Wajib Diperhatikan, Ini Waktu Ganti Oli Transmisi Mobil Matic

Waktu Ganti Oli Transmisi Mobil Matic

Waktu ganti oli transmisi mobil matic merupakan satu hal yang harus diperhatikan oleh Anda yang mempunyai kendaraan. Sampai dengan saat ini masih banyak juga dari kalangan pemilik kendaraan mobil yang masih abai dengan perihal oli transmisi. Artinya, banyak juga dari kalangan masyarakat yang terkena dampak buruk akibat abai dengan perihal oli transmisi mobil.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai waktu ganti oli transmisi mobil matic. Sedangkan, untuk Anda yang penasaran dengan perihal oli transmisi mobil matic bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkap dan jelasnya di bawah ini.

Kapan Waktu Ganti Oli Transmisi Mobil Matic

Pada dasarnya, oli mobil matic mempunyai berbagai fungsi yang tidak hanya dipergunakan untuk melumasi komponen mesin supaya bekerja secara optimal saja. Akan tetapi, dengan adanya oli transmisi mobil ini bisa dipergunakan untuk menjaga suhu supaya tetap normal agar tidak terjadi overheat.

Maka dari itu, untuk waktu ganti oli transmisi mobil matic menjadi satu hal yang penting supaya bisa melakukan pergantian secara rutin. Bahkan, dengan melakukan servis secara rutin ini juga bisa meminimalisir kerusakan yang mungkin terjadi pada sistem transmisi kendaraan tersebut.

Umumnya, untuk oli matic mobil harus diganti setiap interval 15.000 km atau sekitar dengan 4-6 bulan. Sedangkan, untuk kegiatan menguras oli ini bisa menjadi salah satu patokan, khusus yang dapat mempercepat waktu atau memperlambat waktu penggantian oli matic. Ada beberapa hal yang memberikan pengaruh pada ganti oli transmisi mobil matic, sebagai berikut:

  • Kondisi lalu lintas terutama di saat kendaraan sering menemui jalanan yang padat atau macet. Tentunya, harus lebih sering melakukan pergantian oli. Selain itu, untuk , adal hal tersebut menjadi salah satu patokan jarak tempuh tidak lagi menjadi relevan dipergunakan.
  • Mobil jarang mendapatkan perawatan secara rutin. Sehingga, untuk interval ganti oli tentu menjadi lebih cepat dibandingkan sebelumnya.
  • Menyesuaikan dengan tipe mobil.
  • Menyesuaikan dengan jenis oli mobil yang dipergunakan.

Salah satu alasan kenapa harus mengerti perihal waktu ganti oli transmisi mobil matic supaya performa kendaraan tetap prima. Selain itu, dengan hal tersebut bisa memberikan rasa aman kepada para penumpang dan pengemudinya.

Satu gejala yang paling terasa dan patut untuk dihargai ketika abai dengan perihal waktu ganti oli transmisi mobil matic adalah adanya penurunan performa pada komponen oli. Sehingga, dengan hal tersebut bisa mengalami penurunan dalam proses perpindahan gigi. Bahkan, bisa saja muncul bunyi dengung di saat proses perpindahan gigi.

Tanda-tanda Waktu Ganti Oli Transmisi Mobil Matic

Tanda-tanda Waktu Ganti Oli Transmisi Mobil Matic

Ada beberapa tanda-tanda atau gejala yang bisa dikenali, ketika sudah masuk di waktu ganti oli transmisi mobil matic. Untuk beberapa tanda-tanda yang harus diperhatikan adalah:

  • Perpindahan atau transmisi gigi mulai terasa berat.
  • Muncul bunyi dengung yang bisa mengganggu komponen transmisi.
  • Warna oli transmisi menjadi coklat gelap, keruh dan kental. Sehingga, sudah tidak layak dipakai lagi.
  • Mobil sangat sulit untuk melalui jalan menanjak dan kehilangan tenaga secara mendadak.
  • Bagian penerangan (lampu) pada komponen check engine sudah mulai menyala.
  • Sering muncul getaran pada persneling. Bahkan, di saat mobil sedang berada di kondisi diam.
  • Batas jarak tempuh kendaraan sudah mulai melewati batas standar patokan yang biasanya dipergunakan.
  • Cairan oli mulai menumpuk. Sehingga, sudah tidak bersih lagi.

Baca Juga: Inilah Ciri-ciri Oli Transmisi Mobil Harus Diganti

Manfaat Mempelajari Waktu Ganti Oli Transmisi Mobil Matic

Setiap mempelajari sesuatu pasti mempunyai manfaat masing-masing. Sama hal nya, ketika paham dengan dengan perihal waktu ganti oli transmisi mobil matic ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan sebagai berikut:

Memberikan Jaminan pada Mesin Mobil

Seperti yang diketahui, untuk mesin mobil menjadi satu hal harus benar-benar diperhatikan. Apalagi, ketika sudah berhubungan dengan oli transmisi sudah tidak boleh dilupakan begitu saja.

Akan tetapi, untuk perihal perawatan mengenai oli transmisi mobil ini harus dilakukan pada bengkel yang sudah ahli dalam bidangnya. Artinya, untuk Anda yang ingin melakukan pergantian oli transmisi harus benar-benar memperhatikan kualitas bengkelnya terlebih dahulu.

Pilih juga salah satu jenis oli transmisi yang sudah mempunyai kualitas terbaik. Sehingga, dengan kualitas terbaik inilah bisa memberikan hasil kerja mesin sesuai dengan apa yang diinginkan.

Menghindari Terjadinya Turun Mesin

Turun mesin menjadi satu hal yang tidak diinginkan oleh kalangan masyarakat. Seperti yang diketahui, untuk turun mesin ini juga membutuhkan biaya tidak sedikit. Apalagi, untuk turun mesin yang dikaitkan abai dengan waktu ganti oli transmisi mobil matic bisa lebih banyak lagi biaya harus dikeluarkan.

Maka dari itu, untuk langkah yang bisa diambil adalah jangan sampai abai dengan perihal oli transmisi. Abai dengan oli transmisi ini bisa memberikan dampak buruk di kemudian hari. Ketika oli transmisi sudah mulai minta diganti atau berkurang bisa saja langsung ditangani secara sigap dan cepat.

Jangan membiarkan oli transmisi dengan kondisi tersebut, karena bisa membuat para pengendara dan pengemudi menjadi kurang nyaman. Bahkan, bisa saja dengan hal tersebut bisa membuat kendaraan mobil tiba-tiba mati di jalan.

Dapat Meningkatkan Performa pada Mobil

Performa mobil juga menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan setelah komponen mesin. Apalagi, untuk performa ini mempunyai hubungan langsung dengan bagian atau komponen mesin oli transmisi.

Dengan kondisi oli transmisi yang kondisinya sudah tidak memungkinankan bisa menurunkan performa mobil secara drastis. Maka dari itu, Anda harus benar-benar memastikan mobil tersebut mempunyai kondisi oli transmisi yang aman.

Sudah banyak juga yang membuktikan, bahwa dengan kondisi oli transmisi yang kurang ini bisa memberikan dampak buruk. Apalagi, untuk biaya perawatan mobil yang kondisinya sudah rusak membutuhkan biaya lebih banyak.

Jangan sampai abai dengan perihal perawatan mobil, karena memang suatu barang membutuhkan perawatan. Tidak ada salahnya, untuk selalu memperhatikan perihal waktu ganti oli transmisi mobil matic.

Melakukan pergantian oli transmisi secara rutin ini bisa memberikan dampak baik terhadap mesin mobil. Sehingga, dengan hal tersebut nantinya bisa memberikan dampak baik terhadap mesin mobil.

Pilih juga bengkel yang sudah ahli di dalam bidangnya masing-masing. Sehingga, dengan hal tersebut nantinya bisa memberikan hasil pengerjaan mesin yang sesuai dengan apa diinginkan.

Sudah banyak juga yang membuktikan, pemilihan bengkel secara sembarangan ini bisa memberikan dampak buruk di kemudian hari. Bahkan, bisa saja dengan melakukan perbaikan di bengkel sembarangan ini bisa merusak beberapa komponen lainnya.

Setidaknya, Anda harus memastikan bengkel yang dipilih sudah mempunyai seorang mekanik yang sudah ahli dalam bidangnya. Jangan mudah tergoda dengan bengkel yang memberikan penawaran harga murah.

Belum tentu bengkel dengan harga murah ini bisa memberikan hasil pengerjaan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh Anda. Tidak masalah juga mengeluarkan biaya yang sedikit mahal, akan tetapi untuk hasil akhirnya sesuai dengan keinginan.

Pastikan untuk pilih bengkel spesialis transmisi dengan kualitas terbaik, seperti di DOMO Transmisi. Layanan perawatan dan perbaikan sistem transmisi dari Dokter Mobil ini ditangani oleh peralatan berteknologi mutakhir dan teknisi yang ahli. Selain itu, telah teruji riset dan pengembangannya sehingga kualitas layanan DOMO Transmisi memang sangat terjamin.

Segera reservasi layanan DOMO Transmisi sekarang melalui WhatsApp pada nomor 088212440591 atau klik disini untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan DOMO Transmisi. Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari lokasi kediaman Anda untuk rasakan langsung layanan DOMO Transmisi.

Demikian penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai Waktu ganti oli transmisi mobil matic. Semoga, dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu Anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai Waktu ganti oli transmisi mobil matic

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.