Cara Mudah Bersihkan Throttle Body Mobil Matic, Ingin Coba?

Cara Mudah Bersihkan Throttle Body Mobil Matic

Mobil Matic kini semakin mendominasi jalanan, tetapi kendaraan ini memerlukan perawatan khusus, terutama bagian Throtle Body.

Mungkin anda bertanya-tanya, bagaimana cara Mudah Bersihkan Throttle Body Mobil Matic yang benar? Kita akan memberikan cara yang tepat.

Throttle body yang kotor dapat menghambat aliran udara ke mesin sehingga menyebabkan konsumsi bahan bakar tidak efisien dan performa mesin menurun.

Pada saat itu, kotoran yang menumpuk dapat menyebabkan throttle body terkunci dan menyulitkan kendaraan untuk dihidupkan.

Cara Mudah Bersihkan Throttle Body Mobil Matic

Mudah, Inilah Cara Mudah Bersihkan Throttle Body Mobil Matic, apa saja yang harus dilakukan?

1. Siapkan alat-alat yang diperlukan

Sebelum memulai, pastikan Anda memiliki peralatan yang tepat. Anda akan memerlukan:

  • Obeng
  • Lap bersih
  • Semprotan pembersih khusus throttle body

Dengan peralatan yang tepat, proses pembersihan akan lebih mudah dan hasilnya juga maksimal.

2. Matikan mesin mobil

Pastikan mesin mobil Anda dalam keadaan mati dan dingin, hal ini penting untuk menghindari anda terkena cedera atau kesetrum saat mobil sedang menyala.

Setelah memastikan mesin telah mati, lepaskan kabel aki untuk menghindari aliran arus.

3. Buka Tutup Throttle Body

Gunakan obeng untuk melepas throttle body, Ingatlah untuk melakukannya dengan hati-hati agar tidak merusak komponen lainnya.

Setelah dibuka, Anda akan melihat bahwa bagian dalam throttle body mungkin berisi kotoran.

4. Bersihkan dengan Cleaner

Gunakan semprotan pembersih throttle body khusus. Semprotkan secara merata pada seluruh bagian throttle body, terutama bagian yang terlihat kotor.

Biarkan selama beberapa menit agar pembersih bekerja maksimal.

5. Bersihkan dengan Lap

Setelah didiamkan, gunakan lap bersih untuk membersihkan kotoran yang menempel. Lakukan dengan gerakan memutar dan pastikan semua kotoran terangkat. Jangan gunakan alat yang keras karena bisa merusak permukaan throttle body.

Setelah yakin throttle body sudah bersih, pasang kembali tutupnya dengan obeng. Pastikan semua baut terpasang dengan kencang agar tidak terjadi kebocoran udara.

Jika anda tidak memiliki peralatan yang lengkap atau mungkin ada merasa pembersihan yang dilakukan tidak maksimal, kami sarankan kepada anda untuk melakukannya bersama bengkel spesialis.

Nah saat ini, kami juga akan membagikan kesalahan saat membersihkan Throttle Body Matic Sendiri tanpa keahlian.

Hal yang dialami Jika Bersihkan Throttle Body Matic Tanpa Keahlian

  • Gunakan Cleaner yang salah, Banyak orang mengira bahwa semua pembersih memiliki fungsi yang sama. Namun, pembersih umum atau pembersih Throttle Body mungkin mengandung bahan kimia yang bisa merusak throttle body, Selalu gunakan pembersih khusus untuk throttle body.
  •  Tidak Mematikan mesin, Beberapa orang mungkin terburu-buru lupa mematikan mesin atau mencabut kabel aki sebelum memulai proses pembersihan. Itu sangat berbahaya. Selalu pastikan mesin dimatikan dan kabel aki dicabut sebelum memulai pekerjaan apa pun pada komponen mesin, termasuk throttle body.
  • Tidak ganti seal dengan benar, Setelah membersihkan throttle body, penting untuk memastikan bahwa semua bagian, termasuk gasket atau O-ring, telah dipasang kembali dengan benar. Kesalahan pemasangan dapat menyebabkan kebocoran udara yang menyebabkan kinerja mesin tidak stabil.

Baca Juga: Bahaya Ganti Seal Transmisi Mobil Matic

Nah itulah kesalahan jika anda Membersihkan Throttle Body Mobil Matic sendiri tanpa keahlian, sangat tidak disarankan.

Jika anda ingin melakukannya atau ingin melakukan perbaikan pada mobil matic anda karena mengalami gangguan atau permasalahan lainnya, kami sarankan kepada anda untuk datang ke bengkel spesialis.

Anda bisa datang ke Bengkel Domo Transmisi untuk melakukan perbaikan, jadi tunggu apalagi.

Tidak perlu takut untuk datang ke Domo Transmisi, teknisi kami akan menginformasikan secara transparan mengenai kerusakan mobil matic anda.

Ingin konsultasi? Atau mau langsung reservasi? Bisa banget! Anda bisa menghubungi CS Domo Transmisi melalui link disini.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.