Langkah-langkah Penggantian Oli Transmisi Mobil Toyota Avanza

Penggantian Oli Transmisi Mobil Toyota Avanza

Oli transmisi mobil Toyota Avanza secara umum melakukan dua fungsi vital, yaitu pelumasan dan pembersihan. Saat oli bersirkulasi melalui berbagai komponen transmisi, ia mengumpulkan dan menarik kotoran dan kontaminan yang dapat menumpuk saat suku cadang aus. Oli transmisi sangat penting untuk pengoperasian transmisi kendaraan Toyota Avanza Anda. Kendaraan yang berbeda memerlukan jenis oli transmisi tertentu, jadi pastikan untuk memeriksa buku pentunjuk untuk detailnya sebelum mengganti oli transmisi mobil Toyota Avanza.

Cara Mengecek Penggantian Oli Transmisi Mobil Toyota Avanza

Tidak yakin bagaimana cara memeriksa oli transmisi sebelum melakukan penggantian oli transmisi mobil Toyota Avanza? Tidak apa-apa! Berikut adalah lima langkah cara memeriksa oli transmisi dan sebagai pengingat, Anda juga harus melihat kondisi oli secara keseluruhan:

  • Biarkan mesin mobil menyala selama beberapa menit untuk memanaskannya ke suhu yang tepat. Setelah beberapa menit, pastikan mobil dalam keadaan terparkir sebelum mematikannya. Keluar dari mobil dan buka kap mesin.
  • Temukan dipstick oli transmisi Anda. Jika Anda memiliki mobil penggerak roda depan, Anda akan menemukannya di sebelah kanan dipstick oli. Jika diperlukan, buku petunjuk biasanya akan menyediakan diagram yang menunjukkan lokasi dipstick.
  • Geser dipstick keluar sepenuhnya dan ambil sedikit oli di jari Anda. Gosok di sekitar dan periksa warnanya. Oli transmisi dalam kondisi baik hampir jernih, dengan semburat merah muda. Jika gelap atau kotor atau berbau seperti terbakar, Anda harus segera menjadwalkan servis di bengkel terpercaya.
  • Dengan menggunakan lap, bersihkan dipstick hingga bersih. Masukkan kembali ke dalam tempatnya, lalu lepaskan sepenuhnya sekali lagi. Periksa level oli terhadap penanda dipstick. Jika levelnya jelas di bawah garis “Penuh”, maka Anda harus menambahkannya.
  • Hindari tumpahan dengan menggunakan corong untuk menambah oli transmisi baru. Anda perlu menambahkan oli sedikit demi sedikit agar masuk dengan sempurna.

Cara Mengecek Penggantian Oli Transmisi Mobil Toyota Avanza

Pengecekan oli transmisi mobil Toyota Avanza ini sangatlah penting untuk Anda ketahui guna merencanakan kapan dilakukan penggantian oli transmisi mobil Toyota Avanza. Karena jika oli transmisi telat untuk diganti, hal ini akan berdampak pada performa mobil secara keseluruhan.

Diagnosis Warna Oli Sebelum Penggantian Oli Transmisi Mobil Toyota Avanza

Diagnosis Warna Oli Sebelum Penggantian Oli Transmisi Mobil Toyota Avanza

Mengetahui gejala kapan penggantian oli transmisi mobil Toyota Avanza itu penting. Di sebagian besar kendaraan, tidak akan ada lampu indikator bahwa oli transmisi rendah, dan seperti halnya memeriksa oli, itu harus dilakukan secara manual pada dipstick. Setelah Anda melepas dipstick transmisi, metode terbaik dan teraman adalah mengoleskan dipstick pada selembar kertas atau jari Anda (pastikan oli tidak panas). Setelah itu, periksa olinya:

  • Warna merah muda atau kemerahan merupakan indikator bahwa oli transmisi dalam kondisi baik. Oli transmisi memiliki bau yang berbeda, tetapi seharusnya tidak berbau terbakar.
  • Jika ada warna pink tapi terlihat berbusa, pastikan transmisi tidak over-charging. Ini normal dalam beberapa kasus, tetapi harus selalu diperiksa.
  • Jika ada warna coklat atau hitam dengan bau terbakar, oli Anda sudah melewati siklusnya. Ketika ini terjadi pastikan transmisi sudah diperiksa.
  • Jika Anda melihat ada butiran pasir atau serpihan logam apa pun dalam oli, oli transmisi perlu diganti dan diperiksa.
  • Pastikan level oli tetap pada level yang tepat. Jika turun, saatnya inspeksi untuk menentukan ke mana oli itu pergi.

Baca Juga: Warna Oli Transmisi Berubah? Ini Tandanya!

Apa yang Anda Butuhkan saat Penggantian Oli Transmisi Mobil Toyota Avanza

  • Buku manual untuk pengantian oli transmisi mobil Toyota Avanza
  • Oli transmisi otomatis (spesifikasi OEM) yang sesuai untuk mobil Toyota Avanza
  • Dongkrak
  • Filter kit
  • Corong panjang
  • Panel penangkap oli
  • Kunci torsi
  • Kunci soket
  • Sarung tangan
  • Kacamata pengaman
  • Jack stand atau ramps
  • Handuk

Langkah-langkah Penggantian Oli Transmisi Mobil Toyota Avanza

  • Siapkan area penggantian oli transmisi mobil Toyota Avanza terutama untuk tetesan dan tumpahan. Kenakan sarung tangan dan kacamata pengaman.
  • Oli transmisi mengalir lebih baik saat sedikit dihangatkan, jadi biarkan mobil Anda diam selama beberapa menit sebelum penggantian oli transmisi mobil Toyota Avanza. Kemudian, matikan mesin Anda, dan angkat serta kencangkan kendaraan pada dongkrak.
  • Beberapa kendaraan memiliki steker penguras oli transmisi, sementara yang lain memerlukan tabung transmisi untuk dilepas. Tempatkan wadah tetesan di bawah transmisi Anda dan lepaskan sumbat pembuangan atau lepaskan baut secara perlahan di satu sisi tabung transmisi.
  • Pada kendaraan dengan sumbat pembuangan, biarkan oli mengalir selama sekitar 10 menit dan kemudian pasang kembali dan putar sumbat pembuangan sesuai spesifikasi. Lewati ke Langkah 10.
  • Pada kendaraan tanpa sumbat saluran pembuangan, setelah melepas baut tabung di satu sisi, perlahan-lahan mulai melepas sisa baut. Biarkan beberapa baut di salah satu sudut longgar, tetapi jangan lepaskan. Idenya adalah membuat tabung miring dan tiriskan dari satu sisi. Setelah semburan awal selesai, Anda dapat mengeluarkan tabung sepenuhnya dan membiarkannya selesai mengering.
  • Kikis bahan paking lama dari permukaan penyambungan pan transmisi. Kemudian lepaskan filter lama dan O-ring. Siapkan lebih banyak oli! Perhatikan lokasi pemasangan filter.
  • Kit filter transmisi otomatis biasanya berisi gasket dan O-ring untuk penyegelan filter. Tempatkan filter baru ke transmisi di lokasi yang sama dengan yang lama. Pastikan semua permukaan bebas dari kotoran dan semua saluran oli berbaris dengan benar.
  • Setelah membersihkan kotoran dari tabung, pasang gasket baru menggunakan lapisan tipis minyak berbasis minyak agar tetap terpasang. Awasi serutan logam atau partikel plastik, yang dapat mengindikasikan masalah transmisi. Jangan gunakan perekat.
  • Angkat tabung ke atas transmisi dan pasang baut, kencangkan jari. Gunakan kunci momen dan kencangkan baut sesuai spesifikasi pabrikan dalam pola berselang-seling. Mengencangkan baut dalam urutan yang benar sangat penting untuk paking yang terpasang dengan benar.
  • Turunkan kendaraan dengan aman.
  • Gunakan corong panjang untuk mengisi transmisi Anda dengan jenis dan jumlah oli yang disarankan. Pada transmisi yang tidak memiliki dipstick, lubang pengisian kemungkinan akan berada di samping, dan Anda mungkin perlu memasang selang di antara corong dan lubang pengisian. Atau, agar semuanya tetap sederhana dan tidak berantakan, gunakan pompa yang menempel pada botol ini.
  • Nyalakan kendaraan untuk memeriksa kebocoran. Kemudian biarkan berjalan selama beberapa menit dan putar semua roda gigi. Kemudian periksa ketinggian oli saat kendaraan dalam keadaan hangat, dalam posisi netral, dan diparkir di permukaan tanah yang datar. Pastikan untuk memeriksa kebocoran secara berkala selama beberapa hari ke depan setelah proses pengantian oli transmisi mobil Toyota Avanza.

Rekomendasi Cara Pengecekan dan Penggantian Oli Transmisi Mobil Toyota Avanza

Sekilas, cara pengecekan dan penggantian oli transmisi mobil Toyota Avanza mungkin terkesan rumit terutama bagi para pemilik kendaraan yang tidak dibekali dengan keahlian dan peralatan khusus. Namun, Anda sudah tidak perlu khawatir karena kini sudah ada bengkel terpercaya Dokter Mobil yang siap melakukan pengecekan, penggantian oli transmisi mobil Toyota Avanza dengan layanan terbarunya, yakni DOMO Transmisi.

Layanan perawatan dan perbaikan sistem transmisi dari DOMO Transmisi ditangani oleh peralatan berteknologi mutakhir dan teknisi yang ahli. Selain itu, telah teruji riset dan pengembangannya sehingga kualitas layanan DOMO Transmisi memang sangat terjamin.

Segera reservasi layanan DOMO Transmisi sekarang melalui WhatsApp pada nomor 0882-1244-0591 atau hubungi disini untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan DOMO Transmisi. Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari lokasi kediaman Anda untuk rasakan langsung layanan DOMO Transmisi.

Akhir Kata

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai penggantian oli transmisi mobil Toyota Avanza. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa penggantian oli transmisi mobil Toyota Avanza adalah hal yang sangat penting dilakukan untuk menjamin kualitas dan ketahanan komponen transmisi kendaraan untuk jangka panjang. Oleh karena itu, penting untuk rutin melakukan penggantian oli transmisi mobil Toyota Avanza di bengkel terpercaya seperti DOKTER MOBIL agar hasilnya maksimal.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.