Wajib Tahu, Ini Penyebab Mobil Menyentak

Wajib Tahu, Ini Penyebab Mobil Menyentak

Penyebab mobil menyentak menjadi salah satu hal yang harus benar-benar diperhatikan oleh beberapa kendaraan. Selain itu, untuk mobil yang menghentak saat dinyalakan ini tidak hanya kendaraan dengan transmisi manual saja.

Untuk kalian yang menggunakan mobil dengan transmisi matic juga harus waspada di saat kendaraan sudah muncul sentakan. Seperti diketahui, tidak selamanya kendaraan transmisi matic yang menyentak ini disebabkan oleh beberapa komponen penting yang rusak parah.

Artinya, Anda tidak perlu khawatir harus mengeluarkan banyak uang untuk melakukan penggantian komponen yang rusak. Pasalnya, penyebab kendaraan transmisi matic menyentak ini bisa jadi muncul dari hal sepele dan hanya membutuhkan sedikit perbaikan.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai perihal penyebab mobil menyentak. Sedangkan, untuk Anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai beberapa penyebab tersebut bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkap dan jelasnya dibawah ini.

Penyebab Mobil Menyentak

Penyebab Mobil Menyentak

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa untuk mobil kondisi menyentak ini bisa terjadi akibat beberapa penyebab. Ada 7 penyebab mobil menyentak yang harus Anda ketahui, sebagai berikut:

AT Solenoid Mengalami Kerusakan

Transmisi mobil matic membutuhkan yang namanya oli supaya bisa bekerja dengan mulus lagi. Selain itu, supaya oli yang masuk ke dalam komponen transmisi jumlahnya tepat dibutuhkan yang namanya AT Solenoid.

Komponen yang satu ini mempunyai fungsi utama, yaitu mengaktifkan clutch dan brake pada transmisi. Fungsi tersebut juga bisa didapatkan pada saat aliran oli telah diatur sesuai dengan waktu yang pas.

Sehingga, untuk hasil yang diberikan bisa menjadi lebih presisi lagi. AT Solenoid sendiri juga mempunyai cara kerja dengan bantuan sistem elektrik. Sehingga, untuk cara kerja bisa mengikuti perintah dari Transmission Control Module atau (TCM).

Apabila komponen AT Solenoid sudah mengalami kerusakan, maka oli tersebut tidak bisa mengalir dengan baik. Akibatnya, komponen clutch dan brake menjadi tidak aktif dan membuat kendaraan menjadi menyentak.

AT Solenoid yang sudah rusak, maka sesegera mungkin untuk dilakukan perbaikan. Sedangkan, ketika komponen tersebut hanya kotor bisa diatasi dengan cara melakukan pembersihan terlebih dahulu.

Tentu saja dengan pembersihan ini hanya membutuhkan biaya sedikit atau lebih murah. Ketika dibandingkan dengan harus mengganti yang baru, pastinya bisa mempunyai perbedaan sangat jauh.

Oli Transmisi Kotor

Penyebab mobil menyentak kali ini sangat sering sekali terjadi. Selain itu, untuk penyebab kali ini bisa saja terjadi, karena jarang melakukan service kendaraan secara rutin. Untuk transmisi matic ini membutuhkan oli agar komponennya awet dan tetap bersih.

Sama hal nya seperti oli mesin, untuk oli transmisi juga mempunyai masa pakai. Apabila oli sudah kondisi kotor, maka untuk performa yang diberikan oleh kendaraan tersebut akan menurun secara perlahan-lahan.

Melakukan pergantian oli transmisi ini mempunyai fungsi untuk memberikan perawatan terhadap sistem hidrolik. Seperti diketahui, untuk sistem hidrolik ini mempunyai hubungan saat perpindahan gigi sedang berlangsung.

Pada saat oli sudah berada di kondisi yang sangat kotor, maka kalian akan merasakan proses perpindahan gigi menjadi lebih berat atau kasar. Paling parahnya lagi kendaraan atau mobil tersebut bisa mengalami sentakan.

Apabila penyebab tersebut dibiarkan dengan jangka waktu lama, maka bisa merusak pada beberapa komponen kendaraan lainnya. Untuk cara mengatasi yang bisa dilakukan adalah melakukan pergantian oli transmisi dengan yang baru.

Dengan melakukan hal tersebut bisa memberikan performa transmisi matic bisa bekerja dengan baik. bahkan, untuk kerusakan yang sebelumnya terjadi pada mesin kendaraan bisa terhenti.

Setelah Kabel Accelerator Kickdown Tidak Tepat

Bagi Anda yang menggunakan mobil matic dengan versi maka, maka tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan pada kabel accelerator kickdown di saat kendaraan menyentak. Pada kabel accelerator kickdown ini mempunyai posisi yang berdekatan dengan throttle valve atau jadi satu dengan kabel accelerator pedal gas.

Ketika terjadi kesalahan di dalam menyetel kabel accelerator kickdown ini bisa membuat mobil matic menjadi menyentak. Memang, tidak mudah dalam melakukan penyetelan kabel tersebut. Sehingga, untuk masalah kabel accelerator ini harus dilakukan oleh teknisi yang sudah profesional.

Solusi atau cara yang bisa dilakukan pada penyebab satu ini adalah melakukan pengecekan dan kemudian menyetel ulang. Hanya saja, untuk penyebab mobil matic yang menyentak ini tidak akan terjadi pada keluaran kendaraan terbaru. Kenapa hal tersebut bisa terjadi, karena pada kendaraan model terbaru mempunyai jumlah minimal kabel.

Bocornya Oli Transmisi

Hentakan kasar yang terjadi pada saat proses perpindahan gigi bisa terjadi akibat dari kebocoran pada komponen oli transmisi. Selain itu, dengan penyebab mobil menyentak kali ini juga bisa memberikan dampak buruk terhadap dari kinerja dari kendaraan tersebut.

Bahkan, bisa saja dengan oli transmisi ini juga bisa merusak atau merambat pada beberapa komponen lainnya. Tidak hanya kerusakan tersebut, bocornya oli transmisi ini juga bisa saja diakibatkan pada putaran yang diteruskan oleh sistem transmisi.

Sehingga, untuk hasil tenaga yang diberikan tidak sesuai dengan keinginan. Komponen mesin juga memberikan respon dengan menaikkan RPM dan menghasilkan perpindahan transmisi secara mendadak.

Dengan kondisi tersebut nantinya bisa membuat kendaraan dengan transmisi matic ini menjadi terhentak. Kebocoran oli transmisi yang sudah berada di kondisi parah ini harus sesegera mungkin untuk melakukan perbaikan.

Baca Juga: Hati-hati! Ini Penyebab Oli Transmisi Mobil Bocor Besar

Terjadi Kemunduran pada Rasio Gigi

Rasio gigi mundur menjadi penyebab mobil menyentak yang paling akhir. Selain itu, untuk masalah yang satu ini banyak ditemukan pada kendaraan dengan transmisi matic konvensional.

Pada mobil matic dengan model konvensional, maka dibutuhkan yang namanya rasio gigi supaya bisa berfungsi secara maksimal. Sedangkan, untuk masalah mundurnya rasio gigi yang tidak sesuai ini bisa membuat hentakan mobil semakin parah lagi.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda harus melakukan penyetelan ulang pada komponen rasio gigi tersebut. Hanya dengan melakukan perbaikan dengan seorang mekanik yang sudah ahli dalam bidangnya bisa memberikan kendaraan menjadi optimal lagi.

Terkadang di saat kondisi mobil yang sudah menyentak ini membuat para pemilik kendaraan bingung harus melakukan tindakan apa. Satu langkah yang paling tepat untuk diambil adalah mencari bengkel mobil yang sudah ahli dalam melakukan perbaikan transmisi mobil.

Apalagi, untuk saat ini juga banyak sekali bengkel mobil yang bermunculan dan bisa dipilih bebas oleh kalangan masyarakat. Justru dengan banyaknya pilihan ini membuat kalangan masyarakat bingung harus memilih yang mana.

Paling tidak, untuk Anda yang mempunyai masalah kendaraan menyentak bisa memastikan terlebih dahulu bengkel sudah mempunyai seorang mekanik ahli dalam bidangnya. Tidak ada salahnya juga untuk mencari beberapa referensi di beberapa halaman internet terlebih dahulu.

Perhatikan juga ulasan yang telah diberikan oleh beberapa pelanggan sebelumnya. Jangan sampai kesalahan dalam memilih bengkel mobil, karena bisa memberikan dampak buruk di kemudian hari. Pastikan juga untuk bengkel tersebut lebih banyak mempunyai ulasan positif dibandingkan negatif.

Dalam hal ini, sangat disarankan untuk melakukan pengecekan dan servis di bengkel terpercaya seperti DOMO TRANSMISI.

DOMO TRANSMISI adalah bengkel otomotif dengan kualitas profesional yang sudah tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Layanan pemeriksaan komponen dan servis di DOMO TRANSMISI semuanya akan dikerjakan oleh teknisi yang handal dan berpengalaman sehingga menjamin agar pengalaman berkendara Anda akan menjadi lebih aman dan nyaman.

Reservasi layanan DOMO TRANSMISI sekarang 088212440591 atau klik disini. Reservasi lebih mudah karena bisa dari rumah, Anda akan diarahkan langsung untuk mendatangi cabang Dokter Mobil terdekat untuk memperbaiki transmisi mobil matic Anda tanpa harus mengantre layaknya bengkel biasa.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai perihal penyebab mobil menyentak. Semoga, dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu Anda yang mempunyai permasalahan dengan kendaraan mobil.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.