3 Perbedaan Oli Transmisi dan Oli Persneling, Wajib Diketahui

Perbedaan Oli Transmisi dan Oli Persneling

Saat ini melakukan perawatan perawatan dan pemeliharaan kendaraan matic anda, banyak komponen yang perlu diperhatikan oleh pemilik mobil. Dalam hal ini, seringkali ada kebingungan antara Perbedaan oli transmisi dan oli persneling.

Salah satu aspek penting adalah penggunaan oli yang tepat untuk menjaga kinerja dan keandalan kendaraan.  Walaupun keduanya memiliki fungsi dalam menjaga kelancaran pergerakan gigi pada transmisi, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan dalam sifat dan fungsinya.

Pada kesempatan ini akan membahas perbedaan antara oli transmisi dan oli persneling, dan mengapa penting untuk memahami perbedaan ini dalam perawatan kendaraan Anda.

Perbedaan Oli Transmisi dan Oli Persneling

Kali ini kami sudah merangkum Perbedaan Oli Transmisi dan Oli Persneling, Simak ulasannya.

Fungsi Oli Transmisi dan Oli Persneling

Fungsi Oli Transmisi

Oli transmisi adalah cairan pelumas khusus yang dirancang untuk digunakan dalam transmisi kendaraan. Fungsi utamanya adalah melumasi komponen-komponen transmisi, seperti gigi, bantalan, dan poros. S

elain itu, oli transmisi juga membantu dalam pendinginan komponen transmisi yang menghasilkan panas selama operasi. Oli transmisi biasanya memiliki sifat pelumasan yang baik dan kemampuan untuk menahan panas yang tinggi. Hal ini menjadi Perbedaan Oli Transmisi dan Oli Persneling.

Fungsi Oli Persneling

Oli persneling, juga dikenal sebagai oli diferensial, adalah jenis oli yang dirancang khusus untuk digunakan dalam sistem persneling.

Oli ini mengalir ke dalam kotak persneling dan memiliki fungsi utama untuk melumasi gigi-gigi persneling. Selain itu, oli persneling juga membantu dalam meredam getaran dan kebisingan yang dihasilkan oleh gerakan gigi persneling. Fungsi dari oli tersebut menjadi Perbedaan Oli Transmisi dan Oli Persneling.

Baca Juga: 5 Fungsi Oli Transmisi Mobil dan Kapan Harus diganti

Komposisi Oli

Komposisi Oli Transmisi

Oli transmisi umumnya terdiri dari bahan dasar mineral atau bahan dasar sintetis, Oli transmisi mineral terbuat dari minyak bumi yang telah diproses secara kimiawi, sedangkan oli transmisi sintetis dibuat melalui proses kimia yang kompleks.

Oli transmisi sintetis cenderung lebih mahal daripada oli transmisi mineral, tetapi mereka juga menawarkan kinerja yang lebih baik dalam suhu ekstrem dan memiliki umur pakai yang lebih panjang. Inilah termasuk kedalam Perbedaan Oli Transmisi dan Oli Persneling.

Sifat kekentalan oli transmisi diukur dengan menggunakan angka kekentalannya. Angka ini menunjukkan sejauh mana oli akan mengalir pada suhu tertentu. Oli transmisi biasanya memiliki kekentalan yang lebih tinggi daripada oli mesin untuk dapat melumasi dengan baik komponen-komponen dalam transmisi yang menghasilkan gesekan yang tinggi.

Komposisi Oli Persneling

Oli persneling umumnya memiliki sifat pelumasan yang baik untuk melindungi gigi persneling dari aus dan keausan. Sifat kekentalan oli persneling juga penting untuk memastikan gigi persneling dapat bergerak dengan lancar dan tanpa gesekan yang berlebihan. Komposisi ini menjadi Perbedaan Oli Transmisi dan Oli Persneling.

Cara Pemeliharaan

Cara perawatan Oli Transmisi

Pemilihan dan penggantian oli transmisi harus dilakukan sesuai dengan rekomendasi pabrikan kendaraan. Setiap kendaraan memiliki spesifikasi yang berbeda dalam hal jenis dan kekentalan oli transmisi yang direkomendasikan. Penting untuk mengikuti panduan ini agar transmisi tetap berfungsi dengan baik dan tahan lama. Hal ini menjadi Perbedaan Oli Transmisi dan Oli Persneling.

Periode penggantian oli transmisi juga bervariasi tergantung pada kondisi penggunaan kendaraan. Pada umumnya, penggantian oli transmisi dilakukan setiap 20.000 hingga 50.000 kilometer atau sesuai dengan jadwal pemeliharaan yang direkomendasikan oleh pabrikan.

Cara perawatan Oli Persneling

Penggantian oli persneling juga harus dilakukan sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Biasanya, interval penggantian oli persneling adalah sekitar 80.000 hingga 120.000 kilometer atau setelah beberapa tahun penggunaan. Namun, perlu diperhatikan bahwa interval ini dapat berbeda tergantung pada kondisi penggunaan kendaraan.

Sudahkah kalian melakukan penggantian oli transmisi mobil matic anda? Atau anda mengalami permasalahan pada transmisi mobil matic anda?

Silahkan datang ke Bengkel Spesialis Transmisi mobil matic yaitu Domo Transmisi. Teknisi yang berpengalaman dan telah dilengkapi peralatan canggih akan menangani permasalahan pada mobil matic anda, ingat permasahan pada mobil matic anda tidak bisa diabaikan atau ditunda perbaikannya.

Jika anda menunda perbaikan atau perawatan, maka di kemudian hari kalian akan mengeluarkan biaya yang lebih untuk perbaikan mobil matic tersebut, silahkan langsung datang ke Domo Transmisi yang berada di Jalan Pegangsaan Dua No.88D, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Sebelum datang, kami sarankan untuk melakukan reservasi melalui aplikasi WhatsApp pada 0882:1244:0591,  agar kedatangan kalian ke Bengkel Domo Transmisi tidak antre, Ayo hubungi Domo Transmisi sekarang juga! Karena jika beruntung, anda bisa mendapatkan diskon atau potongan harga menarik sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku!

Oli transmisi dan oli persneling adalah dua jenis oli yang berbeda dalam sifat, fungsi, dan penggunaannya dalam sistem transmisi kendaraan. Penting untuk memahami perbedaan antara keduanya agar dapat memilih oli yang tepat dan menjaga kinerja dan keandalan transmisi mobil Anda, dan jangan lupa untuk datang ke Domo Transmisi.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.