5 Penyebab Drive Shaft Mobil Rusak, Wajib Tahu!

5 Penyebab Drive Shaft Mobil Rusak, Wajib Tahu!

Kerusakan pada drive shaft dapat disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari penggunaan yang tidak tepat hingga faktor alamiah. Sebagai pemilik mobil, Anda harus memahami penyebab drive shaft mobil rusak agar dapat mengambil tindakan pencegahan yang tepat.

Selain itu, mengidentifikasi kerusakan pada drive shaft sejak dini juga dapat membantu menghemat biaya perbaikan yang lebih besar di kemudian hari.

Oleh karena itu, simak informasi mengenai penyebab drive shaft mobil rusak berikut ini agar Anda lebih siap menghadapi masalah pada mobil Anda.

Penyebab Drive Shaft Mobil Rusak

Drive shaft merupakan salah satu komponen penting pada mobil yang memainkan peran vital dalam mentransfer tenaga dari transmisi ke roda penggerak.

Karena perannya yang sangat penting, kerusakan pada drive shaft dapat menyebabkan mobil tidak dapat berjalan dengan baik dan bahkan membahayakan keselamatan pengemudi dan penumpang.

Oleh karena itu, pemilik mobil perlu memahami apa saja penyebab drive shaft mobil rusak agar dapat mengambil tindakan pencegahan yang tepat dan menghindari kerusakan yang lebih serius pada mobil.

1. Kurangnya pelumasan

Penyebab drive shaft mobil rusak yang pertama adalah kurangnya pelumasan. Pelumasan adalah hal yang sangat penting untuk menjaga kinerja drive shaft agar tetap optimal.

Pelumas yang berlebihan atau terlalu sedikit dapat mempercepat keausan pada komponen drive shaft. Jika pelumasan tidak dilakukan secara teratur, maka dapat menyebabkan gesekan yang berlebihan pada drive shaft dan memperpendek masa pakai komponen ini.

2. Kerusakan pada bantalan drive shaft

Bantalan drive shaft adalah komponen yang berfungsi untuk menyangga drive shaft dan meredam getaran. Jika bantalan mengalami kerusakan atau aus, maka dapat menyebabkan getaran berlebih pada drive shaft dan mempercepat keausan komponen ini.

3. Overloading atau beban berlebihan

Penyebab drive shaft mobil rusak selanjutnya yaitu beban pada mobil yang berlebihan. Mobil yang digunakan untuk towing atau beban yang berlebihan dapat mempercepat keausan pada drive shaft. Beban yang berlebihan dapat mempercepat keausan pada joint dan komponen lain pada drive shaft.

4. Kondisi jalan yang buruk

Jalan yang tidak rata, berlubang, atau berbatu dapat mempercepat keausan pada drive shaft karena getaran yang berlebihan. Kondisi jalan yang buruk juga dapat mempercepat keausan pada bantalan dan joint pada drive shaft.

5. Ketidakseimbangan roda

Penyebab drive shaft mobil rusak terakhir yaitu roda yang tidak seimbang. Ketidakseimbangan roda dapat menyebabkan getaran berlebih pada drive shaft. Getaran ini dapat mempercepat keausan pada joint dan komponen lainnya pada drive shaft. Ketidakseimbangan roda biasanya terjadi ketika ban tidak dipasang dengan benar atau roda tidak seimbang dalam hal berat.

BACA JUGA: 5 Penyebab Transmisi D Tapi Tidak Jalan, Ternyata Karena Ini

Penyebab drive shaft mobil rusak dapat disebabkan oleh kurangnya pelumasan, kerusakan pada bantalan drive shaft, beban berlebihan, kondisi jalan yang buruk, dan ketidakseimbangan roda.

Untuk mencegah kerusakan pada drive shaft, penting untuk memastikan pelumasan yang tepat dan menghindari beban yang berlebihan. Selain itu, hindari jalan yang buruk dan pastikan roda mobil selalu seimbang. Melakukan perawatan berkala juga dapat membantu mencegah kerusakan pada drive shaft.

Punya Masalah Transmisi? Ke Domo Transmisi Aja!

Setelah mendapatkan informasi mengenai penyebab drive shaft mobil rusak, di Domo Transmisi Anda bisa mendapatkan pelayanan terbaik untuk semua masalah transmisi baik transmisi matic ataupun manual. Layanan Domo Transmisi dapat membantu mengembalikan performa mobil kesayangan anda seperti sedia kala.

Khusus untuk anda yang tinggal di daerah Jakarta Utara dan sekitarnya, anda bisa datang ke cabang Domo Transmisi berikut ini: Domo Trasnsmisi. Lokasi: Yayasan Kasih, Jl. Pegangsaan Dua No.88D, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

Untuk mendapatkan layanan dari Domo Transmisi, anda bisa melakukan reservasi online dengan cara menghubungi customer service Domo Transmisi melalui nomor 088_2124_40591 atau klik disini. Ayo hubungi Domo Transmisi sekarang juga! Karena jika beruntung, anda bisa mendapatkan diskon atau potongan harga menarik sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku!

Rani Sulistianti

Rani Sulistianti

Rani Sulistianti

Rani Sulistianti