5 Ciri-ciri Transmisi Mobil Matic Rusak

5 Ciri-ciri Transmisi Mobil Matic Rusak

Transmisi mobil telah menjadi bagian penting dalam berkendara mobil. Transmisi mobil kerap mengalami permasalahan tiba-tiba, tidak hanya pada transmisi mobil manual, transmisi mobil otomatis juga sering mengalami kerusakan. Kedua transmisi akan mudah mengalami kerusakan jika tidak dikenali penyebabnya sedari awal.

Bagi Anda pemilik kendaraan mobil bertransmisi matrik, sudah tahukah Anda mengenai ciri-ciri transmisi mobil matic rusak? Seorang pemilik mobil harus mengetahui ciri-ciri transmisi mobil matic rusak untuk mengantipasi kerusakan pada mobilnya. Salah satu yang biasa terjadi pad mobil matic adalah hentakan waktu perpindahan gigi secara otomatis saat mobil sedang berjalan. Jika Anda mengalami gejala tersebut, penting untuk segera membawa mobil ke bengkel untuk dilakukan pengecekan transmisinya.

Jumlah pengguna mobil matic memang terus mengalami peningkatan, baik karena alasan kenyamanan ataupun karena pengoperasian mobil matic jauh lebih mudah dibandingkan dengan mobil dengan transmisi manual. Kebanyakan peminat mobil matic berada pada lingkungan perkotaan dengan pengguna yang tidak menginginkan kesusahan berkendara dari operasional kopling-kopling mobil. Namun sedikit yang mengetahui ciri-ciri transmisi mobil matic rusak, untuk itu melalui artikel ini kami paparkan.

Transmisi Mobil Matic

Sebelum mengenal ciri-ciri transmisi mobil matic rusak, penting untuk mengetahui lebih dahulu mengenai transmisi mobil matic. Mobil matic adalah jenis mobil yang dianggap lebih mudah dikendarai. Pengemudi tidak perlu kesusahan dalam menginjak kopling, sebagaimana pada mobil transmisi manual. Tidak heran banyak pengemudi memillih berkendara menggunakan matic untuk beberapa perjalanan yang menyita banyak waktu seperti bepergian dengan keluarga atau pergi bekerja.

5 Ciri-ciri Transmisi Mobil Matic Rusak

Ciri-ciri Transmisi Mobil Matic Rusak

Kelebihan mobil matic ini tidak kelak membuatnya bebas dari kerusakan transmisi. Justru beberapa transmisi mengalami kerusakan jikan mobil matic dipergunalan dengan tidak benar. Kerusakan mobil dapat terjadi mendadak dengan tanpa diduga, jadi perlu untuk mengenali beberapa kondisi yang menjadi ciri-ciri transmisi mobil matic rusak. Pemilik jika mengetahui mengenai ciri-ciri transmisi mobil matic rusak tidak perlu khawatir jika merasakan ketidaknyamanan dalam berkendara.

Tarikan Mobil Melambat

Ciri-ciri transmisi mobil matic rusak yang pertama ini mudah dirasakan setiap pengemudi, terlebih jika mobil matic memang menjadi kendaraan yang digunakan sehari-hari. Mobil memiliki standart kecepatan responnya yang baik, jika terjadi kelambatan dari standart akan dengan mudah dikenali. Terlebih ketika penginjakan gas, transmisi berada di posisi D namun tarikan mobil terasa lebih lamban, maka dapat menjadi ciri transmisi mobil rusak.

Indikasi ciri-ciri transmisi mobil matic rusak ini akan muncul sebagai kondisi bahwa ada permasalahan dalam mesin mobil. Pengemudi perlu melakukan pengecekan seketika untuk menghindari kerusakan yang lebih parah lagi. Pengemudi dapat membawa mobil ke bengkel resmi atau bengkel spesialis untuk dilakukannya pengecekan transmisi mobil. Di dalam bengkel nanti akan ditangani dengan cepat, karena dikhawatirkan dari kerusakan ini akan merembet ke komponen mesin dan berakibat parah pada mobil mati dadakan.

Perpindahan Gigi Kasar

Jika membahas mengenai keusakan transmisi mobil, baik mobil matic maupun manual, pasti akan berimbas pada perpindahan gigi mobil. Salah satu ciri-ciri transmisi mobil matic rusak juga dapat dilihat dari perpindahan gigi yang terasa lebih kasar. Ketika pengemudi melakukan perpindahan gigi akan merasakan adanya hentakan atau perpindahan gigi yang tidak lancar. Biasanya pengemudi menamakan ini sebagai perpindahan gigi kasar.

Penyebab munculnya gejala gigi kasar yang dibuktikan dari hentakan pada mobil matic adalah karena pengemudi atau pemilik mobil telat atau jarang melakukan penggantian oli transmisi. Jadi untuk oli transmisi mobil terdapat oli khusus untuk memastikan jalannya mesin mobil secara optimal. Jika oli ini mengering dari jarangnya diganti, maka akan terjadi kerusakan mesin mobil secara bertahap.

Pengisian kembali oli transmisi berguna untuk memastikan mesin memiliki pelumas ketika mesin berjalan. Jika pelumas ini tidak ada atau kering, maka dapat dipastikan jika beberapa fungsi dalam mesin tidak bekerja optimal, salah satunya transmisi yang rusak. Kebiasaan buruk pemilik mobil ini juga disebabkan oleh kebiasaan memindahkan gigi ke P sebelum benar-benar berhenti. Ini akan menjadi ciri-ciri transmisi mobil matic rusak yang tanpa sadar telah banyak dilakukan pengemudi.

Oli Transmisi Bocor

Membicarakan kembali permasalahan pelumas mesin, atau oli ini sangat penting dalam menjaga mesin bekerja dengan optimal. Pelumas tidak hanya memjadikan mesin tergerak lebih halus, tetapi juga menjaga suhu dalam mesin tetap stabil. Mesin yang bergerak terus menerus akan mudah melakukan pergeseran atau saling bergesekkan satu dan lainnya, jadi keberadaan oli transmisi menjadi pelumas diantara gesekan agak tidak menjadikan aus mesin. Kebocoran oli transmisi menjadi ciri-ciri transmisi mobil matic rusak.

Pelumas menjadi komponen penting dalam menjalankan mobil matic. Pada oli transmisi mobil, akan muungkin jika terjadi kebocoran oli. Ketika oli jarang dilakukan pengecekan atau pengisian ulang, akan mudah oli ini nantinya mengendap dan merusak pelindung bawahnya. Akibatnya, pasti oli akan mengalami kebocoran. Kebocoran oli transimisi ini tidak hanya berakibat pada mesin, tapi ada komponen-komponen lain yang juga rusak dari oli.

Saat oli bocor dan menetes dari bagian tengah kolong mobil, pengemudi harus segera membawanya ke bengkel untuk diakukan penggantian komponen. Mobil akan mengalami pemeriksaan sebab jika memang terlalu lama menetes karena bocor, pasti akan membuat banyak komponen terganggu dan mengalami keruskan sehingga harus diganti.

Baca Juga: Wajib Diperhatikan, Ini Waktu Ganti Oli Transmisi Mobil Matic

Gigi Sulit Dipindahkan

Permasalahan mengenai transmisi mobil memang akan berkaitan dengan perpindahan gigi mobil. Ciri-ciri transmisi mobil matic rusak dapat kita ketahui dari cara pemindahan gigi lain susah. Misalnya dari posisi N ke posisi D atau ke posisi P. Pastinya dari perubahan posisi gigi ini terasa perubahannya, baik terasa lebih lamban atau justru tidak bisa dipindahkan.

Penyebab gigi yang susah dipindahkan karena switch di dalamnya bermasalah. Komponen switch rem ini bersinggungan langsung dengan transmisi matic, jadi perlu dilakukan pengecekan didalamnya. Jika komponen mengalami gangguan karena tumpukkan debu atau kerak oli, pengemudi harus segera membawa ke bengkel untuk dilakukan pembersihan atau perbaikan. Jika memang sudah parah, maka harus adanya penggantian komponen ini baru pengemudi akan lebih nyaman menjalankan kendaraannya.

Muncul Getaran Tidak Biasa dan Bau Tidak Sedap

Salah satu ciri-ciri transmisi mobil matic rusak dapat dengan mudah dikenali dari perubahan kondisi pada mobil ketika berkendara. jika mobil mengalami getaran-getaran tidak wajar, maka itu dapat menjadi sebuah penanda bahwa adanya hal yang tidak beres dengan mobil maticnya. Getaran ini dapat berasal dari kompas kopling yang telah aus atau bahkan gosong.

Seperti pembahasan sebelumnya, jika kompas kopling yang telah aus dapat mengakibatkan kerusakan transmisi mobil matic. Kompas kopling yang rusak atau bahkan terbakar dapat ditandai dengan getaran dan aroma tidak sedap ini. Pengemudi dapat membawa segera mobil dengan permaslahan ini ke bengkel untuk dilakukannya pengecekan dan pengantian komponen jika memang diperlukan.

Hal paling utama yang harus pengemudi dan pengendara lakukan adalah melakukan pengecekan berkala sebelum melakukan perjalanan. Mobil matic juga perlu sesekali dibawa ke bengkel untuk dilakukannya pengecekan semua bagiannya. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir ciri-ciri transmisi mobil matic rusak sebagaimana yang telah dijabarkan diatas tadi.

Pastikan percayakan bengkel spesialis transmisi terpercaya, seperti DOMO Transmisi, untuk atasi masalah transmisi mobil matic Anda yang alami kerusakan. Layanan terbaru dari Dokter Mobil ini menggunakan peralatan berteknologi tinggi dan ditangani langsung teknisi yang ahli. Selain itu, telah teruji riset dan pengembangannya, sehingga kualitas layanan DOMO Transmisi memang sangat terjamin.

Reservasi layanan DOMO Transmisi untuk atasi masalah gearbox Honda City Anda sekarang melalui WhatsApp pada nomor 088212440591 atau klik disini untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan DOMO Transmisi. Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari lokasi kediaman Anda untuk mencoba langsung layanan dari DOMO Transmisi.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.