5 Komponen Wajib Diganti saat Beli Mobil Matic Bekas

Komponen Wajib Diganti saat Beli Mobil Matic Bekas

Jika Anda ingin membeli mobil matic bekas dalam waktu dekat, ada beberapa bagian yang perlu diganti saat membeli mobil matic bekas.

Komponen apa saja Wajib Diganti saat Beli Mobil Matic Bekas? Hal ini penting untuk menjaga performa kendaraan matic Anda. Sebagai calon pemilik mobil matic, penting untuk mencegah penyakit daripada mengobatinya.

Tindakan ini merupakan salah satu cara untuk menghindari masalah saat menggunakan kendaraan matic Anda.

Komponen Wajib Diganti saat Beli Mobil Matic Bekas

Inilah komponen-komponen yang perlu diganti saat membeli mobil matic Bekas, lihat di sini.

Ban mobil

Ban merupakan salah satu bagian yang paling sering diabaikan. Faktanya, ban yang  aus dapat mempengaruhi performa dan keselamatan berkendara.

Oleh karena itu, saat membeli mobil bekas sebaiknya periksa kondisi ban dan lakukan penggantian jika diperlukan.

Pilih ban yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda. Penting untuk mengecek tanggal pembuatan dan pada ban.

Ban bekas seringkali lebih cepat aus dan lebih rentan terhadap kerusakan, ini merupakan salah satu Spareparts Wajib Diganti saat Beli Mobil Matic Bekas.

Saringan Udara

Fungsi filter udara adalah menyaring udara yang masuk ke dalam mesin. Jika filter ini kotor atau rusak, kinerja mesin mungkin terpengaruh.

Filter udara termasuk komponen Wajib Diganti saat Beli Mobil Matic Bekas. Oleh karena itu, gantilah filter udara saat membeli mobil bekas. Filter yang kotor dapat menyebabkan mesin bekerja lebih keras dan boros bahan bakar.

Sebagai pemilik mobil matic harus gunakan filter udara yang berkualitas, Ganti filter udara setiap 15.000 km atau sesuai anjuran pabrikan. Jangan lupa  untuk membersihkannya dari  kotoran.

Oli Gearbox

Cairan transmisi adalah nyawa kendaraan matic Anda. Tanpa cairan transmisi yang baik, komponen transmisi otomatis mobil Anda bisa cepat rusak.

Segera ganti cairan transmisi mobil matic Anda. Oli yang  kotor atau encer tidak akan melumasi mesin dengan baik sehingga dapat menimbulkan gesekan antar bagian dan merusak mesin.

Oli sintetis biasanya bertahan lebih  lama dan performanya lebih baik, namun harganya juga lebih mahal. Ganti oli transmisi per 20.000 km atau tergantung pemakaian kendaraan anda.

Ingatlah untuk selalu memeriksa level oli mesin. Gunakan alat pengukur level oli yang biasanya  tersedia di setiap mobil. Pastikan mesin dalam keadaan dingin saat memeriksa level oli.

Kampas Rem

Sistem pengereman yang kurang optimal dapat membahayakan keselamatan Anda. Jadi ingatlah untuk memeriksa dan mengganti bagian rem yang  aus.

Rem yang aus akan menimbulkan bunyi berdecit atau bahkan  membuat kendaraan tidak dapat berhenti dengan baik.

Periksa bantalan rem dan minyak rem secara rutin. Jika  menunjukkan tanda-tanda keausan, segera ganti.

Minyak rem juga sebaiknya diganti setiap beberapa tahun sekali untuk memastikan performa pengereman tetap optimal.

Sabuk gigi atau Belt

Timing belt merupakan bagian yang menghubungkan banyak bagian pada mesin. Jika timing belt putus, mesin bisa rusak parah.

Oleh karena itu, gantilah ikat pinggang saat membeli mobil bekas. Sabuk penggerak yang aus dapat menyebabkan mesin mati mendadak atau bahkan  merusak komponen mesin lainnya.

Baca juga: Sabuk Baja CVT Putus, Salah Satu Permasalahan Transmisi CVT

Penting untuk memilih Timing Belt Original. Timing belt biasanya terbuat dari karet sintetis yang tahan lama namun tetap harus diganti sesuai rekomendasi pabrikan. Jika Anda melihat keretakan atau keausan pada sabuk penggerak, segera ganti untuk menghindari kerusakan mesin  lebih lanjut.

Sekarang Anda sudah tahu bagian mana saja yang perlu diganti saat membeli mobil matic bekas. Jika Anda perlu mengganti komponen tersebut, sebaiknya segera pergi ke bengkel khusus mobil.

Anda dapat melakukannya dengan teknisi Transmisi Domo, dilengkapi dengan peralatan modern dan tim yang berpengalaman, kami akan mendengarkan keluhan yang timbul pada kendaraan matic Anda.

Silahkan datang ke Domo Transmisi yang berlokasi di Jalan Pegangsaan Dua No.88D, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec.Kelapa. Gading, Jakarta Utara.

Reservasi melalui WA agar anda tidak terkena antre melalui WA pada nomor 0882:1244:0591.

Semua suku cadang atau komponen yang digunakan oleh bengkel Domo Transmisi adalah original, hal ini ini penting dilakukan agar keawetan dan performa mobil anda tetap terjaga.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.