Jangan Anggap Sepele Masalah Gearbox Grand Livina

masalah gearbox grand livina

Masalah Gearbox Grand Livina – Mobil yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi untuk diketahui. Pasalnya, siapa yang tak kenal dengan mobil Nissan Grand Livina ini. Sebuah mobil MPV keluaran Jepang yang muat untuk tujuh penumpang. Sejak pertama kali kemunculannya pada 2006, keberadaan mobil yang satu ini memang sempat naik daun dan bisa dibilang banyak diminati.

Tetapi, terlepas dari mobil yang banyak di akui sebagai mobil yang cukup nyaman dan irit dibandingkan dengan mobil MPV sekelasnya ini. Rupanya juga memiliki beberapa macam masalah yang sering dialami oleh pemilik mobil. Terkadang, terdapat beberapa masalah yang muncul pada mobil ini, seperti adanya masalah Gearbox Grand Livina. Selain itu, mobil ini juga memiliki kaki-kaki yang cukup lemah yang kadang menjadi masalah.

Masalah Gearbox Grand Livina dan Cirinya

Masalah Gearbox Grand Livina dan Cirinya

Grand Livina menggunakan sebuah gearbox atau transmisi model CVT. Banyak yang mengatur jika transmisi mobil ini memang sedikit ringkih. Karena hal ini, terkadang masalah gearbox Grand Livina sering terjadi. Meski bisa terbilang memiliki usia yang relatif panjang. Tapi, bisa saja gearbox mobil juga mengalami kerusakan secara tiba-tiba terlebih lagi pada mobil Grand Livina.

Karena memang ada beberapa kasus yang mengatakan masalah gearbox Grand Livina ini cukup serius. Oleh karena hal itu, untuk bisa menghindari adanya kerusakan yang tidak diinginkan. Penting kiranya bagi Anda untuk mengetahui apa saja hal yang bisa menjadi bagian dari kerusakan pada gearbox mobil. Sehingga, dengan mengetahui faktornya, Anda juga bisa lebih berhati-hati lagi.

Muncul Bau Tidak Sedap

Ciri adanya Masalah pada bagian Gearbox Grand Livina yang pertama adalah munculnya sebuah bau yang tidak sedap. Mungkin, beberapa dari Anda sering sekali bepergian dengan menggunakan sebuah mobil. Pada saat bepergian ini, mobil tentunya harus dibuat agar terasa nyaman. Anda bisa saja membersihkan mobil agar tidak berbau, dan bahkan memberikan pengharum mobil.

Tetapi, terkadang ada pula kasus dimana mobil sudah dibersihkan dengan baik tetapi masih mengeluarkan bau yang tidak sedap. Bahkan, meski sudah diberikan pengharum. Jika Anda mengalami masalah seperti munculnya bau tidak sedap pada mobil, maka Anda perlu untuk waspada. Ini bisa jadi ciri bahwa adanya sebuah masalah gearbox Grand Livina Anda.

Bau yang tidak sedap yang tercium oleh indra penciuman Anda ini, tidak lain dan tidak bukan adalah berasal dari cairan transmisi mobil yang terbakar. Bukan hanya cairan transmisi mobil Anda yang terbakar dan memunculkan bau tidak sedap. Terkadang, hal ini juga dibarengi dengan cairan transmisi mobil yang tiba-tiba saja mengalami kebocoran. Jika ini terjadi, maka sudah jelas bahwa ini adalah ciri dari masalah gearbox Grand Livina.

Muncul Suara Aneh

Hal selanjutnya yang bisa menjadi tanda adanya masalah Gearbox Grand Livina adalah suara. Pada umumnya, mobil yang normal akan mengeluarkan suara yang halus dan juga jernih pada saat dijalankan. Bahkan, ada juga beberapa mobil yang bahkan tidak mengeluarkan suara sedikitpun. Hal ini tentunya bisa menjadi sebuah peringatan bagi Anda, jika mobil Anda mulai mengeluarkan suara yang aneh.

Suara yang aneh yang bisanya muncul di balik kemudi ini bisa menjadi sebuah ciri adanya masalah pada bagian Gearbox Grand Livina. Apabila terjadi sebuah kerusakan pada transmisi atau Gearbox, mobil cenderung akan mengeluarkan suara. Suara ini juga tentunya akan sangat menggangu karena tidak seperti suara mobil pada umumnya. Bahkan, bukan hanya munculnya sebuah suara dari mesin.

Biasanya, jika muncul masalah Gearbox Grand Livina. Selain dengan munculnya suara bising yang cukup mengganggu. Akan juga ditandai dengan adanya lampu dari indikator mesin yang menyala. Jika sudah mengalami permasalahan seperti ini, tentunya Anda harus segera membawanya ke bengkel. Jangan menunggu terlalu lama sampai kerusakan menjadi lebih parah, segera lakukan servis dan perbaikan saat Anda mengalami masalah seperti yang sudah disebutkan.

Posisi Tuas yang Sulit Dipindahkan

Ciri masalah Gearbox Grand Livina yang selanjutnya adalah dari tuas yang sulit dipindahkan. Setelah mengetahui tentang beberapa ciri dari masalah Gearbox Grand Livina di atas, selanjutnya ciri dari masalah Gearbox yang terakhir ini adalah dari transmisi yang macet. Masalah transmisi mobil memang bukan hal yang bisa disepelekan, terlebih lagi jika sudah muncul gejala kerusakan. Hal ini karena jika terus dibiarkan, maka kerusakan yang jauh lebih parah jelas akan tidak bisa terhindarkan.

Selain dengan itu, Biaya servis juga akan jauh lebih mahal saat permasalahan mobil Anda sudah parah. Dan ciri yang terakhir ini, juga merupakan ciri dari kerusakan yang sudah tidak bisa ditolerir. Apabila mobil Anda grand Livina milik Anda sudah mulai terasa sulit untuk digunakan memindakan posisi tuas gigi. Maka ada sebuah kemungkinan yang sangat besar bahwa gearbox bermasalah dan bahkan sudah rusak.

Hal ini dikarenakan transmisi yang sudah sulit untuk dipindahkan dikarenakan adanya komponen transmisi yang sudah rontok. Jika masalah yang terjadi ini sudah sampai di tahap ini. Maka, salah satu cara dan solusinya adalah hanya dengan mengganti komponen tersebut dengan komponen yang baru. Karena komponen yang sudah rusak dan rontok, tidak akan bisa jika hanya dilakukan servis.

Baca Juga: 5 Penyebab Tuas Persneling Mobil Oblak

Fungsi dari Gearbox Mobil

Setelah Anda mengetahui tentang ciri masalah Gearbox Grand Livina, selanjutnya saya akan memberi tahu tentang fungsi dari Gearbox ini. Anda harus mengetahui tentang fungsi dari Gearbox mobil, agar bisa lebih berhati-hati. Juga, tentunya agar tidak menganggap sepele kerusakan yang terjadi pada Gearbox ini. Fungsi pertama dari sebuah gearbox mobil ini adalah bertujuan untuk mengirimkan sebuah tenaga mesin ke komponen mesin lainnya.

Dengan fungsi yang demikian, jika gearbox mengalami sebuah masalah. Tentunya akan bisa berdampak pada komponen mobil lain. Kemudian, fungsi selanjutnya dari sebuah gearbox mobil adalah untuk menyesuaikan rasiao dari gigi dengan beban dari mobil. Fungsi dari Gearbox mobil ini adalah bertujuan untuk menciptakan sebuah putaran sehingga bisa meminimalisir terjadinya selip pada mobil.

Kemudian, fungsi terakhir dari sebuah gearbox mobil adalah untuk menyesuaikan sebuah kecepatan torsi. Gearbox pada mobil ini memiliki sebuah fungsi untuk bisa menyesuaikan kecepatan torsi. Hal ini bertujuan agar pada saat mobil bergerak maju dan juga ataupun mundur. Maka mobil akan tetap bisa berada di dalam kondisi yang stabil.

Lakukan Servis Gearbox Mobil di DOMO Transmisi

Jika Anda mengalami masalah seperti yang sudah dijelaskan di atas. Sebaiknya jangan menyepelekan hal tersebut. Hal ini karena, sebuah kerusakan yang sekecil apapun akan bertambah besar dan parah jika dibiarkan. Terlebih lagi fungsi dari Gearbox pada mobil sangatlah penting, sehingga kerusakan sekecil apapun akan bisa mempengaruhi kinerja mobil dan juga kinerja komponen lainnya.

Untuk itu, jika sudah merasa bahwa ada hal yang tidak beres pada mobil, segera lakukan servis utamanya di bengkel spesialis transmisi terpercaya, seperti DOMO Transmisi dari Dokter Mobil. Seluruh layanan DOMO Transmisi menggunakan peralatan berteknologi tinggi dan ditangani langsung teknisi yang ahli. Selain itu, telah teruji riset dan pengembangannya sehingga kualitas layanan DOMO Transmisi memang sangat terjamin.

Segera reservasi layanan DOMO Transmisi sekarang melalui WhatsApp pada nomor 0882-1244-0591 atau hubungi disini untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan DOMO Transmisi. Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari lokasi kediaman Anda untuk rasakan langsung layanan DOMO Transmisi.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.