Berapa Liter Pengisian Oli Transmisi Mobil Matic

Merasa oli mobil Anda sering mengalami penipisan oli? Bahkan Anda sering merasa kapasitas ganti oli mobil matic lebih sedikit? Wajar, karena pada dasarnya mobil matic memiliki banyak perbedaan dengan mobil manual, salah satunya dengan perbedaan kapasitas berapa liter pengisian oli transmisi mobil matic dengan mobil manual.

Pemilik mobil penting untuk mengetahui kapasitas oli mobilnya seberapa liter dalam berapa liter pengisian oli transmisi mobil matic. Tidak hanya penting dalam melakukan pengisian oli, mengetahui kapasitas oli akan memudahkan pemilik mobil menentukan waktu yang sesuai dalam penggantian oli.

Memang terkesan sepele, namun banyak pemilik mobil yang luput dari perhatian ini. Akibatnya, mobil lebih cepat panas atau dikenal dengan overheat. Jika mesin mobil mudah mengalami overheat, akan lebih mudah untuk mesin mengalami kerusakan fatal. Terlebih jika mobil menjadi kendaraan sehari-hari, ditakutkan akan adanya kerusakan tiba-tiba. Karenanya perlu mengetahui kapasitas pengisian oli mobil dengan baik, dengan menanyakan juga berapa liter pengisian oli transmisi mobil matic.

Tentang Kapasitas Pengisian Oli Transmisi

Berapa Liter Pengisian Oli Transmisi Mobil Matic Berdasarkan Standar Ketentuan Pabrikannya

Penggantian oli akan berbeda tiap jenis mobilnya. Lama waktu pengisian dan kapasitas pengisian juga berbeda satu dan lainnya. Biasanya ganti oli akan membutuhkan sedikitnya 4 liter oli transmisi matic. Berbeda dengan kuras habis oli matic yang bisa mencapai 10 liter oli transmisi. Lebih dari 2 kali lipat dari ganti oli. Cukup banyak, bukan?

Penting untuk pemilik mobil melakukan pengecekan oli mengetahui jadwal dan kapasitas olinya dengan baik. Sisa oli akan dibuang dan diganti dengan oli matic hanya dengan membuka carter atau bak oli di bawah gearbox.

Dalam penggantian oli ternyata tidak semua oli matic tertampung di bagian carter itu. Masih ada bagian dari gearbox melintang yang terhubung ke drive shaft atau tempat clutch dan planetary gear. Bagian ini juga terendam oli tetapi tidak dapat langsung turun ke carter. Pengisian ulang oli tidak hanya melakukan pengisian, namun juga membersihkan beberapa sisa oli yang dapat menganggu mesin.

Untuk memudahkan Anda memahami kapasitas pengisian oli pada mobil matic, akan kami paparkan beberapa merek terkenal mobil beserta dengan kapasitas pengisiannya. Anda dapat menyesuaikan dengan jenis merek mobil matic yang Anda miliki. Inilah jumlah besaran berapa liter pengisian oli transmisi mobil matic untuk setiap pabrikan mobil.

Baca Juga: Inilah Ciri-ciri Oli Transmisi Mobil Harus Diganti

Kapasitas Oli Transmisi Mobil Matic Toyota

Mobil jenis petama yang akan kami jabarkan mengenai berapa liter pengisian oli transmisi mobil matic adalah Toyota. Mobil merek Toyota memiliki kapastias pengisian oli mobil matic sebagai berikut, untuk Toyota New Avanza ditelusuri dalam situs resminya berkapasitas oli mesin sebesar 2,7 liter untuk tanpa filter dan 3 liter untuk kapasitas oli dengan filternya. Adapun kapasitas mesin yang dipakai adalah 1.300cc, dengan kapasitas oli mesin terdiri atas 2,3 liter (tanpa filter) dam 2,5 liter (dengan filter oli).

Berbeda dengan Toyota New Kijang Innova yang memiliki kapasitas oli mesin mobil adalah terdiri dari 6,4 liter tanpa filter dan 6,6 liter dengan filter khusus untuk diesel. Untuk Toyota Land Cruise memiliki kapasitas oli yang lebih besar, dengan 9 liter tanpa oli dan 9,3 liter dengan filter oli. Kapasitas mobil SUV memang lebih besar, ini disesuikan dengan bentuk dan kekokohan mobil.

Akan sangat berbeda berapa liter pengisian oli transmisi mobil matic dengan tipe mobil sedan, Toyota All New Vios yang hanya memiliki kapasitas oli mesin sebesar 6 liter saja. Namun kapasitas oli ini jauh lebih besar dibandingkan dengan mobil-mobil dengan bentuk kecil, seperti Toyota Vios yang hanya memilikki kapasitas pengisian oli sebesar 3,3 liter (tanpa filter) dan 3,6 liter jika menggunakan filter. Sama halnya dengan Toyota Calya yang memiliki kapasitas pengisian oli minim dengan spesifikasi 3,2 liter pada oli tanpa filter dan 3,5 liter pada tanpa filter.

Kapasitas Oli Transmisi Daihatsu

Mobil merek kedua yang kami bahas mengenai berapa liter pengisian oli transmisi mobil matic adalah Daihatsu. Tiap merek mobil akan memiliki perbedaan dalam menentukan kapasitas oli. Jika dibandingkan dengan Toyota, Daihatsu jusru memiliki kapasitas oli mobil yang jauh lebih kecil. Kapasitas berapa liter pengisian oli transmisi mobil tertinggi adalah pada mobil Daihatsu Taft/ Rocky Diesel yang memang memiliki kapasitas oli tanpa filter sebesar 5,5 liter dengan oli filter sebanyak 6 liter. Kemudian ada mobil keluarga Daihatsu Espass dengan kapasitas oli tanpa filter sebesar 3,7 liter sedangkan ganti oli filter 4 liter.

Sangat berbeda jika dibandingkan dengan Daihatsu Sigra 1000cc yang hanya berkapasitas oli mobil tanpa filter sebesar 2,5 liter dan dengan oli filter 2,7 liter. Memang untuk tipe Sigra, Daihatsu sengaja memberikan kapasitas lebih kecil, begitu juga dengan Daihatsu Ceria. Kemudian berapa liter pengisian oli transmisi mobil matic merek Daihatsu lainnya.

Daihatsu Ceria yang lebih kecil memiliki kapasitas oli mobil keluarga ini dengan tanpa oli mesin 2,1 liter dan dengan ganti oli filter sebesar 2,3 liter. Tipe ini masih menjadi kapasitas oli paling kecil dalam beberapa tipe terakhir yang dimiliki Daihatsu.

Kapasitas Pengisian Oli Mobil Matic Honda

Ketiga yang akan kami jelaskan mengenai berapa liter pengisian oli transmisi mobil matic selanjutnya Honda. Untuk mobil merek Honda tidak jauh dari Toyota. Beberapa kapasitas oli berada pada kisaran 3-4 liter, baik pada oli mobil tanpa filter maupun oli filter. Untuk Honda Civic ES kapasitas oli mobil ini diketahui pada kapasitas oli tanpa filter 3,6 liter dan dengan filter 4 liter. Sedangkan untuk tipe lain, Honda CR-V Gen 4 justru lebih tinggi dengan kapasitas oli mobil tanpa filter sebesar 4 liter dan dengan filter oli sebesar 4,2 liter.

Pada merek mobil Honda, kapasitas berapa liter pengisian oli transmisi mobil matic paling kecil pada Honda Jazz GE8. Mobil stylish dengan model anak muda ini disipakan Honda dengan kapasitas oli mobil tanpa filter sebesar 3,1 liter sedangkan dengan filter sebesar 3,3 liter. Kapasitas ini dibandingkan dengan Honda CR-V berselisih 1 liter, cukup banyak ternyata.

Untuk tipe mobil merek Honda lainnya, seperti Honda Stream yang berkapasitas oli tanpa filter sebesar 3,5 liter dan dengan filter oli 3,8 liter. Honda Brio yang mungil nan gesit ini berkisar kapasitas oli tanpa filter 3,2 liter dengan ganti oli 3,8 liter. Dapat dibenarkan jika memang Honda memberikan kapasitas oli yang hampir sama, namun disesaikan lagi dengan model dan jenis mobilnya.

Kapasitas Pengisian Oli Mobil Matic Suzuki

Merek mobil Suzuki jauh lebih berfariatif dalam memberikan kapasitas oli nya. Ini dapat dilihat dari Berapa Liter Pengisian Oli Transmisi Mobil Maticnya. Seperti pada Suzuki APV mobil keluarga ini memiliki kapasitas oli tanpa filter sebesar 3,75 liter sedangkan untuk filter oli 4 liter. Kemudian Suzuki Neo Baleno memiliki kapasitas oli mobil yang tanpa oli filter 3,7 liter dengan oli filter sebesar 4 liter.

Hampir sama dengan itu, Suzuki Swift memiliki kapasitas oli mobil tanpa oli fiter sebesar 3,8 liter dengan oli filter sebesar 4,2 liter. Kemudian untuk Suzuki Grand Vitara 2000 memiliki tipe kapasitas oli tanpa filter sebesar 4,5 liter dengan oli filter sebesar 5 liter. Kemudian pada Suzuki Ertiga, tipe mobil keluarga ini memiliki kapasitas oli tanpa filter sebesar 3,1 liter dengan oli filter 3,4 liter.

Estimasi Berapa Liter Pengisian Oli Transmisi Mobil Matic Berdasarkan Kapasitasnya

Estimasi Berapa Liter Pengisian Oli Transmisi Mobil Matic Berdasarkan Kapasitasnya

Setelah mengetahui jumlah kapasitas oli mobil dan berapa liter pengisian oli transmisi mobil matic yang Anda miliki, penting untuk juga mengetahui estimasi pengisian oli berdasarkan kapasitas penyimpanannya. Oli mobil memiliki masa bertahan yang cukup lama. Namun masih perlu diperhatikan waktu yang tepat dalam penggantian oli. Waktu penggantian oli yang paling banyak dipakai adalah ketika sudah mencapai jarak tempuh 10.000 KM dengan pemakaian normal atau kurang lebih selama 6-12 bulan.

Anda dapat mengingat-ingat sudah berapa KM jarak terakhir yang tertera dalam mobil Anda ketika masa pengisian ulang oli. Anda dapat mencatatnya sekaligus memperkirakan penggantian oli kapan kedepannya. Begitu Anda mengetahui berapa liter pengisian oli transmisi mobil matic.

Selain itu, pastikan untuk mengisi oli transmisi Anda di bengkel spesialis transmisi yang terpercaya, seperti Dokter Mobil. Dengan layanan terbarunya, DOMO Transmisi, permasalahan hingga perawatan transmisi mobil semua bisa teratasi dengan tuntas di sini. Selain itu ada beragam keunggulan dari DOMO Transmisi dibandingkan bengkel lainnya, mulai dari menggunakan peralatan berteknologi canggih, teknisi yang terlatih dan ahli, serta melalui proses riset dan pengembangan langsung dari Malaysia, sehingga kualitasnya sangatlah teruji.

Reservasi layanan DOMO Transmisi sekarang melalui WhatsApp pada nomor 0882-1244-0591 atau hubungi disini untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan DOMO Transmisi. Karena DOMO Transmisi juga hadir di seluruh cabang Dokter Mobil, Anda juga bisa langsung mendatangi cabang Dokter Mobil terdekat untuk rasakan langsung layanan DOMO Transmisi.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.