Apa Oli Mesin Mobil Menguap Saat Macet?

Oli Mesin Mobil Menguap Saat Macet

Mungkin anda bertanya-tanya sebagai pemilik mobil Apa Oli Mesin Mobil Menguap Saat Macet??

Permasalahan ini mungkin bisa terjadi, meskipun terlihat sepele, lama kelamaan menguapnya oli mesin bisa menjadi adanya pertanda masalah pada mobil yang harus segera ditangani.

Pada kesempatan ini, kami akan menginformasikan apa saja yang menjadi penyebab oli mesin menguap saat mobil terkena macet dan cara mengatasinya.

Penyebab Oli Mesin Mobil Menguap Saat Macet

Kami sudah merangkumnya, inilah beberapa pemicu dari Oli Mesin Mobil Menguap Saat Macet, simak disini.

Peningkatkan suhu mesin

Saat anda terjebak macet, tentu saja mesin mobil akan cenderung menghasilkan panas berlebih.

Inilah salah satu penyebab utama mengapa oli mesin bisa menguap, ketika suhu mesin naik, oli akan menjadi lebih cair dan akan lebih mudah menguapnya.

Oli mesin yang seharusnya bertindak sebagai pelumas sekarang berada dalam kondisi di mana suhu dan tekanan yang tinggi membuatnya cenderung menguap.

Baca Juga: 5 Ciri Ciri Transmisi Matic Overheat yang Sering disepelekan

Tekanan Tinggi pada Mesin

Saat mobil terjebak dalam kemacetam, kendaraan anda akan menghasilkan tekanan lebih tinggi dari biasanya, hal ini akan membuat oli mesin menjadi lebih cair dan akan menguap.

Oleh karena itu, saat mobil berada dalam kondisi kemacetan yang membuat mesin bekerja lebih keras dan tekanan meningkat, risiko oli menguap semakin besar.

Berpengaruh pada Kualitas Oli Mesin

Kualitas Oli Mesin juga menentukan, menguapnya oli saat mobil terkena macet karena penggunaan oli yang kurang mamp untuk menahan panas pada saat mesin beroperasi pada suhu yang tinggi.

Oli mesin yang menguap bukanlah masalah sepele. Pemahaman yang lebih baik terhadap faktor-faktor seperti suhu mesin, tekanan, dan kualitas oli dapat membantu kita mencegah atau mengatasi masalah ini.

Nah itulah beberapa penyebab dari oli mesin mobil bisa menguap, tentu saja ini akan berdampak pada kesehatan mobil, apa saja efek sampingnya?

Efek Samping Oli Mesin Mobil Menguap

  • Penignkatkan Keausan Komponen Mesin, Salah satu dampak paling signifikan dari oli mesin yang menguap adalah peningkatan keausan pada komponen-komponen mesin. Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, mengurangi gesekan antarbagian mesin yang bergerak. Namun, saat oli menguap, terjadi gesekan berlebihan yang dapat menyebabkan keausan lebih cepat.
  • Peningkatkan Suhu Mesin, Ketika oli mesin menguap, kemampuannya sebagai pendingin mesin terganggu. Oli yang menguap menghilangkan lapisan pelindung pada komponen mesin, meningkatkan suhu mesin secara keseluruhan. Ini bisa berdampak negatif pada performa dan umur mesin.

Baca Juga: 8 Penyebab Oli Transmisi Matic Bocor, No 5 Tidak Disadari

Dampak dari oli mesin yang menguap saat mobil terkena macet dapat merusak kesehatan mesin secara keseluruhan.

Setelah mengetahui penyebab dan dampak oli mesin yang menguap saat mobil terjebak dalam kemacetan, langkah selanjutnya adalah mencari solusi praktis untuk mengatasi masalah ini.

Solusi terbaik adalah gunakan oli yang bisa menyesuaikan suhu iklim dimana tempat tinggal anda, anda dapat menggunakan oli 9 Circle.

Silahkan datang ke bengkel mobil matic terdekat Domo Transmisi untuk melakukan penggantian oli 9 Circle, inget oli yang berkualitas akan meningkatkan performa mesin mobil anda dan menjaga kesehatan mesin.

Lakukan penggantian oli transmisi per 20.000 km guna menjaga kekentalan oli dan fungsi dari oli sendiri, silahkan datang ke bengkel kami untuk melakukan penggantian oli.

Atau bagi anda yang mengalami permasalah akibat penggunaan oli yang tidak sesuai, lakukanlah reservasi melalui nomor berikut pada aplikasi WHATSapp agar tidak terkena antre.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.