Cara Kerja dan Fungsi Fitur Traction Control Mobil Matic

Cara Kerja dan Fungsi Fitur Traction Control Mobil

Jika berbicara tentang teknologi otomotif modern, Tration Control sudah menjadi pembicaraan orang-orang.

Sebagai orang yang ingin mengetahui, inilah Cara kerja dan Fungsi Fitur Traction Control Mobil Matic.

Tentu saja fitur ini nyaman bagi pengguna, terutama saat perjalanan jauh di jalan tol.

Cara Kerja dan Fungsi Fitur Traction Control mobil matic

Kami sudah rangkum cara kerja dan fungsi fitur traction control mobil matic, simak disini.

Traction Control Mobil Matic merupakan sistem yang diciptakan untuk mempertahankan kecepatan konstan tanpa pengemudi harus menekan pedal gas.

Pengemudi dapat mengatur kecepatan yang diinginkan dan mobil akan otomatis melaju pada kecepatan tersebut.

Begini cara kerjanya, sistem memonitor kecepatan kendaraan dan tentunya secara otomatis akan menyesuaikan untuk mempertahankan kecepatan tersebut.

Baca Juga: Pedal Gas Mobil Bergetar?

Keunggulan Fitur Traction Control mobil matic

Inilah keunggulan menggunakan Fitur Traction Control mobil matic, apa saja?

1. Berikan Kenyamanan

Cruise control diciptakan untuk memberikan kenyamanan pengemudi dalam perjalanan jauh, terutama di jalan tol.

Dengan fitur ini, pengemudi tidak perlu terus menerus menekan menginjak gas, sehingga mengurangi rasa lelah.

Selain itu, pada kecepatan konstan, konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat.

2. Bahan Bakar Lebih Irit

Dengan menggunakan fitur ini konsumsi bahan bakar menjadi lebih optimal. Hal ini tentunya dapat menekan biaya bahan bakar, terutama saat melakukan perjalanan jarak jauh.

Tetapi anda harus tetap mengawasi saat menggunakan fitur ini, agar tidak mengalami kesalahan atau hal yang tidak diinginkan.

3. Atur Kecepatan Mobil dengan Tepat

Saat berkendara di jalan tol, Anda mungkin tidak sengaja melebihi batas kecepatan. Dengan Cruise Control Anda dapat mengatur kecepatan sesuai batas yang diperbolehkan.

Jika ingin mengaktifkan fitur ini, biasanya terdapat tombol khusus di bagian kemudi atau dashboard.

Setelah diaktifkan, Anda dapat menekan pedal akselerator hingga mencapai kecepatan yang diinginkan, lalu “mengatur” kecepatan tersebut dengan menekan tombol “SET” atau sejenisnya.

Jika ingin menambah atau mengurangi kecepatan yang disetel, Anda tidak perlu mematikan Cruise Control. Cukup gunakan tombol “+” atau “-” yang biasa terdapat di setir.

Nah inilah Keunggulan Fitur Traction Control mobil matic, Kita akan membahas kesalahan saat menggunakan Fitur Cruise Control pada mobil matic.

Kesalahan Pakai Cruise Control pada Mobil Maic

Menggunakan Cruise Control memang memberikan banyak keuntungan, seperti kenyamanan dan efisiensi bahan bakar, Namun inilah kesalahan yang umum sering dilakukan oleh pengemudi.

  • Aktifkan Cruise Control di Jalan yang berkelok-kelok atau bergelombang mengharuskan pengemudi untuk memberikan perhatian khusus dan selalu menyesuaikan kecepatan. Mengaktifkan cruise control pada kondisi jalan seperti ini dapat mengurangi kemampuan pengemudi dalam mengendalikan kendaraan sehingga meningkatkan risiko kecelakaan.
  • Aktifkan dijalanan yang Basah, Saat jalanan licin atau basah, ban mobil lebih mudah kehilangan grip. Jika kontrol jelajah diaktifkan dan kendaraan mulai selip, sistem mungkin tidak bereaksi dengan cepat untuk mengurangi kecepatan atau memulihkan traksi.

Itulah kesalahan yang sering dilakukan pengemudi mobil matic ketika menggunakan Fitur Traction Control mobil matic, Namun yang jadi permasalahannya Mobil Matic anda mengalami gangguan?

Jika anda mengalami gangguan pada mobil matic, tentunya tidak perlu panik dan khawatir, karena permasalahan itu bisa diatasi oleh teknisi Domo Transmisi.

Kami akan melakukan pengecekan terkait keluhan yang terjadi pada mobil matic anda, silahkan datang ke bengkel kami.

Tidak perlu takut terkena antre, anda bisa melakukan reservasi melalui WA, hubungi CS Domo sekarang juga.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.