5 Penyebab Hentakan Transmisi Gigi Mobil, Sering Alami?

Hentakan Transmisi Gigi Mobil

Apakah kalian pernah mengalami Hentakan Transmisi Gigi Mobil? Jika pernah berikut penyebabnya.

Hentakan Gear Box tersebut terasa saat sedang memasukkan gigi, memindahkan gigi dan menambahkan gas.

Apabila hentakan tersebut sudah terasa kasar, sebaiknya jangan dipaksakan dan segera lakukan perbaikan agar kerusakan tidak merembet.

Kendaraan Anda merupakan sebuah investasi yang berharga, dan menjaga kenyamanan serta performa mobil Anda adalah hal yang penting. Salah satu masalah umum yang sering dihadapi oleh pengemudi adalah hentakan Transmisi pada anda.

Penyebab Hentakan Transmisi Gigi Mobil

 

Jika Mobil kalian pernah mengalami Hentakan Transmisi Gigi Mobil, Apa saja penyebab hentakan dari mobil matic?

Hal ini dapat mengganggu pengalaman berkendara dan bahkan menimbulkan ketidaknyamanan. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan enam penyebab umum hentakan pada mobil saat mengganti gigi, serta memberikan solusi yang dapat Anda terapkan.

Salah Menggunakan Gigi

Apabila anda melakukan perpindahan gigi atau salah menggunakan gigi pada mobil matic, hal ini dapat menyebabkan hentakan yang tidak diinginkan.

Pastikan untuk memilih gigi yang sesuai dengan kecepatan dan kebutuhan kondisi jalan agar perpindahan gigi menjadi halus.

Hentakan saat mengganti gigi juga dapat terjadi akibat ketidakcocokan gigi yang buruk antara kopling dan Gear Box. Ini mungkin disebabkan oleh masalah pada kopling, pelat kopling yang aus, atau pemilihan gigi yang salah.

Kopling yang Tidak Bekerja Optimal

Kopling merupakan komponen penting dalam sistem Gear Box. Jika kopling mulai aus atau tidak berfungsi dengan baik, Hentakan Transmisi Gigi Mobil bisa terjadi.

Kopling yang aus bisa mengakibatkan perpindahan gigi yang tidak mulus dan membuat mobil terasa melompat-lompat saat mengemudi.

Hentakan pada mobil saat mengganti gigi juga dapat disebabkan oleh masalah pada sistem Gear Box. Komponen seperti kopling yang aus atau cakram kopling yang terkikis dapat menghasilkan hentakan yang tidak diinginkan.

Baca juga: Patut Diperhatikan, Ini 10 Gejala Transmisi Mobil Mengalami Kerusakan

Masalah pada Sistem BahanBakar

Sistem bahan bakar yang tidak berfungsi dengan baik juga dapat menyebabkanHentakan Transmisi Gigi Mobil.

Salah satu penyebab umumnya adalah penyumbatan pada saluran bahan bakar atau injektor yang kotor. Ketika suplai bahan bakar terhenti atau tidak terdistribusi dengan baik, mesin mobil dapat merespons dengan hentakan yang tidak teratur.

Kondisi Roda yang perlu dicek

Penyebab pertama hentakan pada mobil saat melakukan transmisi adalah kondisi roda yang buruk. Roda yang tidak seimbang akan mengakibatkan getaran yang kuat saat mengganti gigi.

Selain itu, ban yang aus atau kendor juga dapat mempengaruhi keseimbangan kendaraan Anda. Untuk mengatasi masalah ini, periksa keseimbangan roda secara berkala dan pastikan ban dalam kondisi yang baik. Jika diperlukan, lakukan penggantian atau penyetelan pada ban yang aus atau kendor.

Oli yang perlu diganti

Oli Gear Box yang kurang atau tidak sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan juga dapat menjadi penyebab Hentakan Transmisi Gigi Mobil.

Oli yang kental atau terlalu encer dapat mempengaruhi kinerja transmisi dan mengakibatkan perpindahan gigi yang tidak halus.

Kurangnya oli pada  transmisi yang tepat juga dapat menjadi penyebab hentakan saat mengganti gigi. Minyak transmisi yang rendah akan membuat transmisi menjadi kasar dan tidak responsif.

Baca juga: 6 Jenis Oli Transmisi Matic yang Bagus Murah dan Berkualitas

Ketika menghadapi hentakan Gear Box Mobil Anda, tetaplah tenang dan periksalah penyebabnya dengan bijaksana.

Dalam beberapa kasus, mungkin diperlukan bantuan mekanik profesional untuk memperbaiki masalah yang lebih kompleks.

Perbaiki Masalah Mobil Kamu di Domo Transmisi Bengkel Transmisi ini telah memberikan pelayan yang terbaik disertai hasil yang memuaskan bagi para customernya!

Mekanik siap memperbaiki permasalahan yang terjadi pada mobil kalian, tidak usah ragu untuk datang ke Bengkel Domo Transmisi. Tunggu apalagi, segera bawa mobil kamu ke Domo Transmisi, Jika kalian tidak ingin menunggu lama kamu bisa mereservasi melalui WhatsApp di 0882_1244_0591 atau klik disini.

Penutup

Tidak semua hentakan pada mobil matic disebabkan oleh komponen penting mesin yang rusak, anda tidak perlu khawatir untuk mengeluarkan banyak uang untuk penggantian komponen yang rusak tersebut datanglah ke Domo Transmisi, karena semua pengerjaan bergaransi selama 6 Bulan atau per 20.000 km.

Umumnya hentakan pada transmisi akan sangat terasa bagi pengguna mobil matic. Sistem perpindahan gigi yang diatur secara otomatis oleh komputer akan sangat sensitif jika terdapat kerusakan atau hal yang salah pada transmisi mobil.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.