Gangguan Kelistrikan Mobil Matic Transmisi, Wajib Paham

Gangguan Kelistrikan Mobil Matic Transmisi

Sistem kelistrikan mobil matic merupakan bagian terpenting pada mobil.

Mobil matic memiliki banyak jenis sistem kelistrikan, mulai dari pengisian daya, pengapian, penerangan hingga sistem elektronik dan sensor.

Apa saja permasalahan pada sistem kelistrikan matic mobil? Kami akan membahasnya agar Anda dapat memahaminya.

Gangguan Kelistrikan Mobil Matic Transmisi

Wajib diperhatikan jangan lupa share artikel bila bermanfaat, Gangguan Kelistrikan Mobil Matic Transmisi.

1. Aki yang Bermasalah

Siapa yang tidak kesal jika mobil tiba-tiba tidak mau hidup? Salah satu penyebab utamanya bisa jadi adalah aki yang bermasalah.

Gejala yang umum terjadi adalah mesin mobil sulit atau tidak bisa dihidupkan. Selain itu, Anda mungkin juga akan melihat lampu indikator aki menyala di dashboard.Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan aki bermasalah.

Salah satunya adalah usia aki itu sendiri. Aki yang sudah tua biasanya memiliki kapasitas yang menurun dan tidak bisa menyimpan daya dengan efisien.

Perawatan yang kurang baik juga bisa menjadi penyebabnya, misalnya terminal aki kotor atau berkarat. Kondisi cuaca ekstrim juga dapat mempengaruhi kinerja baterai.

2. Kerusakan pada Alternator

Alternator berfungsi untuk mengisi ulang aki dan memberi daya pada sistem kelistrikan mobil.

Jika alternator bermasalah, gejalanya mungkin berupa lampu redup, baterai cepat habis, dan mesin mati secara tiba-tiba.

Selain itu, lampu indikator pengisian daya di dashboard juga mungkin menyala.

Kerusakan pada alternator bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satu yang paling umum adalah komponen di dalam alternator yang aus, seperti bearing atau sikat.

Selain itu, kabel yang putus atau short juga bisa menjadi penyebab. Untuk mengeceknya, Anda bisa menggunakan alat tester alternator.

3. Gangguan pada Starter

Starter pada mobil matic adalah komponen yang berfungsi untuk menghidupkan kendaraan, jika anda mengalami permasalahan, gejalanya adalah mesin yang sulit atau tidak bisa dihidupkan. Anda mungkin akan mendengar suara “klik” atau “nging” saat mencoba menstart mesin, tetapi mesin tidak berputar.

4. Sensor Kecepatan

Sensor kecepatan merupakan komponen yang mengukur kecepatan roda. Ini sangat penting, karena sensor kecepatan untuk menentukan kapan transmisi harus berpindah gigi.

Jika terjadi masalah pada sensor ini maka dapat menyebabkan perpindahan gigi tidak merata atau bahkan terkunci pada gigi transmisi.

Gejala umum sensor kecepatan bermasalah adalah lampu di dashboard menyala. Selain itu, getaran atau ketegangan dapat terjadi saat berkendara. Ini merupakan Gangguan Sistem Kelistrikan Mobil Matic Transmisi.

Baca Juga: Kenali Fungsi Sensor Transmisi Mobil Matic, Ini Peran Penting

5. Selenoid Transmisi

Selenoid transmisi adalah komponen elektromagnetik yang mengontrol aliran oli transmisi untuk mengaktifkan perpindahan gigi.

Jika selenoid ini bermasalah, transmisi Anda mungkin terasa kasar dan tidak responsif. Gejala umumnya meliputi pergantian gigi yang kasar, tertunda, atau bahkan gagal.

Dalam kasus yang lebih serius, mobil bisa terasa sangat berat saat ditarik karena transmisi tidak bisa berganti ke gigi yang lebih tinggi.

Jika anda mengalami ganggan sistem kelistrikan mobil matic dan bagian transmisinya memilih untuk membiarkannya inilah bahaya yang akan anda alami.

Baca Juga: Selenoid Mobil Matic Rusak? Simak Ulasan Berikut

Bahaya Jika Diabaikan Kerusakan Kelistrikan Transmisi Mobil Matic

  • Jika sistem kelistrikan transmisi tidak dirawat maka dapat terjadi efek berantai yang merusak komponen lainnya. Semakin banyak komponen yang rusak maka biaya perbaikannya pun semakin besar. Belum termasuk waktu yang dihabiskan tanpa mobil Anda karena perlu perbaikan, yang tentunya sangat merepotkan.
  • Dapat menyebabkan kecelakaan. Masalah pada sistem kelistrikan transmisi dapat menyebabkan kendaraan menjadi tidak stabil dan sulit dikendalikan, terutama saat pergantian gigi. Hal ini tentu saja meningkatkan risiko kecelakaan. Jika transmisi terkunci pada gigi, Anda mungkin mengalami kesulitan dalam melakukan manuver darurat.Apabila anda mengalami permasalahan kelistrikan transmisi mobil matic atau permasalahan lainnya, anda tidak perlu khawatir.

Kami hadir untuk anda, bawa segera mobil matic anda ke bengkel spesialis matic yaitu Mobil Matic.

Dengan mekanik yang berpengalaman dan memiliki reputasi yang sangat baik, anda bisa melakukan perbaikan bersama kami.

Silahkan datang ke Bengkel kami yang berada di Jalan Pegangsaan Dua No.88D, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kecamatan Kelapa. Gading.

Hubungi Customer Services kami sekarang juga untuk mendapatkan layanan perbaikan mobil matic anda, telpon melalui WA di nomor 0882_1244_0591 (WA).

Domo transmisi ahlinya mobil matic sejak 2015, kami memberikan garansi bulan atau setara 20.000 km bagi anda yang melakukan perbaikan overhaul bersama kami.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.