Penyebab Masalah Gearbox Honda City

masalah gearbox honda city

Masalah Gearbox Honda City – Pada saat ini, sudah terdapat dua buah opsi transmisi dari sebuah mobil, yakni untuk transmisi manual dan juga otomatis atau yang biasa disebut dengan matic. Pada masing-masing jenis transmisi ini, tentunya akan memiliki sebuah kelebihan dan juga kekurangan. Pada setiap mobil, mereka memiliki sebuah proses yaitu kemampuan transmisi daya yang sangat menarik dari bagian mesin ke roda mobil. Dari semua komponen mekanik mobil yang berpartisipasi di dalam proses tersebut, komponen yang paling penting adalah kotak persneling mobil atau yang disebut dengan gearbox.

Salah satu bagian yang terpenting dari mobil yang selama ini selalu diindahkan, yaitu persneling mobil atau Gearbox, ternyata juga merupakan komponen yang sangat vital bagi mobil. Fungsi dari Gearbox ini adalah untuk mentrasmisikan daya agar mesin mobil bisa bergerak.

Penyebab Masalah Gearbox Honda City

Penyebab Masalah Gearbox Honda City

Sayangnya, terdapat beberapa penyebab masalah gearbox Honda City yang menyebabkan komponen ini rusak. Lalu, apa saja yang menyebabkan gearbox mobil rusak? Berikut adalah penjelasannya.

Rem Terus Menerus Diinjak saat Mobil Melaju

Gearbox memang bagian yang sangat penting dan vital pada mobil. Oleh karena itu, menjaga agar Gearbox tetap baik adalah hal yang penting. Tapi, terkadang ada beberapa kebiasaan sepele yang justru menyebabkan kerusakan pada bagian transmisi mobil ini. Salah satu kebiasaan yang membuat Masalah Gearbox Honda City dan bisa menyebabkan kerusakan adalah dalam menginjak rem mobil.

Kebiasaan pengemudi dalam menginjak rem secara terus-menerus di jalanan yang sedang menurun merupakan salah satu penyebab masalah gearbox Honda City. Salah satu kebiasaan ini bisa berefek pada gearbox. Hal ini disebabkan adanya sebuah gesekan antara komponen satu dengan yang lain pada mobil yang bisa menyebabkan cepat aus.

Pada saat melewati sebuah jalan yang menurun, kita memang butuh sebuah kehati – hatian yang penuh. Tetapi, dalam kehati-hatian ini Anda juga harus memperhatikan cara Anda dalam memperlakukan mobil. Pada saat Anda menginjak rem mobil, sebaiknya lakukan secara tepat. Selain itu, lakukan juga pengereman dengan interval yang baik pula agar tidak menjadi penyebab adanya masalah Gearbox Honda City.

Cara Berakselerasi dan Posisi Gigi yang Kurang Tepat

Selain cara pengereman pada mobil yang kurang tepat bisa jadi menjadi penyebab adanya masalah pada bagian Gearbox Honda City. Faktor selanjutnya adalah karena cara berakselerasi yang tidak tepat. Hal ini tentunya perlu diperhatikan, terutama bagi Anda yang merupakan pemilik mobil yang sudah dilengkapi dengan lampu indikator pada saat melakukan perpindahan gigi. Dalam melakukan perpindahan gigi, Anda perlu melakukannya dengan tepat agar tidak terjadi kerusakan pada bagian transimisinya.

Hal ini karena ada banyak pengemudi mobil yang akan meletakkan memposisikan shifter mereka ke posisi D sebelum melakukan penghentian secara tiba-tiba. Kebiasaan buruk yang satu ini adalah hal yang harus dihindari. Karena kebiasaan ini pada akhirnya akan menyebabkan masalah Gearbox Honda City. Dimana bisa mengakibatkan gigi yang ada di dalam transmisi ini pecah.

Jika hal ini sampai terjadi, maka jelas transmisi mobil Anda akan mengalami kerusakan. Tentunya Anda juga tidak menginginkan hal ini bukan? Oleh sebab itu, penting untuk mengindari kebiasaan buruk yang satu ini. Karena kebanyakan dari kita, akan melakukan hal ini secara spontan atau tidak sadar karena terburu-buru.

Sehingga, lain kali Anda jika Anda perlu untuk melakukan penghentian seperti saat ingin keluar dari gang kecil. Pastikan Anda berhenti terlebih dahulu setelah membawa mobil mundur, sebelum akhirnya memposisikan transmisi ke posisi D. Selain hal itu, melakukan sebuah akselerasi dengan gigi mobil yang terlalu tinggi juga akan membuat mobil bekerja lebih keras. Hal ini tentunya akan bisa menyebabkan sebuah masalah Gearbox Honda City dan bahkan kerusakan.

Mobil Membawa Muatan yang Berlebihan

Setelah membahas tentang beberapa penyebab masalah gearbox Honda City sebelumnya, faktor yang selanjutnya adalah karena muatan mobil yang berlebih. Mobil yang terlalu banyak membawa muatan yang tidak perlu, jelas menjadi sebuah masalah. Faktor yang satu ini juga kerap kali menjadi sebuah permasalahan yang serius. Hal ini bahkan juga bisa membuat gearbox mobil menjadi rusak.

Muatan pada mobil ini sebenarnya adalah hal yang penting diperhatikan. Terlebih lagi, jika dari pabrikan mobil juga sudah merekomendasikan kapasitas yang tepat untuk muatan dari mobil ini. Membawa muatan yang berlebihan dan di luar kapasitas asli mobil jelas sangat tidak disarankan. Terlebih lagi, jika hal ini dilakukan terlalu sering dan dijadikan sebuah kebiasaan, hal ini akan bisa memicu masalah gearbox Honda City dan membuat gearbox mobil tersebut menjadi rusak.

Alasan dibalik hal ini adalah, terlalu banyak membawa muatan akan bisa membuat ketegangan yang begitu ketat pada bagian rem. Bahkan, hal ini juga akan membuat suspensi mobil yang memang terhubung dengan Gearbox juga bekerja lebih ekstra karena adanya ketegangan yang ketat tersebut.

Mengistirahatkan Tangan pada Roda Gigi

Hal yang menyebabkan masalah Gearbox Honda City yang selanjutnya adalah karena mengistirahatkan tangan pada roda gigi. Biasanya, ada seorang instruktur mengemudi yang akan memberitahu Anda agar kedua tangan Anda tetap memegang kemudi setiap saat. Tetapi, kadang ada banyak dari kita yang mengembangkan hal ini sebagai kebiasaan buruk. Dimana segera setelah gigi L dimasukkan, kita akan langsung menjalankan mobil.

Salah satu contohnya adalah mungkin Anda akan langsung meletakkan tangan Anda pada tongkat penyangga. Tanpa diketahui, hal ini terkadang juga jadi penyebab masalah gearbox Honda City.

Tuas dari gear mobil tersambung dengan tuas dari transmisi. Dimana tuas ini didesain untuk bisa melakukan kontak dengan boks gear dan juga dapat berputar secara cepat dalam waktu yang singkat. Posisi tangan yang Anda letakkan pada roda gigi, akan beresiko membuat gear stick menjadi cepat aus. Bahkan, pada beberapa buku panduan manual pemilik. Secara khusus mereka menyarankan agar Anda tidak menempelkan tongkat pada roda gigi ini.

Tidak Mengganti Oli Transmisi Mobil

Seperti yang diketahui bahwa oli mobil adalah hal yang penting untuk komponen mobil. Oli berfungsi sebagai sebuah pelumas mesin, dan oada setiap komponen pasti akan membutuhkan oli ini. Sama halnya dengan bagian transmisi, ia juga memiliki oli. Melakukan perawatan pada mobil berarti melakukan pengecekan dan juga penggantian untuk setiap cairan yang ada di mobil.

Hal ini juga berlaku untuk bagian transmisi. Jika mobil sering digunakan, maka kita juga harus rajin melakukan pengecekan secara berkala. Hal ini dilakukan untuk mengecek apakah oli transmisi berkurang atau tidak. Karenanjika oli dari transmisi ini berkurang, jelas ini akan menyebabkan sebuah kerusakan, karena tidak ada cairan yang akan bertugas untuk mendinginkan sistem transmisi.

Baca Juga: Inilah Ciri-ciri Oli Transmisi Mobil Harus Diganti

Melakukan Servis Rutin Untuk Mencegah Kerusakan

Setelah mengetahui tentang penyebab dari kerusakan gearbox. Maka, Anda tentunya harus lebih perhatikan pada mobil Anda. Selain itu, jangan lupa untuk selalu rutin melakukan servis. Salah satu tempat servis gearbox mobil yang terpercaya adalah DOMO Transmisi. Layanan terbaru dari Dokter Mobil ini menggunakan peralatan berteknologi tinggi dan ditangani langsung teknisi yang ahli. Selain itu, telah teruji riset dan pengembangannya, sehingga kualitas layanan DOMO Transmisi memang sangat terjamin.

Reservasi layanan DOMO Transmisi untuk atasi masalah gearbox Honda City Anda sekarang melalui WhatsApp pada nomor 088212440591 atau klik disini. untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan DOMO Transmisi. Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari lokasi kediaman Anda untuk rasakan langsung layanan DOMO Transmisi dalam mengatasi masalah gearbox Honda City kesayangan Anda.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Scroll to Top