digunakan, akibat dari sistem transmisi mobil bermasalah.

  1. Bau Terbakar

Gejala transmisi mobil mengalami kerusakan yang selanjutnya yaitu bau terbakar. Jika Anda tiba-tiba mencium aroma atau bau oli terbakar, sudah bisa dipastikan bahwa hal ini terjadi karena transmisi yang mengalami overheating atau terbakar sehingga harus diberikan pelumas. Fungsi pelumas pada umumnya tidak hanya membantu melancarkan pergerakan komponen mobil, tetapi juga membantu menjaga stabilitas suhu komponennya.

Beberapa kendaraan bermotor memiliki mini radiator untuk transmisi yang berfungsi mendinginkan pelumas. Biasanya yang menimbulkan pelumas oli berbau terbakar akibat transmisi panas berlebihan yaitu karena berkurangnya volume pelumas transmisi, baik itu karena bocor atau karena pelumas telah berubah menjadi kotor.

Hal ini tentu saja berbahaya bagi kendaraan Anda. Jadi, bau terbakar ketika kedaraan dijalankan memang patut dicurigai sehingga Anda harus mengeceknya dengan sangat teliti.

  1. Kopling Seret

Gejala transmisi mobil mengalami kerusakan yang selanjutnya yaitu kopling seret. Salah satu permasalahan yang menghantui para pengguna mobil manual yaitu kopling yang seret. Kopling yang seret terjadi karena disk kopling gagal terlepas dari flywheel ketika menginjak pedal kopling. Hal tersebut  mengakibatkan pengemudi sulit oper gigi karena kopling mobil masih terlibat dalam putaran mesin. Apabila dipaksakan pasti dapat membuat mesin mengeluarkan suara seret dan kerusakan akan bertambah parah. Perpindahan kopling yang tidak lancar tersebut sudah pasti diakibatkan kopling yang terlalu kendur di bagian pedal kopling.

  1. Susah Pindah Gear

Gejala transmisi mobil mengalami kerusakan yang selanjutnya yaitu susah pindah gear. Jika mobil Anda memiliki transmisi manual dan gear sulit dipindahkan, sudah bisa dipastikan bahwa transmisi mobil mengalami kerusakan. Biasanya, dugaan awalnya karena terjadi suatu permasalahan di sarana penghubung tuas dengan withdraw lever atau yang bisa disebut garpu kopling yang berfungsi untuk memindahkan gear.

Dugaan lainnya bisa jadi karena terdapat komponen yang sudah aus dan harus segera diganti. Maka dari itu, Anda harus berhati-hati. Respon yang cepat dapat membantu mengurangi kerusakan transmisi menjadi lebih parah.

Baca Juga: Transmisi Matic Tidak Mau Pindah Gigi

  1. Nyala Lampu “Check Engine”

Gejala transmisi mobil mengalami kerusakan yang selanjutnya yaitu nyala lampu check engine. Lampu check engine yang menyala dapat dikatakan sebagai pengingat paling awal bila terjadi kerusakan pada sistem transmisi. Hanya saja cahaya pada lampu check engine bisa menjadi pertanda kerusakan komponen lainnya yang tidak ada hubungannya dengan transmisi, sehingga ketika lampu check engine menyala, Anda tidak boleh langsung mengira transmisi yang jadi penyebabnya.

Saat ini, mobil keluaran terbaru bahkan sudah dilengkapi sensor di seluruh bagian mesin yang akan mengirimkan informasi ke sistem komputer bila terjadi permasalahan pada komponen tertentu. Dalam permasalahan transmisi, sensor bisa mengenali getaran dan mengidentifikasi masalah terlebih dahulu dari yang dirasakan oleh pengemudi.

Perlu Penanganan Tepat untuk Atasi Masalah Sulit Oper Gigi pada Mobil

Jika sudah merasakan perubahan atau keanehan seperti penjelasan di atas ketika sulit oper gigi pada mobil, sebaiknya Anda tidak membiarkannya begitu saja. Hal ini bisa membuat kerusakan bertambah parah, sehingga Anda harus memeriksakannya ke bengkel.

Penting pula untuk memilih bengkel yang memiliki spesialisasi di bidang transmisi mobil untuk atasi sulit oper gigi mobil, seperti DOMO Transmisi. Layanan terbaru dari Dokter Mobil ini telah teruji riset dan pengembangan yang panjang dari luar negeri langsung, dibekali dengan peralatan canggih berteknologi tinggi, serta ditangani oleh teknisi yang ahli, sehingga kualitas layanan perawatan dan perbaikan transmisi mobilnya sudah sangat terjamin.

Tertarik untuk atasi langsung permasalahan sulit oper gigi pada mobil Anda bersama DOMO Transmisi? Reservasi layanannya via melalui WhatsApp pada nomor 0882-1244-0591 atau hubungi disini sekarang atau kunjungi langsung cabang Dokter Mobil terdekat dari wilayah Anda apabila ingin terjun langsung untuk atasi permasalahan transmisi mobil Anda.

Penutup

Inilah informasi lengkap seputar penyebab sulit oper gigi pada mobil yang terjadi karena transmisi mobil bermasalah. Penting untuk mempercayakan permasalahan ini pada bengkel khusus transmisi mobil, seperti DOMO Transmisi, agar tak salah penanganan yang berujung pada kerusakan semakin parah.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.