Warna Oli Transmisi Berubah? Ini Tandanya!

Warna Oli Transmisi Berubah

Warna oli transmisi berubah menjadi satu hal yang harus sesegera mungkin untuk diambil tindakan. Seperti yang diketahui, untuk oli transmisi ini mempunyai fungsi untuk melumasi semua komponen mobil supaya bekerja dengan mulus.

Tidak hanya sekedar melumasi saja, akan tetapi pada oli transmisi mobil ini juga mempunyai peran penting menjadi penghantar pada mekanisme di dalam proses perpindahan gigi. Dengan adanya peran penting tersebut, Anda harus memperhatikan kualitas dari oli transmisi ini sangat penting dan selalu dijaga.

Apabila oli transmisi sudah mulai rusak dan warna oli transmisi berubah bisa langsung dilakukan pergantian. Ketika didiamkan dengan jangka waktu yang lama ini bisa membuat semua komponen mobil lainnya menjadi rusak.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai beberapa penyebab warna oli transmisi berubah. Sedangkan, untuk Anda yang penasaran dengan perihal oli transmisi mobil bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Penyebab Warna Oli Transmisi Berubah

Penyebab Warna Oli Transmisi Berubah

Seperti yang diketahui, untuk masalah perubahan pada oli transmisi ini bisa saja terjadi karena beberapa hal. Beberapa penyebab yang membuat warna oli transmisi berubah adalah:

Oli Transmisi Kotor

Salah satu cara yang mudah untuk memastikan warna oli transmisi berubah dengan cara memeriksa kualitas dari oli tersebut. Ketika Anda menggunakan kendaraan dengan transmisi otomatis, maka untuk proses tarik dipstick ini akan keluar dari transmisi tersebut.

Periksa juga konsistensi dan bersihkan semua cairan yang ada di dalam komponen tersebut. Setelah itu, celupkan kembali dan periksa levelnya sudah sesuai dengan prosedur atau belum.

Selain itu, anda juga bisa melihat dari segi warnanya. Untuk oli transmisi manual yang masih berada di kondisi baru cenderung mempunyai tekstur yang kendal dan akan menggelap sampai dengan berwarna hitam di saat sudah dipergunakan terlalu lama.

Sementara, untuk oli transmisi matic yang masih baru mempunyai warna orange, hijau, merah dan masih banyak lainnya. Tekstur yang diberikan juga lebih encer, ketika dipergunakan terlalu lama juga mengalami perubahan warna menjadi hitam.

Tandanya, untuk oli yang sudah mengalami perubahan warna bisa sesegera mungkin untuk melakukan pergantian. Jangan sampai abai dengan perihal yang satu ini, karena bisa memberikan dampak buruk terhadap kendaraan tersebut.

Baca Juga: Inilah Ciri-ciri Oli Transmisi Mobil Harus Diganti

Timbul Suara Berisik dari Komponen Transmisi

Penyebab warna oli transmisi berubah yang kedua adalah muncul suara berisik dari komponen transmisi. Untuk kondisi oli mobil yang kotor, biasanya akan menimbulkan gejala yang mirip dengan kondisi kendaraan kurang oli.

Ketika sudah sampai muncul suara yang aneh, maka Anda bisa langsung melakukan pemeriksaan pada bagian level oli dan kondisinya. Ketika bagian level oli sudah cukup tinggi, maka untuk kondisi tersebut sudah tidak baik atau harus diganti sesegera mungkin.

Suara yang muncul dari akibat oli transmisi ini bisa membuat para pengguna kendaraan tersebut merasa kurang nyaman. Bahkan, bisa saja dengan kondisi tersebut bisa memberikan dampak buruk terhadap kondisi mesin.

Roda Gigi yang Tergelincir

Untuk penyebab warna oli transmisi berubah kali ini masih belum banyak yang mengerti. Terjadinya roda tergelincir ini bisa saja terjadi, karena kurangnya tenaga hidrolik. Seperti yang diketahui, untuk kendaraan yang kekurangan hidrolik ini bisa membuat ban tergelincir.

Maka dari itu, Anda harus memastikan untuk tekanan roda gigi cukup. Selain itu, dengan kondisi oli mobil yang kotor ini bisa menghambat kinerja sistem dengan baik dan akibatnya merusak mesin mobil tersebut.

Tidak Bisa Bergerak Mundur

Mobil dengan kondisi tidak bisa mundur ini menjadi salah satu penyebab dari warna oli transmisi berubah. Artinya dengan kondisi tidak bisa mundur, karena komponen oli tersebut sudah terlalu kotor atau keruh.

Salah satu cara yang paling ampuh untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pengurasan oli. Setelah itu, Anda memberikan oli transmisi yang baru dengan kualitas lebih baik lagi.

Transmisi Menjadi Panas

Ketika oli transmisi mobil tidak bisa mengalir dengan baik, alhasil oli tersebut tidak bisa masuk ke dalam tangki pendingin. Bahkan, untuk penyebab warna oli transmisi berubah yang satu ini juga masih belum banyak yang mengerti.

Selain itu, slip gesekan dan peningkatan keausan pada transmisi kendaraan ini bisa lebih meningkat lagi. Bahkan, dengan kondisi panas inilah juga akan berpindah dan menyebar ke seluruh mesin mobil dan menyebabkan suhu kendaraan menjadi meningkat.

Cara Mengatasi Warna Oli Transmisi Berubah

Ketika sudah paham dengan penyebab oli transmisi yang mengalami perubahan, maka untuk selanjutnya Anda juga harus mengerti cara mengatasi permasalahan tersebut. Ada dua cara yang bisa dipergunakan untuk mengatasi permasalahan oli berubah warna, yaitu:

Melakukan Perawatan pada Bengkel Terpercaya

Seperti yang diketahui, untuk saat ini banyak sekali macam-macam jenis bengkel bermunculan. Sayangnya, tidak semua bengkel tersebut mempunyai kualitas yang terbaik dan benar-benar memberikan jaminan.

Akan tetapi, untuk mengatasi permasalahan warna oli transmisi yang sudah berubah warna dengan cara melakukan perawatan di bengkel mobil yang terpercaya. Dengan memilih bengkel mobil yang terpercaya inilah bisa memberikan hasil perawatan terbaik.

Lakukan diskusi oleh bengkel terpercaya mengenai perihal warna oli transmisi berubah. Sehingga, dengan hal tersebut bisa memberikan solusi yang bisa diambil untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Untuk pemilihan bengkel ini juga jangan mudah percaya begitu saja. Artinya, untuk Anda harus benar-benar memilih bengkel mobil yang bisa memberikan hasil pengerjaan terbaik. Untuk bengkel spesialis transmisi, layanan DOMO Transmisi dari Dokter Mobil bisa jadi pertimbangan utama untuk Anda.

Tak hanya layanannya dibekali oleh peralatan berteknologi tinggi dan ditangani oleh teknisi yang ahli, DOMO Transmisi juga melalui rangkaian riset dan pengembangan langsung dari Malaysia, sehingga kualitasnya memang sudah teruji.

Ingin coba buktikan? Atasi permasalahan seputar transmisi mobil kesayangan Anda di DOMO Transmisi dengan lakukan reservasi sekarang melalui WhatsApp pada nomor 088212440591 atau hubungi disini untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan DOMO Transmisi. Anda juga bisa langsung kunjungi cabang Dokter Mobil terdekat untuk coba langsung layanan DOMO Transmisi dari Dokter Mobil ini.

Melakukan Pergantian Oli Transmisi

Memberikan perawatan saja, tentu tidak cukup. Maka dari itu, untuk kondisi oli mobil yang sudah tidak memungkinkan bisa langsung dilakukan pergantian dengan baru atau lebih berkualitas lagi.

Untuk setiap oli transmisi yang ada saat ini mempunyai kandungan zat berbeda-beda atau tidak sama. Setidaknya, untuk kandungan zat yang ada di oli ini harus benar-benar mempunyai kualitas terbaik.

Tidak ada salahnya juga untuk mencari beberapa referensi oli transmisi di beberapa halaman internet terlebih dahulu. Cari juga oli transmisi yang menurut Anda paling cocok di kendaraan mobil.

Jangan sampai salah dalam pemilihan jenis oli transmisi, karena bisa memberikan dampak buruk di kemudian hari. Bahkan, bisa saja dengan pemilihan secara sembarangan ini bisa membuat kondisi mesin mobil menjadi menurun.

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa sampai dengan saat ini banyak dari kalangan masyarakat abai dengan perihal warna oli transmisi berubah. Akan tetapi, dengan adanya penjelasan diatas besar harapan banyak kalangan pemilik kendaraan motor lebih aware lagi dengan oli transmisi.

Jangan sering menunda, ketika oli transmisi sudah mengalami perubahan, karena bisa memberikan dampak buruk. Langsung melakukan pergantian disaat kondisi oli transmisi sudah mulai berubah warna.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai perihal warna oli transmisi berubah. Semoga, dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu Anda yang mempunyai kendaraan roda 4 atau mobil.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.