Satu Nama Namun Berbeda, Ini Perbedaan Honda Jazz Matic dan CVT

Perbedaan Honda Jazz Matic dan CVT juga menjadi salah satu informasi yang sampai dengan saat ini masih banyak dicari oleh kalangan masyarakat. Artinya, masih banyak dari kalangan masyarakat yang belum paham mengenai perbedaan Matic (AT) dengan (CVT).

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan secara lengkap dan jelas mengenai perihal perbedaan Honda Jazz matic dan CVT. Sedangkan, untuk Anda yang penasaran apa saja perbedaan dari kedua hal tersebut bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Perbedaan Honda Jazz Matic dan CVT

Perbedaan Honda Jazz Matic dan CVT

Komponen matic dan CVT ini menjadi dua komponen yang sama-sama diaplikasikan pada kendaraan mobil. Selain itu, untuk kendaraan mobil matic dan CVT ini masih sama hanya memainkan pedal gas dan rem saja.

Akan tetapi, untuk perbedaan dari matic dan CVT ini tidak hanya bisa dilihat dari segi teknologinya saja. Akan tetapi, Anda juga bisa melihat dari cara kerjanya. Dengan paham mengenai cara kerjanya ini bisa mempermudah Anda untuk lebih banyak paham lagi mengenai kelebihan dan kekurangan dari keduanya.

Ketika dilihat dari segi cara kerja untuk CVT merupakan sistem yang sudah memanfaatkan dua komponen utama, yaitu puli dan sabuk baja. Pada setiap komponen puli ini akan didorong dengan sistem pompa fluida.

Sehingga, dengan cara kerja tersebut bisa mendapatkan tenaga yang lebih sempurna. Bahkan, untuk dua roda belakang juga bisa menyesuaikan mengenai perubahan kecepatan dan torsi secara tepat.

Dengan adanya sistem kerja tersebut juga bisa mengakibatkan kecepatan dari kendaraan mobil menjadi lebih konstan beban dari hentakan. Semua pengendara juga bisa merasakan perpindahan level kecepatan secara lebih halus dan nyaman.

Ditambah lagi untuk beban kerja pada mesin kendaraan menjadi lebih ringan. Sedangkan, untuk mobil Jazz dengan transmisi matic hanya dengan memanfaatkan torque converter saja.

Nantinya, untuk komponen tersebut akan memanfaatkan tekanan oli yang berasal dari valve body dari transmisi otomatis yang fungsinya menggerakkan input shaft. Dari cara kerja tersebut juga bisa memberikan dampak terhadap akselerasi menjadi lebih bagus dibandingkan CVT.

Akan tetapi, untuk masalah hentakan yang terjadi pada saat proses perpindahan gigi ini akan lebih terasa.Maka dari itu, engine brake dari transmisi Jazz matic ini tidak sebagus dari CVT.

Perbedaan Honda Jazz matic dan CVT selanjutnya bisa dilihat dari segi konsumsi bahan bakar. Di dalam sistem kerja transmisi CVT, untuk konsumsi bahan bakar yang dipergunakan akan lebih irit.

Hal tersebut bisa terjadi, karena disaat melakukan perpindahan gigi akan mengalami penurunan RPM. Dimana bahan bakar yang masuk ke ruang bakar akan mengalami penurunan.

Sangat berbeda dengan transmisi matic yang lebih banyak membutuhkan bahan bakar. Maka dari itu, untuk masalah akselerasi yang dihasilkan oleh kendaraan mobil ini menjadi lebih tinggi. Ditambah lagi untuk perawatan pada mobil dengan transmisi matic ini lebih murah dibandingkan dengan CVT.

Baca Juga: Kini Umum Digunakan, Ini Keunggulan Transmisi CVT Mobil

Perbedaan Honda Jazz Matic dan CVT dalam Kelebihan dan Kekurangannya

Perbedaan Honda Jazz Matic dan CVT dalam Kelebihan dan Kekurangannya

Setelah mengenal mengenai perbedaan Honda Jazz Matic dan CVT, maka untuk selanjutnya harus mengerti mengenai kelebihan dan kekurangannya. Dengan mempertimbangkan mengenai kelebihan dan kekurangannya, Anda akan bisa menyesuaikan lagi sesuai dengan kebutuhan sebelum membeli kendaraan.

Kelebihan Transmisi Jazz CVT

Pada saat melakukan perpindahan gigi, untuk tarikan pada kendaraan lebih terasa halus dan tidak terasa sama sekali. Sehingga, dengan hal tersebut bisa membuat pengemudi dan penumpang menjadi lebih nyaman.

Daya engine brake yang diberikan oleh kendaraan transmisi Jazz CVT ini menjadi lebih besar. Maka dari itu, sangat mampu dalam memberikan daya tanpa harus melakukan shifting termasuk pada saat jalanan menanjak.

Transmisi Jazz CVT ini tidak membuang tenaga dan bahan bakar secara berlebih. Hal tersebut bisa terjadi, karena untuk RPM yang diberikan lebih stabil dan konsumsi BBM menjadi lebih stabil.

Kekurangan Transmisi Jazz CVT

Biaya perawatan yang dibutuhkan lebih banyak dan mahal. Kenapa hal tersebut terjadi, karena di saat terdapat kerusakan pada transmisi harus melakukan pergantian secara keseluruhan. Contohnya, di saat melakukan penggantian belt dan pulley. Tentu saja, dengan hal tersebut bisa membuat kantong menjadi terkuras.

Jazz CVT ini bukan dirancang untuk memuat beban berat dan melalui medan yang sangat terjal. Sehingga, mobil dengan transmisi CVT ini kurang cocok jika Anda sering melakukan bepergian di area tersebut.

Untuk tarikan mesin akan terasa menjadi lebih pelan. Sehingga, sangat sulit sekali para pengemudinya untuk mendapatkan kecepatan yang instan. Banyak sekali dari para pengemudi yang tidak sabar dan sering terjadi masalah pada saat melewati jalanan macet.

Mobil dengan transmisi CVT merupakan satu pilihan yang tepat dipergunakan untuk di perkotaan dan tanpa beban berat. Akan tetapi, untuk para pengemudi mobil Jazz dengan transmisi matic juga harus mengerti kelebihan dan kekurangannya. Sebagai berikut beberapa kelebihan dan kekurangan mobil Jazz matic.

Kelebihan Mobil Jazz Transmisi Matic

Para pengguna mobil Jazz transmisi matic bisa merasakan akselerasi yang lebih cepat dibandingkan transmisi CVT. Seperti yang diketahui, untuk mobil Jazz transmisi CVT ini mempunyai keterbatasan.

Apabila terdapat beberapa komponen yang harus diganti masih bisa dilakukan secara mudah didapatkan. Artinya, sangat berbeda dengan transmisi CVT yang mengharuskan penggantian semuanya. Secara otomatis biaya yang dibutuhkan juga akan menjadi lebih sedikit.

Perawatan yang dilakukan bisa menjadi lebih mudah dan bisa langsung berkunjung pada bengkel resmi terdekat.

Jazz Matic memang lebih cepat dan mempunyai perawatan yang lebih mudah. Akan tetapi, tetap saja masih mempunyai beberapa kekurangan yang harus diketahui oleh para penggunanya.

Kekurangan Mobil Jazz Transmisi Matic

Hentakan yang diberikan oleh Jazz transmisi matic ini akan lebih terasa di saat melakukan perpindahan gigi. Sehingga, dengan hal tersebut bisa menimbulkan rasa tidak nyaman yang dirasakan oleh pengemudi dan penumpangnya.

Konsumsi bahan bakar pada Jazz transmisi matic ini lebih banyak dibandingkan CVT. Maka dari itu, untuk Anda yang suka bepergian dengan jarak jauh harus siap-siap dana lebih banyak.

Pergantian engine brake harus dilakukan secara bersamaan. Dengan hal tersebut bisa dilakukan secara bersamaan dengan perpindahan model transmisi.

Penutup

Saat ini Anda sudah mengerti mengenai perbedaan Honda Jazz Matic dan CVT sudah tidak bingung lagi mengenai kedua transmisi tersebut. Sehingga, dengan hal tersebut juga bisa mengerti mana kendaraan yang lebih mudah untuk dipergunakan setiap hari.

Bagi Anda yang mempunyai kendaraan Jazz dengan salah satu jenis transmisi tersebut jangan lupa untuk sering melakukan service secara rutin. Selain itu, dengan transmisi ini menjadi komponen yang paling penting untuk dilakukan pengecekan secara berkala demi memastikan kenyamanan di saat berkendara.

DOMO Transmisi dari Dokter Mobil bisa menjadi pilihan bengkel spesialis transmisi yang tepat untuk Anda percayakan seputar transmisi mobil Anda.

Dengan riset dan pengembangan yang teruji dari luar negeri langsung, dibekali dengan peralatan canggih berteknologi tinggi, dan ditangani oleh para teknisi yang ahli, membuat layanan perawatan dan perbaikan sistem transmisi mobil di DOMO Transmisi sudah terjamin mutunya.

Untuk konsultasi langsung seputar transmisi mobil Jazz Anda, reservasi layanan DOMO Transmisi sekarang melalui WhatsApp pada nomor 088212440591 atau hubungi disini.

Demikian penjelasan secara lengkap mengenai perbedaan Honda Jazz Matic dan CVT. Semoga, dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu Anda yang ingin membeli kendaraan Honda Jazz.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.