Ini Ciri-Ciri Mobil Bekas Banjir, Jangan Tertipu!

Ciri Mobil Bekas Banjir

Mungkin saat ini Anda  berencana membeli mobil matic bekas? Ini Ciri Mobil Bekas Banjir  Kamu harus berhati-hati, lho.

Membeli mobil bekas yang kebanjiran bisa berakibat fatal, apa saja ciri-ciri mobil matic bekas banjir? Selain masalah mesin, sistem kelistrikan juga bisa terganggu. Terlepas dari jangka panjangnya, bahkan dalam jangka pendek pun dampaknya bisa Anda rasakan.

Biaya perawatan kendaraan yang kebanjiran mungkin lebih tinggi. Memang banyak bagian yang harus diganti atau diperbaiki, mulai dari mesin hingga interior.

Pada umumnya mobil yang  terkena banjir akan cepat terjual, dan jika ingin menjualnya kembali di kemudian hari, jangan berharap mobil tersebut akan dihargai mahal.

Ciri-Ciri Mobil Bekas Banjir

Hal ini perlu Anda pahami dengan jelas, Anda perlu memahami Ciri Mobil  Bekas Banjir, wajib dipahami

Bau di dalam Mobil

Bau di dalam Mobil bisa menjadi Ciri Mobil Bekas Banjir. Mobil yang terendam banjir seringkali mengeluarkan bau khas seperti  jamur atau lantai basah.

Jadi, jika Anda merasakan bau yang tidak biasa saat membuka pintu mobil,  bisa jadi ini pertanda pertamanya.

Karpet dan kain pelapis adalah dua barang yang paling sering terkena dampak banjir.  Jika Anda mencium bau lembab atau melihat noda air, itu pertanda jelas.

Periksa juga apakah ada kerutan atau lengkungan pada bahan bantal dan karpet. Hal ini bisa terjadi karena proses pengeringan yang belum sempurna setelah direndam.

Kondisi Mesin

Karat pada mesin merupakan tanda yang sangat kentara. Jika Anda melihat  karat, terutama di  bawah mesin atau di sekitar komponen kelistrikan, ini pertanda kuat. Karat dapat merusak bagian-bagian mesin dan memperpendek umur kendaraan Anda.

Selain itu oli mesin yang berwarna putih kecoklatan tandanya ada campuran air. Hal ini bisa sangat berbahaya karena akan mengurangi kekentalan oli dan efektivitas pelumasan mesin.

Kemudian air dalam oli dapat menyebabkan korosi pada bagian dalam mesin. Berikutnya, suara mesin yang keras atau tidak stabil bisa menjadi pertanda adanya masalah serius pada mesin, terutama pada  bearing atau bagian lain yang memerlukan pelumasan.

Baca Juga: Mesin Mobil Bunyi Kletek-kletek? Ini Penyebabnya

Kelistrikan Mobil

Lampu dan indikator  mati merupakan tanda awal adanya masalah kelistrikan. Air  banjir dapat menyebabkan korsleting listrik sehingga mempengaruhi pengoperasian lampu dan indikator.  Jika Anda melihat gejala tersebut, segera periksa komponen kelistrikan lainnya.

Kabel dan soket yang berkarat atau basah adalah tanda yang jelas. Karat pada kabel dapat menghambat aliran listrik dan menimbulkan masalah pada sistem kelistrikan. Selain itu, busi yang basah dapat menyebabkan korsleting dan merusak komponen kelistrikan lainnya.

Tentunya kami akan menginformasikan mengenai dampak yang akan anda rasakan jika membeli mobil matic bekas banjir, apa saja yang akan dirasakan?

Dampak Beli Mobil Matic Bekas Banjir

  • Biaya perbaikan yang tinggi, Kendaraan yang terkena banjir seringkali memerlukan perawatan tambahan, tentunya biayanya akan lebih tinggi. Mulai dari penggantian suku cadang yang rusak hingga perawatan rutin yang lebih khusus. Karena banyak suku cadang yang perlu diganti dan diperbaiki, biaya perawatan mobil yang terendam banjir bisa dua kali lipat dibandingkan biaya perawatan mobil bekas biasa. Hal ini tentu akan berdampak pada keuangan Anda.
  • Penurunan harga jual kembali, Salah satu dampak lain dari pembelian mobil bekas yang kebanjiran adalah nilai jual kembali menjadi berkurang secara signifikan. Memang banyak orang yang ragu membeli mobil dengan riwayat seperti itu, kerugian nilainya bisa mencapai 20 hingga 30% dari harga pasaran. Hal ini tentunya akan merugikan Anda jika suatu saat ingin menjual mobil tersebut.
  •  Bersiaplah menghadapi overhaul transmisi, Membeli mobil matic bekas juga berarti harus menyiapkan biaya perombakan transmisi, karena memperbaiki bagian-bagian tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Pernahkah Anda membeli mobil matic yang kebanjiran?

Sudahkah Anda memeriksa komponen transmisi? Atau anda ingin melakukan overhaul transmisi ? Kendaraan yang terkena banjir memerlukan perawatan khusus, perawatan ini dapat Anda lakukan bersama kami.

Datang ke Domo Transmisi yang berlokasi di Jalan Pegangsaan Dua No.88D, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Kopral. Gading, Jakarta Utara.

Jika Anda tidak ingin kendaraan matic Anda rusak saat  digunakan, menghubungi Domo Transmisi  adalah solusi yang tepat untuk kendaraan Anda.

Lakukan reservasi setibanya di 0882.1244.0591 (WA) untuk menghindari antrian dan nikmati insentif dan diskon menarik sesuai  ketentuan yang berlaku.

Penting untuk berhati-hati saat membeli mobil matic bekas, apalagi jika mobil tersebut pernah terendam banjir.

Jika Anda perlu mengecek transmisi dan komponen mesin kendaraan bertransmisi otomatis, datanglah ke Domo Transmisi.

Domo Transmisi memberikan garansi 6 bulan atau setara 20.000 km untuk anda yang melakukan overhaul bersama bengkel kami.

Teknisi kami siap mendengarkan keluhan Anda dan mengambil tindakan perbaikan sesuai  prosedur yang berlaku.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.