5 Perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa

Perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa

Saat ini sudah banyak inovasi terabaru pada komponen ban, mungkin anda bertanya-tanya apa Perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa.

Apa saja keunggulan dan kekurangan dari keduanya? Banyak yang mengganggap bahwa ban tubeless lebih unggul dibandingkan ban biasa.

Tentu masing-masing ini bisa menjadi pilihan bagi anda, jika dalam waktu dekat ingin melakukan penggantian ban pada mobil anda.

Perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa

Apa saja Perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa, temukan jawabannya disini.

Desain Ban 

Ban Tubeless

Saat ini ban Tubeless diciptakan tanpa menggunakan ban dalam, karena terdapat lapisan khusus yang kedap udara pada bagian ban.

Tentu saja lapisan ini berfungsi untuk menahan udara agar tidak bocor, dengan ini maka kemampuannya dalam mengurangi risiko ban pecah secara tiba-tiba akan terhindari.

Ban Biasa

Ban biasa ini merupakan jenis ban yang menggunakan ban dalam, ban dalam berfungsi sebagai penahan udara.

Kelemahan dari ban jenis ini adalah risiko ban pecah secara tiba-tiba, dan sangat membahayakan anda karena bisa kehilangan kendali atas kendaraan.

Baca Juga: 5 Penyebab Drive Shaft Mobil Rusak, Wajib Tahu!

Ketahanan Ban

Ban Tubeless

Ban Tubeless tentu saja memiliki ketahanan lebih baik, sehingga jika terkena tusukan kecil ban ini tidak akan langsung bocor.

Selain itu, ban tubeless lebih kuat terhadap panas, karena adanya ruang udara yang lebih besar pada ban. Hak ini akan mebuat ban tubelss lebih awet dan tahan lama.

Ban Biasa

Ban Biasa lebih gampang terhadap kerusakan, ban ini terbuat dari material yang lebih tipis hal ini dapat membuatnya mudah bocor.

Selain itu, ban biasa juga lebih cepat panas karena adanya gesekan antara ban dalam dan luar.

Kenyamanan Berkendara

Ban Tubeless

Tentu saja Ban Tubeless memberikan kenyamanan, karena distribusi tekanan udara yang lebih merata di dalam ban.

Hal ini tentu saja menghasilkan kenyamana berkendara yang lebih baik, terutama pada kecepatan tinggi.

Ban tubeless juga memberikan stabilitas yang lebih baik dan mengurangi getaran.

Ban Biasa

Ban Biasa cendrung memberikan sensasi berkendara yang lebih keras, dengan adanya ban dalam dapat menyebabkan tekanan udara di ban tidak merata.

Getaran yang lebih tinggi dan stabilitas yang kurang optimal seringkali dirasakan oleh pengendara saat kecepatan tinggi.

Perawatan Ban

Ban Tubeless

Perawatan ban tubeless memiliki keunggulan pada perawatan, saat terkena tusukan, ban tubeless lebih mudah dan cepat untuk diperbaiki.

Ban Tubeless lebih mudah diperbaiki jika ban bocor, anda bisa menggunakan kit perbaikan khusus untuk ban tubeless tanpa perlu melepas ban dari velg.

Ban Biasa

Ban Biasa tentu saja membutuhkan perawatan, saat ban terkena tusukan, biasanya diperlukan penggantian atau perbaikan ban dalam.

Tentu saja proses ini membutuhkan waktu lebih lama karena ban luar harus dilepas terlebih dahulu dari velg.

Jenis Ban

Ban Tubeless

Ban tubeless tersedia dalam berbagai variasi dan ukuran, yang cocok untuk berbagai jenis kendaraan, mulai dari motor, mobil pribadi, hingga kendaraan komersial.

Ban Biasa

Ban biasa juga memiliki variasi yang luas, namun cenderung lebih banyak digunakan pada kendaraan-kendaraan lama atau kendaraan dengan kebutuhan khusus. Meskipun demikian, ketersediaan ban biasa di pasaran masih cukup tinggi.

Nah itulah Perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa, anda sudah mengetahuinya, jika anda mengalami kendala pada mobil matic silahkan datang ke Domo Transmisi.

Silahkan datang ke bengkel spesialis mobil matic untuk mendapatkan perawatan dan perbaikan pada mboil matic anda, reservasi sekarang melalui WA agar anda tidak terkena antre.

Domo Transmisi menghadirkan layanan paket jet clean cleaning body valve dan selenoid, tertarik untuk mencobanya?

Silahkan datang ke Domo Transmisi yang berada di Kelapa Gading, teknisi kami akan melakukan pengecekan terlebih dahulu dan mengambil langkah perbaikan dengan tepat.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.