Tanda-tanda Anda Harus Memperbaiki Transmisi Mobil Matic yang Jebol

Masalah transmisi pada mobil matic seperti transmisi yang jebol memang merupakan masalah yang sering dialami oleh para pemilik kendaraan, namun sayangnya masih banyak orang yang belum paham mengenai tanda-tanda harus memperbaiki transmisi mobil matic jebol. Sebenarnya untuk dapat mengetahui tanda-tanda Anda harus memperbaiki transmisi mobil matic yang jebol tidaklah sulit, karena pengecekan tanda-tanda awalnya dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

Tanda-tanda Anda Harus Memperbaiki Transmisi Mobil Matic Jebol

Tanda-tanda Anda Harus Memperbaiki Transmisi Mobil Matic Jebol

Oli Transmisi Bocor

Tanda-tanda Anda harus memperbaiki transmisi mobil matic jebol yang pertama adalah adanya oli yang bocor. Sama seperti mesin Anda, oli mengisi komponen transmisi Anda agar semuanya berjalan lancar. Oli transmisi itu tertahan di dalam melalui gasket dan seal, dan seiring bertambahnya usia transmisi, gasket dan seal tersebut dapat aus. Jika ini terjadi, oli transmisi akan mengalami kebocoran, dan apabila Anda membiarkannya dalam waktu yang lama, masalah kecil ini dapat menjadi masalah yang cukup serius.

Oli Transmisi yang Keruh dan Berubah Warna

Tanda-tanda Anda harus memperbaiki transmisi mobil matic jebol yang kedua adalah oli transmisi yang mulai keruh atau berubah warna. Saat baru pertama kali diisi, oli transmisi biasanya akan berwarna merah cerah. Namun apabila sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama tanpa diganti sama sekali, maka warna oli transmisi akan berubah menjadi coklat hingga kehitaman. Hal yang perlu diingat adalah Meskipun Anda tidak perlu mengganti oli transmisi sesering oli mesin Anda, itu tetap tidak bertahan selamanya. Lihatlah buku panduan kendaraan Anda untuk mengetahui seberapa sering Anda harus mengganti oli transmisi Anda.

Sensor Rusak

Tanda-tanda Anda harus memperbaiki transmisi mobil matic jebol yang ketiga adalah sensor yang rusak. Kendaraan matic modern memiliki sensor di mana-mana, dan itu termasuk transmisi. Masalah umum adalah seiring bertambahnya usia kendaraan, sensor tersebut mulai aus dan rusak. Oleh karena itu ketika ini terjadi, Anda harus menggantinya.

Roda Gigi Tergelincir

Tanda-tanda Anda harus memperbaiki transmisi mobil matic jebol yang keempat adalah roda gigi yang tergelincir. Baik Anda mengendarai transmisi otomatis atau manual, seiring bertambahnya usia, gigi mobil dapat mulai selip. Meskipun ini mungkin lebih terjadi pada mobil manual, masalah ini tetap dapat terjadi pada transmisi otomatis.

Konverter Torsi Aus

Tanda-tanda Anda harus memperbaiki transmisi mobil matic jebol selanjutnya adalah konverter torsi yang aus. Jika Anda memiliki mobil dengan transmisi otomatis, mobil Anda biasanya dilengkapi dengan konverter torsi. Meskipun konverter torsi memiliki masa pakai yang cukup baik, tidak jarang mereka akan mengalami aus. Jika ini terjadi, Anda akan mendengar suara gerinda saat transmisi Anda memindahkan persneling. Apabila hal ini terjadi. komponen transmisi Anda perlu diperbaiki sebelum masalahnya semakin serius.

Solenoid Pergeseran Rusak

Tanda-tanda Anda harus memperbaiki transmisi mobil matic jebol selanjutnya adalah selenoid pergeseran yang rusak. Solenoid biasanya bertahan lebih lama daripada sensor, tetapi jika transmisi Anda cukup tua atau jika sudah mulai bermasalah, Anda mungkin menemukan bahwa transmisi Anda memiliki solenoid yang rusak. Solenoid lebih mahal daripada sensor, jadi bersiaplah untuk menghabiskan sedikit lebih banyak untuk perbaikan.

Transmisi Terlalu Panas

Tanda-tanda Anda harus memperbaiki transmisi mobil matic yang jebol selanjutnya adalah transmisi ynang terlalupanas. Meskipun transmisi yang terlalu panas adalah tanda masalah yang lebih dalam, tanda yang satu ini dapat Anda perhatikan dengan mudah. Ada banyak alasan transmisi Anda mungkin terlalu panas. Dari gigi yang macet hingga oli transmisi lama, Anda harus memecahkan masalah transmisi secara menyeluruh untuk mengetahui apa yang terjadi.

Pita Transmisi Rusak

Tanda-tanda Anda harus memperbaiki transmisi mobil matic yang jebol selanjutnya adalah pita transmisi rusak. Pita transmisi menyatukan roda gigi yang berbeda untuk memberi Anda rasio output yang tepat. Tetapi ketika pita-pita ini mulai putus, Anda akan menemukan bahwa transmisi Anda tidak memiliki roda gigi yang seharusnya. Ini adalah masalah dengan transmisi otomatis, jadi yang akan Anda perhatikan adalah transmisi yang macet di RPM yang lebih tinggi atau lebih rendah dan tidak akan berakselerasi seperti yang seharusnya.

Pergeseran Kasar

Tanda-tanda Anda harus memperbaiki transmisi mobil matic yang jebol selanjutnya adalah pergeseran yang kasar. Pergeseran kasar adalah salah satu dari masalah yang dapat disebabkan oleh serangkaian masalah. Mungkin ada roda gigi yang macet, pita yang aus, atau sekitar selusin masalah lainnya. Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti adalah dengan membongkar transmisi Anda dan membangunnya kembali.

Pentingnya Memperbaiki Transmisi Mobil Matic Jebol

Secara umum, komponen transmisi sangatlah penting. Apabila transmisi mulai berkinerja buruk atau tidak berfungsi, maka kinerja kendaraan Anda terganggu dan bahkan bisa berbahaya. Anda perlu memastikan bahwa transmisi Anda berjalan dengan lancar dan benar. Dan cara terbaik untuk melakukannya adalah mempercayakan transmisi Anda kepada mereka yang paling mengetahui transmisi, yaitu bengkel transmisi terpercaya.

Tips Pemeliharaan Komponen Transmisi

Sebagai bagian dari layanan dan pemeliharaan transmisi, kini bengkel terpercaya banyak yang menawarkan berbagai prosedur dan penilaian. Biasanya, layanan ini akan meliputi beberapa hal mulai dari pemeriksaan level oli, uji jalan, pemeriksaan atau diagnostik lift, dan pemeriksaan pan. Tapi itu tidak semua terdiri dari layanan transmisi yang ditawarkan.

Tak jarang juga, bengkel akan menawarkan layanan inspeksi. Ini adalah saat transmisi menghadirkan masalah yang tampaknya tidak mudah diperbaiki. Sebagai bagian dari layanan inspeksi, bengkel mungkin harus melepas transmisi dari badan kendaraan untuk memeriksanya lebih dekat, melihat lebih baik bagaimana segala sesuatunya bekerja (atau tidak berfungsi) dan mengganti bagian apa pun yang mungkin memerlukannya. Banyak juga bengkel yang menawarkan layanan penggantian oli transmisi untuk membantu memastikan transmisi Anda terus beroperasi dalam kondisi terbaiknya untuk tahun-tahun mendatang.

Rekomendasi Pengecekan dan Servis Komponen Transmisi pada Mobil Matic

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa ada beberapa tanda awal yang perlu Anda perhatikan yang mengisyaratkan adanya kerusakan pada komponen transmisi mobil. Oleh karenanya, sangat penting untuk selalu memeriksa kondisi kendaraan agar kualitas komponen kendaraan dapat selalu terjaga. Dalam hal ini, sangat disarankan untuk melakukan pengecekan dan servis di bengkel terpercaya seperti DOMO TRANSMISI.

DOMO TRANSMISI adalah bengkel otomotif dengan kualitas profesional yang sudah tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Layanan pemeriksaan komponen dan servis di DOMO TRANSMISI semuanya akan dikerjakan oleh teknisi yang handal dan berpengalaman sehingga menjamin agar pengalaman berkendara Anda akan menjadi lebih aman dan nyaman.

Reservasi layanan DOMO TRANSMISI sekarang 0882-1244-0591 atau hubungi disini. Reservasi lebih mudah karena bisa dari rumah, Anda akan diarahkan langsung untuk mendatangi cabang Dokter Mobil terdekat untuk memperbaiki transmisi mobil matic Anda tanpa harus mengantre layaknya bengkel biasa.

Akhir Kata

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai tanda-tanda Anda harus memperbaiki transmisi mobil matic yang jebol. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sangat penting bagi Anda untuk melakukan upaya preventif seperti pengecekan dan servis berkala agar dapat menjamin kualitas komponen transmisi dalam jangka waktu yang lama. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk melakukan pengecekan dan servis mobil secara berkala di bengkel terpercaya seperti DOMO TRANSMISI agar masalah dan kerusakan pada mobil Anda dapat dihindari.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Scroll to Top