Inilah Beberapa Gejala Transmisi Mobil Bermasalah

Meskipun saat ini sudah banyak pemilik kendaraan yang memahami pentingnya komponen transmisi kendaraan, namun tak banyak orang yang mengetahui gejala transmisi mobil bermasalah. Padahal, memahami gejala awal pada masalah transmisi kendaraan sangat penting untuk mencegah masalah yang lebih serius. Oleh karena itu, berikut telah kami rangkum penjelasan lengkap mengenai gejala awal transmisi mobil bermasalah di bawah ini.

Apa itu Transmisi Mobil?

Sebelum kita melihat beberapa tanda atau gejala transmisi mobil bermasalah, penting untuk memahami peran transmisi dalam kendaraan Anda. Transmisi kendaraan, baik transmisi manual atau otomatis, adalah komponen yang membantu mengubah tenaga mesin Anda menjadi momentum yang mendorongnya. Ini dirancang untuk menjaga RPM mesin Anda tetap rendah, mengurangi konsumsi bahan bakar secara keseluruhan dan emisi berbahaya, serta mengurangi stres dan ketegangan pada mesin Anda.

Meskipun transmisi dirancang agar kuat dan tahan lama, transmisi tetap dapat aus dan perawatan yang tidak konsisten dari waktu ke waktu dapat menyebabkan transmisi Anda menjadi rusak. Namun, ada beberapa faktor lain yang dapat mempercepat kerusakannya, termasuk:

  • Kurangnya perawatan rutin
  • Beban berat
  • Cuaca buruk
  • Kebiasaan mengemudi yang buruk
  • Oli transmisi bocor

Gejala Transmisi Mobil Bermasalah

Gejala Transmisi Mobil Bermasalah

Mengganti seluruh komponen transmisi Anda bisa sangat mahal, tetapi mengetahui gejala transmisi mobil bermasalah lebih awal akan memungkinkan Anda untuk memperbaikinya sebelum masalahnya menjadi terlalu buruk. Itulah sebabnya apa pun penyebabnya, memahami gejala transmisi mobil bermasalah yang harus diwaspadai sangat penting dalam membantu Anda menjaga kondisi transmisi kendaraan tetap prima dan mengurangi risiko kerusakan serta perbaikan yang mahal.

Transmisi Anda adalah bagian penting dari kendaraan Anda. Tanpa transmisi, kendaraan Anda tidak akan bergerak. Banyak gejala transmisi mobil bermasalah yang berbeda yang dapat memperingatkan Anda tentang kondisi yang bermasalah. Beberapa gejala transmisi mobil bermasalah yang paling umum termasuk:

Roda gigi tergelincir

Perpindahan gigi tergelincir sangat umum terjadi pada transmisi yang bermasalah, yang melibatkan perpindahan gigi yang tidak normal. Ini bisa sangat berbahaya saat mengemudi dan sangat membebani mesin Anda. Sementara istilah roda gigi biasa digunakan, mungkin saja kasus kopling internal tergelincir atau masalah bodi katup yang menyebabkan masalah.

Kecuali jika roda gigi benar-benar rusak, roda gigi tidak akan tergelincir. Anda akan tahu bahwa komponen penting transmisi Anda selip ketika Anda mendengar mesin Anda tiba-tiba berputar saat mengganti gigi atau ketika mencoba untuk starter, atau Anda merasa mobil Anda seperti tidak memiliki tenaga saat mencoba berakselerasi atau menjauh dari perhentian di jalan.

Muncul suara mengganggu

Mendengar suara-suara mengganggu seperti menggiling, mengklik, merengek, berdenting, atau bersenandung saat mengemudi harus selalu dianggap sebagai tanda peringatan untuk sesuatu yang tidak beres. Jika Anda mendengarnya saat mengemudi, periksakan kendaraan Anda sesegera mungkin.

Bau terbakar

Memperhatikan bau terbakar yang aneh dari kendaraan Anda menunjukkan ada sesuatu yang salah. Hal ini bisa menjadi tanda-tanda kerusakan pada komponen transmisi. Apabila muncul bau terbakar saat mengemudi, Anda harus segera mencari bantuan dari bengkel terpercaya.

Baca Juga: Bau Oli Terbakar pada Mobil? Ini Penyebabnya

Kebocoran oli di bawah kendaraan

Menemukan tanda-tanda kebocoran oli bisa sangat bermasalah dan mengkhawatirkan, dan jika Anda melihat ada oli di bawah kendaraan Anda, jangan menunggu. Anda harus mengunjungi teknisi mobil lokal Anda sesegera mungkin untuk mendapatkan pengecekan.

Suara berisik saat dalam keadaan netral

Mendengar suara bising saat mengemudi adalah tanda peringatan yang signifikan, tetapi begitu juga mendengar suara saat mobil terparkir atau netral. Bunyi gerinda atau suara mekanis dari pengendaraan Anda saat dalam posisi netral dengan jelas menunjukkan bahwa ada yang tidak beres dengan mesin, pompa transmisi, atau konverter torsi.

Lampu peringatan transmisi menyala

Kendaraan modern hadir dengan serangkaian lampu peringatan untuk memberi Anda wawasan tentang kesehatan kendaraan Anda. Beberapa dari lampu peringatan ini akan berhubungan dengan transmisi Anda. Ketika Anda melihat lampu peringatan atau indikator jatuh tempo pemeliharaan, Anda harus mengunjungi bengkel terpercaya untuk pengecekan.

Tips Perawatan Terbaik untuk Transmisi yang Prima

Meskipun mengetahui tanda-tanda masalah ini lebih awal dapat menghemat uang Anda, melakukan perawatan secara rutin akan mengurangi risiko terjadinya masalah. Beberapa tips terbaik untuk transmisi yang sehat meliputi:

Perawatan rutin

Salah satu cara terbaik untuk memastikan transmisi yang sehat adalah dengan mengikuti jadwal perawatan Anda. Mengikuti pedoman dalam buku panduan dan mengganti oli transmisi Anda saat direkomendasikan akan membantu menjaga kendaraan Anda tetap dalam performa terbaiknya dan untuk waktu yang lama.

Jangan pernah mengabaikan gejala

Tips utama lainnya adalah memperhatikan semua tanda peringatan bahaya kendaraan, sekecil apa pun. Anda mungkin berpikir untuk menunda kunjungan yang diperlukan ke pusat perbaikan mobil, tetapi semakin lama Anda mengabaikan gejala-gejala ini, semakin besar kemungkinan Anda akan menghadapi perbaikan serius yang mahal dan memakan waktu.

Kunjungi spesialis

Ketika berkenaan dengan komponen transmisi kendaraan Anda, Anda ingin memastikan bahwa komponen ini diperiksa oleh seorang profesional terlatih. Hal ini terjadi karena komponen transmisi terdiri dari beberapa komponen lain yang cukup kecil dan rumit, sehingga pengecekan dan perbaikannya memerlukan keahlian khusus.

Jangan mencoba perbaikan sementara

Kecuali jika Anda adalah spesialis terlatih, Anda harus menghindari mencoba untuk memperbaikinya sendiri. Memperbaiki kerusakan komponen transmisi menggunakan metode yang tidak konvensional atau hanya perbaikan sementara mungkin tampak seperti cara terbaik untuk menghemat uang, tetapi ini dapat menyebabkan banyak komplikasi lebih lanjut yang hanya akan menghabiskan lebih banyak uang dalam jangka panjang.

Berlatih mengemudi yang baik

Cara Anda menggunakan kendaraan dapat memengaruhi transmisi Anda, dan hal-hal seperti akselerasi agresif, beban berat, mendaki bukit yang curam, atau situasi lalu lintas macet setiap hari dapat menyebabkan kualitas transmisi kendaraan Anda menurun lebih cepat. Semakin sedikit tekanan yang dapat Anda berikan pada mesin Anda, semakin sedikit tekanan yang Anda berikan pada transmisi Anda, dan semakin lama transmisi Anda akan bertahan, jadi latih teknik mengemudi yang baik setiap kali Anda berada di belakang kemudi.

Rekomendasi Pengecekan, Penggantian Oli, dan Servis Transmisi

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa ada beberapa tanda atau gejala yang menandakan kerusakan pada komponen transmisi mobil. Namun, pemeriksaan komponen transmisi mobil terkadang merupakan tugas yang sulit dan memerlukan keahlian khusus. Oleh karenanya, sangat disarankan untuk melakukan pengecekan, servis, dan penggantian oli transmisi di bengkel terpercaya seperti DOMO TRANSMISI.

DOMO TRANSMISI adalah bengkel otomotif dengan kualitas profesional yang sudah tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Layanan pemeriksaan komponen, servis, dan penggantian oli di DOMO TRANSMISI semuanya akan dikerjakan oleh teknisi yang handal dan berpengalaman sehingga menjamin agar pengalaman berkendara Anda akan menjadi lebih aman dan nyaman.

Reservasi layanan DOMO TRANSMISI sekarang 088212440591 atau hubungi disini. Reservasi lebih mudah karena bisa dari rumah, Anda akan diarahkan langsung untuk mendatangi cabang Dokter Mobil terdekat untuk memperbaiki transmisi mobil matic Anda tanpa harus mengantre layaknya bengkel biasa.

Akhir Kata

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai gejala komponen transmisi yang rusak. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, meskipun Anda dapat dengan mudah menemukan gejala kerusakan komponen transmisi, proses pengecekan dan perbaikannya bisa cukup rumit dan memakan waktu. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk melakukan pengecekan, servis, dan penggantian oli transmisi secara berkala di bengkel terpercaya seperti DOMO TRANSMISI agar hasilnya dapat menjadi maksimal.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.