Inilah Fungsi dan Peran Bagian CVT Mobil Matic

Fungsi dan Peran Bagian CVT Mobil Matic

Siapa disini pemilik mobil matic yang menggunakan transmisi jenis CVT?

Pada kesempatan ini kita akan membahas bagian CVT, yang merupakan kunci penting untuk pengoperasian mobil matic yang optimal.

Bukankah menyenangkan jika pengemudi mobil matic bisa berkendara tanpa harus repot-repot menekan kopling dan mengganti gigi

Fungsi dan Peran Bagian CVT Mobil Matic

Inilah Fungsi dan Peran Bagian CVT Mobil Matic yang wajib diketahui disimak disini.

  1. Fungsi CVT Mobil Matic

CVT Mobil Matic atau katrol variabel ini bisa berubah ukurannya secara otomatis untuk mengatur perbandingan antara putaran mesin dan roda.

Jadi, ketika kamu membutuhkan tenaga lebih untuk akselerasi, katrol ini akan menyesuaikan diri agar kamu merasakan sensasi perpindahan gigi yang halus

Baca Juga: Sabuk Baja CVT Putus, Salah Satu Permasalahan Transmisi CVT

  1. Sabuk CVT

Bagian selanjutnya yang tak kalah penting adalah sabuk CVT. Nah, sabuk ini seperti “penghubung” antara dua katrol variabel.

Ketika katrol pertama mengubah ukurannya, sabuk inilah yang menyampaikan tenaga dari mesin ke katrol kedua. Jadi, bisa diibaratkan, sabuk CVT ini membuat roda berputar tanpa henti.

  1. ECU CVT

Pada Mobil Matic terdapat ECU atau Electronic Control Unit adalah otak cerdas yang mengendalikan kinerja transmisi CVT.

Jadi, ketika kamu memberikan perintah untuk akselerasi atau pengereman, ECU ini akan berpikir cepat dan memberi sinyal pada katrol dan sabuk CVT untuk bekerja secara harmonis.

  1. Stepper Motor

Seperti namanya, stepper motor berfungsi untuk mengendalikan sabuk CVT agar responsif terhadap perintah pengemudi. Jadi, setiap kamu menekan pedal gas atau rem, stepper motor ini akan mengatur perubahan gigi secara halus tanpa ada getaran yang mengganggu.

  1. Oil Pump

Komponen ini bertugas memastikan minyak pelumas di dalam transmisi CVT beredar dengan lancar.

Bayangkan saja, tanpa minyak yang baik, mobil maticmu akan seperti sedang kehausan di tengah gurun pasir!

  1. Valve Body

Komponen Valve body ini bertugas mengontrol aliran minyak pelumas yang tepat untuk membuat perpindahan gigi menjadi lebih halus dan tanpa hambatan.

Jadi, ketika kamu menikmati perjalanan dengan mobil matic, seluruh proses ini seperti tarian lembut dan romantis yang tidak akan pernah mengganggu kenyamananmu dalam berkendara.

Jika kamu merasa ada sesuatu yang aneh dengan mobil maticmu, misalnya, perpindahan gigi yang tidak mulus, suara berisik dari transmisi, atau kendaraan terasa kurang responsif, jangan abaikan gejala tersebut.

Itu bisa menjadi pertanda ada masalah pada bagian CVT, lakukan juga pemeriksaan secara berkala terhadap komponen CVT seperti sabuk, katrol, dan komponen lainnya.

Ingin melakukan pengecekan pada CVT Mobil matic, anda bisa langsung datang ke Bengkel Spesialis Mobil Matic.

Domo Transmisi merupakan jawaban yang tepat untuk perbaikan mobil matic anda. Alami kerusakan dan gangguan sebaiknya jangan diabaikan atau ditunda perbaikannya.

Bagian CVT ini bisa dianggap sebagai jantung dari transmisi otomatis yang modern. Tanpa CVT yang bekerja dengan baik, mobil maticmu tidak akan bisa berfungsi dengan optimal

Oleh karena itu jika kalian mengalami kerusakan, silahkan datang ke Domo Transmisi yang berada di Jalan Pegangsaan Dua No.88D, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

Tidak ingin antre? Atau ingin melakukan konsultasi terlebih dahulu anda bisa melakuka reservasi melalui WhatsApp 0882_1244_0591.

Pastikan untuk menggunakan suku cadang asli dan melakukan perawatan yang teratur. Anda bisa datang ke Domo Transmisi untuk melakukan perbaikan.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.