Ini Hal Penting Cek Mobil Matic Saat Perjalanan Jauh

Penting Cek Mobil Matic Saat Perjalanan Jauh

Siapkah Anda melakukan perjalanan jauh dengan mobil matic? Namun sebelum Anda memulai perjalanan, ada beberapa hal yang perlu Anda periksa.

Agar perjalanan Anda aman dan tidak terganggu, inginkah Anda menemui kendala saat menggunakan kendaraan bertransmisi matic?

Jangan sampai masalah ini terjadi pada kendaraan matic anda, penting untuk memeriksakannya terlebih dahulu,

Hal Penting Cek Mobil Matic Saat Perjalanan Jauh

Kami telah menyusun daftar hal-Hal Penting Cek Mobil Matic Saat Perjalanan Jauh, Bacalah pembahasan berikut ini.

1. Periksa oli mesin dan transmisi

Oli pada mesin dan transmisi tidak hanya memiliki efek pelumasan tetapi juga berfungsi untuk mendinginkan dan membersihkan mesin. Tanpa jenis oli yang tepat, gesekan antar bagian mesin akan meningkat dan dapat berakibat serius. Selain itu, oli yang kotor dapat menumpuk kotoran dan merusak mesin.

Untuk memeriksa oli, pastikan kendaraan dalam keadaan rata dan mesin dalam keadaan dingin.

Gunakan tongkat celup oli dan pastikan level oli berada di antara “Minimum” dan “Maksimum”. Jika warna oli sudah hitam atau kecoklatan, ini tandanya oli perlu diganti.

Jika Anda sering harus melakukan perjalanan jauh, pertimbangkan untuk menggunakan oli sintetis yang lebih awet dan efektif. Selalu sediakan oli cadangan dan peralatan untuk mengganti oli seperti kunci pas dan botol oli. Ini merupakan Hal Penting Cek Mobil Matic Saat Perjalanan Jauh.

Baca Juga: Cara Mengecek Oli Transmisi Mobil

2. Pengecekan Ban

Ban yang optimal akan memberikan cengkeraman jalan yang baik, sehingga membuat kendaraan lebih stabil dan aman saat berkendara. Ban yang aus atau kempes bisa sangat berbahaya, terutama saat cuaca buruk atau jalan licin.

Gunakan pengukur tekanan ban untuk memastikan tekanan udara sesuai rekomendasi pabrikan.
Selalu periksa ban Anda sebelum dan sesudah perjalanan. Jangan lupa membawa alat ganti ban seperti dongkrak dan kunci roda.

3. Periksa Radiator

Radiator merupakan bagian penting pada sistem pendingin mesin. Jika ada masalah pada radiator, suhu mesin akan naik dan bisa menyebabkan panas berlebih.

Pastikan cairan radiator berada pada tingkat yang aman. Jika cairannya keruh atau mengandung sedimen, segera tiriskan atau bersihkan radiator.

4. Cek Komponen Rem

Jika rem tidak berfungsi dengan baik, risiko kecelakaan meningkat secara signifikan. Rem yang sudah minta diganti dan bermasalah juga akan mengurangi efisiensi bahan bakar.

Lakukan test drive singkat dan periksa apakah ada bunyi derit atau getaran saat pengereman. Bisa jadi ini tandanya kampas rem atau cakram rem perlu diganti.

5. Cek Kelistrikan dan Lampu

Lampu merupakan elemen penting dalam menjamin visibilitas, terutama saat berkendara di malam hari atau cuaca buruk. Masalah pada sistem kelistrikan dapat menyebabkan banyak komponen lainnya terganggu.

Jangan lupa untuk memeriksa lampu rem, lampu sein, dan lampu kabut Anda. Jangan lupa untuk melihat aki dan pastikan tidak ada kabel yang kendor atau korsleting.

Sekarang Anda sudah tahu apa saja yang perlu dicek saat mengendarai mobil bertransmisi matic jarak jauh, sehingga akan sangat berbahaya jika tidak dilakukan pengecekan.

Saat ini kalian sudah mengetahui Hal yang Perlu di Cek Saat Mobil Matic Perjalanan Jauh, nah ini bahaya jika anda tidak melakukan pengecekan, Apa saja?

Bahaya Tidak Mengecek Mobil Matic Saat melakukan Perjalanan

  • Tidak memeriksa oli, Jika pengendalian oli mesin diabaikan, risiko mesin menjadi terlalu panas akan meningkat. Hal ini dapat menimbulkan akibat yang serius, mulai dari kegagalan mesin hingga kerusakan permanen pada komponen mesin. Matinya mesin secara tiba-tiba di tengah jalan dapat menimbulkan risiko kecelakaan, apalagi jika terjadi di jalan raya yang padat atau pada malam hari.
  • Berbahaya jika tidak dilakukan pengecekan ban : ban yang tidak dirawat dengan baik dapat pecah atau meledak di tengah jalan, tentunya sangat beresiko tinggi menyebabkan kecelakaan. Jika ban sudah aus atau tekanan udaranya kurang, maka akan mempengaruhi pengendalian dan kestabilan kendaraan, terutama saat melaju atau mengerem secara tiba-tiba.
  • Tidak memeriksa radiator Sama seperti oli mesin, radiator yang tidak diperiksa dapat menyebabkan mesin menjadi terlalu panas. Hal ini bisa berakibat fatal, apalagi saat melakukan perjalanan jauh. Panas berlebih yang disebabkan oleh radiator dapat merusak komponen lain seperti paking kepala, sehingga biaya perbaikannya bisa sangat mahal.
  • Tidak memeriksa remnya, cukup jelas. Rem yang tidak berfungsi dengan baik berisiko terjadinya kecelakaan, terutama saat menuruni bukit atau cuaca buruk. Rem yang aus akan menyebabkan bagian lain seperti roda dan suspensi bekerja lebih keras.

Ingin melakukan perjalanan jauh dengan mobil matic? Dan apakah Anda sudah memeriksa transmisi otomatis mobil Anda?

Sebaiknya anda jharus melakukan pengecekan pada Transmisi Domo, sebelum memulai perjalanan jauh, sebaiknya anda rutin memperbaiki atau servis kendaraan matic anda.

Anda bisa datang ke bengkel kami yang berlokasi di Jalan Pegangsaan Dua No. 88D, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Ingin datang tapi malas antri? Anda dapat melakukan pemesanan dan konsultasi di 0882_1244_0591 (WA), customer service kami akan memberikan saran terbaik untuk mobil matic anda.

Tidak inginkan anda mengalami gangguan saat mobil matic anda digunakan sehari-hari, jadi tunggu apalagi datanglah ke Domo Transmisi.

Jika anda mengalami permasalahan atau kerusakan pada mobil matic, anda bisa datang ke bengkel kami untuk melakukan perbaikan dengan teknisi yang tepat.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.